Tips dan Trik

Tips: Cara Mengembalikan iOS 10.3 ke iOS 10.2.1 dengan Menggunakan iTunes

cara downgrade ios 10.3 ke ios 10.2.1 header

iOS 10 akhirnya resmi dirilis oleh Apple setelah diperkenalkan cukup lama ke publik. Untuk perangkat yang berhak mendapatkan iOS 10bisa langsung melakukan pembaruan sistem operasi anyar tersebut.

Namun, beberapa penggunanya yang kurang puas dengan iOS 10.3 dan ingin kembali menggunakan iOS 10.2.1 yang merupakan versi terakhir sebelumnya. Tidak sedikit memang yang ingin mengetahui cara mengembalikan iOS 10.3 ke 10.2.1 tanpa ada data hilang khususnya. Nah, Gadgetren kembali berbagi tips untuk iPhone yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Sebenarnya cara downgrade iOS 10.3 ke iOS 10.2.1 yang paling aman dan tanpa adanya kehilangan data bisa dilakukan jika kamu memiliki backup iOS 10.2.1 pribadi sebelum melakukan pembaruan. Namun, jika kamu tidak melakukannya tetap bisa untuk kembali hanya saja besar kemungkinan data akan hilang sebagaimana iPhone direset.

Cara downgrade iOS 10.3 ke iOS 10.2.1 ini memiliki dua pilihan, yakni dengan Check for Update atau Restore iPhone. Pilihan yang paling benar dan sangat direkomendasikan dilakukan itu dengan memilih tombol Restore iPhone, sedangkan Check for Update juga bisa saja dan ada kemungkinan data kamu tidak terhapus hanya saja beberapa pengguna melaporkan kalau iPhone mereka menjadi buggy atau ada masalah.

Oleh karena itu, setiap sebelum melalukan cara downgrade iOS 10.3 ke iOS 10.2.1 dalam bentuk apapun ini sebaiknya kamu lakukan backup iPhone terlebih dahulu agar lebih aman sehingga jika terjadi sesuatu data masih dapat selamat. Jika kamu sudah yakin ingin untuk menggunakan sistem operasi versi terdahulu, berikut cara downgrade iOS 10.3 ke iOS 10.2.1 yang mudah dilakukan.

Cara Mengembalikan iOS 10.3 ke iOS 10.2.1 dengan iTunes

  • Backup data iPhone terlebih dahulu jika mau
  • Kunjungi situs ipsw.me dan download file ipsw untuk iOS 10.2.1 sesuai dengan model perangkat yang kamu gunakan. Jangan sampai tertukar, karena jika salah dapat berakibat cukup fatal.
cara downgrade ios 10.3 ke ios 10.2.1 IPSW Download
  • Sebaiknya matikan fitur Find My Phone di Settings > iCloud.
  • Buka iTunes pada komputer Mac atau Windows lalu kunjungi Device > Summary.
cara downgrade ios 10.3 ke ios 10.2.1 Device
  • Pada bagian Check for Update atau Restore iPhone (Rekomendasi) kamu tinggal tekan Shift / Option dan klik tombol dan cari file .ipsw yang telah kamu download.cara downgrade ios 10.3 ke ios 10.2.1 Restore
  • Ikuti perintah dan tunggu proses downgrade hingga selesai.

Mudah bukan cara mengembalikan iOS 10 ke iOS 9 tersebut? Namun, perlu diketahui metode ini hanya berlaku tanpa masalah selama iOS 9.3.5 masih dalam status signed oleh Apple. Jika sudah tidak signed maka kamu terjebak menggunakan iOS 10 atau versi terbaru dari perangkatnya.

Tentu saja jika sukses kembali menggunakan iOS 9 kamu tetap bisa melakukan pembaruan menjadi versi iOS terbaru karena memang sebaiknya selalu mengikuti sistem operasi terbaru.

About the author

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren

Leave a Comment

10 Comments