Tips dan Trik

Cara Update iOS Pada iPhone Untuk Semua Model Generasi

cara update ios

iPhone merupakan smartphone besutan Apple yang bisa dibilang memiliki performa bagus, meskipun spesifikasi hardware yagn dimilikinya lebih rendah dibandingkan oleh smartphone Android. Hal ini disebabkan oleh efisiensi sistem operasi dan aplikasi yang membuat iPhone dapat menjalan hardware dengan maksimal.

Sistem operasi yang hadir dalam iPhone sendiri bernama iOS yang sudah memiliki versi 10 ke atas. Semakin tinggi versinya maka iOS sendiri akan lebih aman, kaya fitur, dan memiliki perbaikan dibandingkan versi sebelumnya.

Nah, bagi Gadgeter yang ingin melakukan update iOS dengan baik dan benar maka dapat mengikuti 3 cara yang akan Saya sajikan sebagai berikut ini.

Cara Update iOS via OTA (Over-The-Air)

  • Pertama, Gadgeter masuk ke menu atau aplikasi Settings
  • Pada halaman menu Settings dapat langsung memilih menu General
  • Selanjutnya memilih menu Software Update di dalam halam menu menu General.
  • Terakhir langsung memilih Download dan Install dan iPhone akan memproses instalasi update iOS hingga selesai.

cara update ios via ota

Metode update OTA (Over-The-Air) merupakan yang paling termudah dibandingkan cara lainnya karena Gadgeter hanya cukup mengunduh file update langsung dari smartphone tanpa perlu ribet.

Sebagai tambahan, nantinya ukuran file update iOS akan menyesuai dengan jenis iPhone dan versi iOS yang telah dimiliki sebelumnya. Selain itu, pastikan jaringan internet atau WI-Fi yang digunakan stabil, penyimpanan internal dialokasikan untuk update, baterai di atas 50%, dan tentunya melakukan backup data agar lebih aman.

Cara Update iOS via iTunes

  • Setelah iTunes terinstal maka Gadgeter dapat menghubungkan iPhone dengan MacBook, Mac Pro, laptop, atau PC
  • Pastikan Gadgeter melakukan backup terlebih dahulu agar aman
  • Apabila iPhone telah terkoneksi dengan perangkat komputer maka selanjutnya dapat memilih ikon berlambang iPhone pada bagian kiri tengah iTunes.
  • Kemudian akan ditampilkan informasi mengenai versi, kapasitas, dan menu untuk update maupun restore pada iOS.
  • Selanjutnya, pilih tombol Update atau Check for Update dan apabila update telah tersedi maka Gadgeter akan langsung dihadapkan pada halam persetujuan.
  • Setelah setuju maka secara otomatis mengunduh firmware (IPSW) akan dilakukan oleh iTunes yang pasti ukuran file akan lebih besar dan selanjutnya iPhone akan melakukan update secara otomatis.

cara update ios via itunes

Selain dengan metode OTA, Gadgeter juga dapat melakukan update iOS iPhone melalui iTunes. Untuk itu, Gadgeter dapat menginstal terlebih dahulu software iTunes di MacBook, Mac Pro, laptop, maupun PC.

Cara Update iOS Menggunakan IPSW

  • Pertama, Gadgeter dapat mengunjungi situs ipsw.me dan mengunduh file IPSW (firmware) untuk iOS dengan versi terbaru dan sesuai dengan model perangkat yang digunakan. Hal yang perlu diperhatikan adalah IPSW ini tidak boleh untuk perangkat Apple yang berbeda karena akan berakibat fatal.
    cara update ios ipsw download
  • Terlebih dahulu matikan fitur Find My Phone di iPhone pada menu Settings > iCloud
  • Sambungkan iPhone dengan komputer
  • Buka software iTunes yang telah terinstal di komputer Windows atau Apple dan kunjungi menu Device > Summary
    cara update ios ipsw device
  • Kamu dapat langsung memilih tombol Update dibarengi dengan tekan tombol Shift (Windows) atau Option (Mac).cara update ios ipsw itunes
  • Selanjutnya, cari file IPSW yang telah diunduh dan lanjutkan prosesnya dengan mengikuti perintah yang tampil di layar dan nantinya iPhone akan memproses update versi hingga selesai.

Update yang satu ini akan menggunakan file firmware (IPSW) yang dapat diunduh secara sendiri sehingga Gadgeter bisa menentukan versi iOS akan dilakukan update. Tentunya Gadgeter harus melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan update.

Bagaimana menurut Gadgeter? Mudah kan untuk melakukan update versi iOS untuk iPhone. Nah bagi Gadgeter yang ingin memberikan pengalamannya mengenai langkah update ini maka dapat memberikan komentarnya pada kolom di bawah ini.

Leave a Comment