ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Buat Link Kontak WhatsApp Langsung, Bisa Tambah Teks!

Buat Link Kontak WhatsApp Heder

Gadgetren – Penggunaan link WhatsApp kini sangat penting untuk beberapa tujuan khususnya mempermudah komunikasi untuk bisnis, promosi, pemasaran, layanan 24 jam, hingga personalisasi pesan.

Misalnya saja disematkan pada beberapa media sosial baik itu Instagram atau Facebook agar pengikut dapat menghubungi dengan cepat.

Dengan begitu kamu bisa tinggal mencantumkan tombol “Hubungi Kami” yang berisikan link WhatsApp tersebut sesuai dengan kebutuhan dan orang lain pun tidak perlu menyimpan nomor terlebih dahulu.

Cara Buat Link WhatsApp

  • Buka aplikasi Notes atau sejenisnya untuk menulis teks.
  • Ketik https://wa.me/<nomor_telepon>.
  • Isi <nomor_telepon> yang diinginkan.
  • Pastikan nomor telepon dalam format internasional tanpa tanda plus (+).
  • Misalnya saja seperti https://wa.me/6281234567890.
  • Tempelkan alamat tersebut pada link yang kamu inginkan.

Dengan membuat alamat link tersebut nantinya orang lain akan langsung diarahkan ke kontak WhatsApp yang tercantum. Kamu bisa memasangnya di web, email, profil media sosial, atau membagikannya dalam bentuk QR Code pada poster hingga banner.

Selain itu, kamu juga bisa menggabungkannya ke layanan URL seperti bitly.com atau linktree agar didaftarkan dengan link lainnya yang kamu miliki.

Sementara itu kamu yang menggunakan WhatsApp Business juga dapat menyetel pesan otomatis tanpa harus melalui kode https://wa.me/<nomor_telepon> agar bisa mengirim pesan otomatis yang sudah diatur.

Cara Tambah Teks di Link WhatsApp

  • Sama seperti metode di atas, buat https://wa.me/<nomor_telepon>.
  • Tambahkan parameter ?text= di bagian akhir.
  • Tambahkan teks yang kamu inginkan setelah tanda =.
  • Contohnya seperti ini https://wa.me/6281234567890?text=Halo saya tertarik dengan produknya, apa masih ada?.
  • Tempelkan alamat tersebut pada link yang kamu inginkan.

Nantinya jangan heran jika ada tambahan perubahan jadi seperti tambahan %20 atau tanda + di antara teks sebagai pengganti spasi yang mana disebabkan oleh encoding karena link tidak bisa adanya karakter kosong.

Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapat, tidak heran jika link WhatsApp menjadi alat yang populer dan efektif untuk komunikasi pribadi maupun bisnis.

Dengan membuat link WhatsApp, orang lain dapat menghubungi kamu dengan satu klik saja tanpa perlu menyimpan nomor telepon terlebih dahulu.

Tambahan teks membuat kamu pun dapat berinteraksi dengan orang lain secara lebih mudah sehingga  kamu dapat meningkatkan pelayanan dan terlihat lebih profesional.

Promosi dan pemasaran dengan link WhatsApp pun terbilang ampuh karena sudah banyak yang menggunakan metode ini dalam memberikan informasi produk atau layanan.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar