ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Aplikasi

Perangkat Tidak Kompatibel di Play Store! Ini Penyebab dan Solusinya!

Perangkat Tidak Kompatibel Play Store - Header

Gadgetren – Menggunakan layanan Google Play Store termasuk salah satu pilihan yang sangat bijak saat kita perlu memasang aplikasi ke dalam perangkat berbasis sistem operasi Android.

Selain mudah dilakukan dan koleksinya sudah cukup lengkap, memasang aplikasi dari Play Store merupakan langkah yang aman karena sudah dipindai oleh pihak Google. Kita bisa menghindari kode berbahaya yang dapat ikut terpasang ketika kita mengunduhnya dari pihak ketiga.

Meskipun begitu, memasang aplikasi dari Play Store kadang-kadang bisa mengalami sejumlah kendala yang menyebalkan. Masalah perangkat yang sudah tidak kompatibel dengan layanan termasuk salah satunya yang mana membuat aplikasi jadi tidak bisa diunduh.

1. Penumpukan Cache dan Data Google Play Store

Masalah perangkat yang sudah tidak kompatibel dengan aplikasi bisa terjadi karena berbagai macam hal. Salah satunya dapat disebabkan oleh penumpukan cache dan data dari layanan Play Store.

Cache dan data aplikasi memang dapat membantu kita dalam menggunakan layanan. Hanya saja, penumpukan kedua berkas ini justru sering kali menjadi penyebab sejumlah masalah yang tak terduga di dalam perangkat bersistem Android.

Membersihkan cache dan data Play Store makanya bisa menjadi salah satu langkah yang dicoba saat kita menemukan masalah tersebut. Meskipun setiap perangkat mempunyai langkah-langkah yang mungkin berbeda, kita secara umum dapat melakukannya melalui halaman pengelolaan aplikasi di halaman Settings.

Selain layanan Play Store, kita kadang-kadang juga perlu menghapus cache dan data dari Google Play Services yang beroperasi secara berkaitan. Kita dalam hal ini dapat melakukannya dengan cara yang kurang lebih serupa.

2. Bug Google Play Store

  • Buka halaman Settings.
  • Akses bagian Apps.
    Perangkat Tidak Kompatibel Play Store 1
  • Masuk ke menu pengelolaan aplikasi.
    Perangkat Tidak Kompatibel Play Store 2
  • Cari lalu ketuk aplikasi Play Store.
    Perangkat Tidak Kompatibel Play Store 3
  • Pilih opsi Uninstall updates.
    Perangkat Tidak Kompatibel Play Store 4
  • Konfirmasi dengan mengetuk tombol yang sesuai.
    Perangkat Tidak Kompatibel Play Store 5

Seperti unduhan Play Store yang tertunda, penyebab masalah perangkat tidak kompatibel dengan aplikasi juga dapat disebabkan oleh adanya bug dalam pengembangan. Layanan milik Google tersebut juga bukan produk yang sempurna sehingga bisa muncul masalah sewaktu-waktu.

Pembaruan layanan Play Store umumnya memang membawa sejumlah peningkatan mulai dari fitur hingga proteksi terhadap serangan malware. Hanya saja kadang-kadang, masih terdapat sejumlah bug yang menyertai pendistribusiannya.

Menghapus pembaruan Play Store dapat menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan apabila hal tersebut terjadi. Dengan begitu, bug yang dibawa oleh pembaruan layanan dapat ikut menghilang.

3. Data Instalasi Google Play Store Bermasalah

  • Hapus pembaruan Play Store seperti langkah sebelumnya.
  • Tutup halaman Settings lalu buka aplikasi Play Store.
  • Ketuk foto profil di pojok kanan atas.
    Perangkat Tidak Kompatibel Play Store 6
  • Pilih menu Settings.
    Perangkat Tidak Kompatibel Play Store 7
  • Pilih bagian About.
    Perangkat Tidak Kompatibel Play Store 8
  • Ketuk tombol Update Play Store.
    Perangkat Tidak Kompatibel Play Store 9
  • Ketuk opsi Got it.
    Perangkat Tidak Kompatibel Play Store 10

Sebagai langkah tambahan, kita pun dapat mencoba untuk memasang ulang pembaruan Play Store. Masalah perangkat yang tidak kompatibel soalnya juga dapat disebabkan oleh data-data instalasi yang bermasalah.

4. Sistem Operasi Sudah Usang

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke halaman Software Update.
  • Ketuk Check for updates jika diperlukan.
    Perangkat Tidak Kompatibel Play Store 11
  • Pasang pembaruan yang tersedia.

Berbagai macam masalah yang terjadi di sebuah ponsel juga dapat diakibatkan oleh bug atau sistem operasi yang sudah usang. Jika demikian, kita pun perlu melakukan pembaruan sesuai perangkat yang digunakan jika memang tersedia untuk perangkat yang kamu gunakan.

Setiap tahunnya, Google dan berbagai macam manufaktur yang memakai sistem operasi buatannya melakukan pembaruan. Sejumlah pengembang aplikasi umumnya akan ikut menyesuaikan hal tersebut dengan meningkatkan batas minimal persyaratan pemasangannya.

5. Spesifikasi Perangkat Sudah Tidak Sesuai

Ada kemungkinan masalah juga terjadi karena spesifikasi ponsel memang sudah benar-benar tidak kompatibel dengan kebutuhan minimal aplikasi. Pengembang makanya mulai meninggalkan pengembangan aplikasi untuk perangkat tersebut untuk menjaganya tetap optimal.

Jika demikian, memasang aplikasi dari luar Play Store bisa menjadi solusi alternatif yang bisa dicoba seperti dari situs APKPure yang kerap jadi pilihan. Kita kemungkinan juga perlu mempertimbangkan untuk menggunakan versi lawas apabila yang baru tidak bisa.

Apabila benar-benar sudah tidak bisa menggunakan aplikasi terkait, kita perlu mempertimbangkan untuk menjajal aplikasi lain yang menawarkan fungsi serupa. Sejumlah layanan umumnya mempunyai alternatif yang bisa digunakan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar