Bengkel Featured

Mengapa iPhone Saya Stuck di Verifying Update iOS terbaru? Ini Solusinya

iPhone 8 Header

Seperti biasanya setiap hari Rabu, tim Gadgeter akan mengulas artikel pada kategori Bengkel yang memberikan informasi mengenai tips, trik, maupun solusi yang dapat dilakukan apabila gadget yang dimiliki oleh Gadgeter bermasalah.

Kali ini redaksi Gadgeter mendapatkan pertanyaan mengenai permasalahan update sistem operasi iOS yang selalu stuck atau berhenti di tulisan dan loading verifying update secara terus menerus. Untuk itu, tim Gadgeter akan menjelaskan penyebab masalah ini terjadi dan solusinya.

Pertanyaan

Mengapa iPhone saya stuck atau berhenti di tulisan verifying update ketika melakukan update iOS terbaru?

Jawaban :

iOS merupakan salah satu sistem operasi mobile paling efisien dan tercepat di dunia. Hal ini terlihat dengan kemampuannya yang mampu memaksimalkan kinerja dari perangkat mobile buatan Apple, seperti iPhone, iPad, maupun iPod Touch.

Menariknya, update atau pembaruan dari iOS sendiri selalu dilakukan secara berkala lebih cepat dibandingkan dengan sistem operasi Android. Bahkan setiap muncul pembaruan iOS maka akan serentak dilakukan di seluruh negara.

Kini iOS sendiri telah memasuki versi 11 dan menawarkan beberapa fitur menarik. Sayangnya hanya beberapa perangkat mobile Apple yang akan mendapatkan pembaruan iOS 11 ini, seperti iPhone 5s, SE, 6 Plus, 6, 6s, 6s Plus, 7, 7 Plus, iPod Touch generasi ke-6, iPad Pro 12,9 inci generasi kedua, iPad Pro 12,9 inci generasi pertama, iPad Pro 10,5 inci, iPad Pro 9,7 inci, iPad Air 2, iPad Air, iPad generasi ke-5, iPad mini 4, iPad mini 3, dan iPad mini 2.

Namun ternyata sebagian pengguna iPhone masih banyak yang mengalami kendala ketika melakukan update iOS dengan pop-up tulisan verifying update yang berjalan terus menerus selama beberapa menit bahkan jam.

Biasanya masalah tersebut disebabkan oleh koneksi internet yang lambat atau tidak stabil, kapasitas penyimpanan internal dari iPhone yang menipis serta tidak cukup, atau terjadi masalah sistem operasi iOS yang sedang digunakan.

Periksa koneksi internet dan storage internal

Salah satu penyebab utama verifying update sering stuck atau berhenti disebabkan oleh internet yang tidak stabil atau lambat. Untuk itu, Gadgeter dapat mencari tempat dengan koneksi internet cepat dan stabil agar proses update sukses.

Selain itu, pastikan juga kapasitas storage internal yang dimiliki oleh iPhone Gadgeter cukup untuk mengunduh dan menginstal sistem operasi iOS dengan lancar.

Reboot dan Coba Lagi

  • Apabila kamu melihat proses update iOS hanya stuck atau berhenti di verifying update maka adapat langsung menekan tombol home (Touch ID) dan power secara bersamaan dalam beberapa detik.
  • Nantinya akan muncul logo Apple dan iPhone akan melakukan reboot secara otomatis
  • Selanjutnya, Gadgeter dapat langsung ke menu Settings > General > About dan melihat versi iOS yang telah hadir. Nah, apabila iOS belum update ke versi baru maka dapat mengunjungi menu Settings > General > Software Update dan memilih tombol Install.

Restore Device

  • Apabila cara-cara di atas tidak berhasil juga maka Gadgeter dapat melakukan langkah terakhir dengan melakukan restore sistem operasi iOS pada iPhone yang dimilikinya
  • Pertama, Gadgeter harus melakukan backup data ke PC atau Mac agar data-data yang dimiliki di iPhone dapat diselamatkan karena restore device akan membuat iPhone ke pengaturan awal tanpa memiliki data
  • Selanjutnya, Gadgeter dapat membuka iTunes pada PC atau Mac dan menyambungkan iPhone dengan kabel data atau charger yang dimiliki
  • Kemudian, Gadgeter dapat memilih ikon iPhone
  • Selanjutnya, Gadgeter dapat memilih menu restore di sebelah tulisan update
  • Terakhir, tunggu proses dan sistem operasi iOS akan kembali normal seperti semula maka akan membuat proses verifying update berjalan dengan lancar
* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke [email protected] Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Leave a Comment