ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik Handphone

Cara Update iOS 17 Untuk iPhone yang Mendukung

Cara Update iOS 17 - Header

Gadgetren – Setelah menjalani uji pemakaian beta selama beberapa bulan, iOS 17 kini akhirnya tersedia secara resmi untuk lini perangkat iPhone terhitung mulai tanggal 18 September 2023 kemarin.

Sama seperti generasi-generasi yang meluncur sebelumnya, pembaruan sistem dari Apple tersebut mengusung berbagai macam peningkatan. Sebagian di antaranya hadir dalam fitur baru yang dapat meningkatkan pengalaman pemakaian perangkat iPhone.

Sistem tersebut misalnya mempunyai fitur bernama Contact Posters untuk mengelola tampilan menu panggilan, Live Voicemail untuk membuat transkripsi pesan suara, NameDrop untuk berbagi kontak lebih praktis, hingga Standby untuk menampilkan informasi secara lebih jelas.

Dengan berbagai macam fitur baru yang ditawarkan, pembaruan sistem operasi generasi ketujuh belas Apple tersebut tentu cukup menggoda. Bahkan ada sebagian di antara kita yang mungkin tidak sabar untuk segera menjajalnya.

Di sejumlah perangkat, pembaruan iOS 17 akan berjalan secara otomatis ketika ponsel diisi daya pada malam hari. Apabila iPhone milik kita belum melakukannya maka proses pemasangannya kemungkinan perlu dilakukan secara manual.

Cara Update iOS 17

  • Buat cadangan data jika diperlukan.
  • Pastikan ruang penyimpanan iPhone mencukupi.
  • Pastikan perangkat sudah terhubung dengan jaringan internet yang memadai.
  • Akses halaman Settings.
  • Masuk ke menu pengaturan General.
  • Buka bagian Software Update.
  • Ketuk menu Upgrade to iOS 17 di bagian bawah.
  • Ketuk Download and Install.
  • Masukkan passcode jika diminta.

Durasi waktu mengunduh dan memasang sistem operasi iOS 17 bisa berbeda-beda untuk setiap pengguna. Hal ini tergantung pada jumlah orang yang sedang melakukan update maupun koneksi internet yang tersambung dengan perangkat iPhone.

Selain itu, perangkat mungkin juga akan melakukan pemuatan ulang sistem beberapa kali selama melakukan pembaruan ke iOS 17. Pada tahap ini, iPhone pun biasanya memerlukan waktu bermenit-menit sampai menyala normal.

Update iOS 17 Otomatis

  • Buka halaman pengaturan Software Update seperti langkah-langkah sebelumnya.
  • Ketuk menu Automatic Updates di bagian atas.
  • Pastikan opsi Download iOS Updates dan Install iOS Updates menyala.

Apabila tidak mau menunggu proses update iOS 17 yang mana kadang-kadang bisa berlangsung lama, kita pun dapat mengaktifkan opsi pembaruan otomatis. Caranya kurang lebih sama seperti untuk versi sistem operasi generasi yang sebelum-sebelumnya.

Berbagai macam masalah mungkin bisa muncul saat kita melakukan update iOS 17 secara langsung di perangkat lewat OTA (Over the Air). Jika hal ini terjadi maka tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan pembaruan memakai bantuan komputer.

Perlu juga diingat bahwa pembaruan iOS 17 berlaku secara terbatas untuk generasi perangkat yang masih tergolong baru. Agar bisa melakukan update, kita setidaknya harus menggunakan model iPhone keluaran Tahun 2018 ke atas atau minimal iPhone XR dan iPhone XS.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar