ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

8 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 40, Terlihat Menarik!

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 40 Header

Gadgetren – Bersaing di segmen kelas menengah, Infinix Note 40 sudah dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio G99 Ultimate yang bertenaga.

Dengan harga Rp2.799.000, ponsel ini sudah dilengkapi dengan sensor NFC (Near Field Communication) yang memudahkan untuk pengecekan atau pengisian saldo kartu e-money secara instan.

Bahkan daya baterai Infinix Note 40 dapat diisi secara nirkabel berkat hadirnya fitur 20W Wireless MagCharger. Sementara untuk pengisian daya baterai dengan kabel, ponsel ini sudah memiliki fitur 45W Fast Charging.

Kelebihan Infinix Note 40

1. Kinerja Bertenaga

Infinix Note 40 mampu menjalakan game dengan lancar berkat penggunaan chipset MediaTek Helio G99 Ultimate (6nm) Octa-Core 2,2 GHz. Apalagi terdapat fitur MediaTek HyperEngine untuk meningkatkan performa ketika game berjalan.

RAM berkapasitas 8 GB dipercaya untuk menjalankan aplikasi secara multitasking dengan lancar. Bahkan ponsel ini sudah dilengkapi dengan fitur Extended RAM hingga 8 GB agar kinerja multitasking semakin lancar.

Berdasarkan pengujian internal Infinix dengan AnTuTu v10, perangkat ini mendapatkan skor 390.000 poin. Penyimpanan internal 256 GB memungkinkan beragam aplikasi, foto, video, file, dan dokumen dapat disimpan sekaligus di ponsel.

Hadirnya XBOOST Frame Rate Control mampu menyediakan frame rate pada game yang lebih stabil. Apalagi terdapat fitur AI Evolution yang dapat mengendalikan suhu, performa game, dan fungsi sistem agar game dapat berjalan dengan lancar.

2. Layar yang Nyaman di Mata

Berbeda dengan seri Pro yang melengkung, Infinix Note 40 hadir dengan layar AMOLED datar yang mempunyai lebar 6,78 inci dan resolusi Full HD+ yang mampu menampilkan konten dengan terang serta tajam. Untuk mengurangi terjadinya goresan, kaca anti gores Corning Gorilla Glass pun sudah disematkan.

Tingkat kecerahan hingga 1.300 nits membuat kamu akan masih dapat melihat konten pada layar dengan jelas walaupun berada di bawah terik matahari sekalipun. Terdapat refresh rate hingga 120Hz yang mampu menampilkan gerakan transisi dan animasi game dengan halus.

3. Desainnya Cantik

Untuk ponsel dengan harga Rp2 jutaan, Infinix Note 40 ini mempunyai desain yang cantik dengan balutan warna Obsidian Black dan Titan Gold untuk dipilih saat membelinya.

Obsidian Black menghadirkan warna hitam gradasi layaknya di malam hari sementara Titan Gold memperlihat bagian belakang dengan warna emas yang mampu menghadirkan spektrum gradasi dari banyak warna ketika terkena pantulan cahaya.

Masih di bagian belakangnya, terdapat empat lingkaran yang disusun secara matriks 2×2 di dalam kotak. Tiga lingkaran berisikan tiga kamera belakang dan ditambah lampu LED untuk Active Halio yang dapat digunakan untuk menerangi foto, notifikasi panggilan, hingga indikator pengisian daya.

Bingkai pinggir dari ponsel ini pun menggunakan desain datar yang terlihat kekinian. Perangkat ini juga hadir dengan dua speaker yang didukung JBL sehingga mampu menghadirkan suara stereo yang lantang.

Sudah memiliki sertifikasi IP54 membuktikan bahwa Infinix Note 40 dapat bertahan dari debu dan cipratan air. Sensor fingerprint di bawah layar pada perangkat ini mampu mendeteksi sidik jari dengan responsif.

4. Kamera Utama 108 MP

Infinix Note 40 hadir dengan kamera utama 108 MP yang mampu menghasilkan foto dengan detail yang tinggi sehingga fotonya masih terlihat jelas walaupun dicetak pada media berukuran besar.

Dua kamera tambahan berfungsi untuk memudahkan kamera utamanya menghasilkan foto bokeh secara instan. Infinix mengklaim bahwa ponsel ini dapat melakukan 3x Lossless Zoom sehingga dapat membidik objek dari jarak jauh dengan jelas.

Terdapat fitur Super Night yang memungkinkan foto malam hari dapat diambil dengan lebih terang dan fitur Dual Video untuk perekaman dengan kamera depan dan belakang sekaligus. Sementara kamera depan 32 MP dapat dimanfaatkan untuk mengambil foto selfie dan lainnya.

5. Dukungan Pengisian Lengkap

Dengan memiliki baterai 5.000mAh, ponsel ini diklaim mampu bertahan lama dalam pemakaian normal. Sementara jika mengisi daya selama 5 menit, maka Infinix Note 40 dapat digunakan untuk 1,8 jam navigasi peta, 1,6 jam memainkan game, 3,8 jam memutar video, atau 6,5 jam telepon.

Terdapat dukungan Super Power Saving yang memungkinkan Infinix Note 40 dapat bertahan lama ketika titik kritis 5% hingga 15%. Degan fitur 45W Fast Charging, pengisian daya dapat berjalan dari 1% ke 50% hanya 26 menit saja.

Salah satu fitur unggulannya terdapat pada 20W Wireless MagCharge yang dapat menjadi solusi pengisian daya secara nirkabel yang disebut dengan teknologi All-Round FastCharge 2.0.

Fitur tersebut diketahui mirip seperti MagSafe pada iPhone generasi terbaru dimana metode pengisian baterainya menggunakan magnet yang berada di bagian belakang ponsel. Bahkan Infinix Note 40 dapat digunakan untuk menjadi powerbank wireless bagi ponsel atau perangkat lain.

Kekurangan Infinix Note 40

1, Absennya Kamera Ultrawide

Sayang sekali Infinix Note 40 tidak dilengkapi dengan kamera ultrawide. Padahal ponsel di kisaran Rp2 jutaan, rata-rata kompetitor lainnya sudah menggunakan kamera jenis ini.

Kamera ultrawide sendiri akan berguna ketika ingin mengambil foto dengan area yang luas sehingga tidak perlu lagi menggunakan mode Panorama yang merepotkan.

2. Tidak Ada Port Jack Audio

Untuk membuat ponsel ini ramping, Infinix tidak menyematkan port jack audio 3,5mm. Dengan begitu, earphone atau headphone yang masih menggunakan kabel dengan 3,5mm jack tidak bisa dapat secara langsung terhubung ke Infinix Note 40.

Kamu harus menggunakan adapter 3,5mm jack ke USB Type-C  atau alternatifnya dapat menggunakan perangkat audio yang mendukung dengan koneksi Bluetooth maupun USB Type-C.

3. Tidak Ada Slot microSD

SIM Tray yang ada di Infinix Note 40 hanya menyediakan dua slot kartu SIM tanpa adanya slot microSD. Jadi kamu perlu lebih berhati-hati dalam menyimpan data agar kapasitas tidak cepat penuh.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar