ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

8 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 40 Pro, Kelas Menengah yang Menarik

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 40 Pro Header

Gadgetren – Infinix Note 40 Pro merupakan ponsel kelas menengah bertenaga Infinix yang telah hadir di Indonesia dengan spesifikasi dan fitur menarik.

Dibanderol dengan harga Rp3.499.000, Infinix Note 40 Pro sudah dilengkapi dengan layar dan bodi melengkung sehingga membuatnya tampak premium ketika dilihat secara kasat mata.

Perangkat yang satu ini juga sudah mendapatkan sertifikasi IP54 yang membuktikannya telah tahan terhadap debu dan cipratan air. Selain memiliki baterai besar, perangkat ini juga dilengkapi dengan fitur Fast Charging dan Wireless MagCharge.

Kelebihan Infinix Note 40 Pro

1. Layar AMOLED 120Hz yang Memanjakan Mata

Secara kasat mata, Infinix Note 40 Pro menggunakan layar lengkung 3D 6,78 inci dengan resolusi Full HD+, teknologi AMOLED, tingkat kecerahan hingga 1.300 nits, dan dilindungi Corning Gorilla Glass yang mampu menampilkan konten dengan jernih.

Adapun refresh rate 120Hz membuat layarnya dapat menampilkan gerakan transisi dan animasi game dengan halus sehingga memanjakan mata. Terdapat juga touch sampling rate 360Hz yang mampu membuat sentuhan jari terhadap layar terasa sangat responsif.

2. Desain Menawan

Meskipun dibanderol dengan harga Rp3 jutaan, namun desain Infinix Note 40 Pro terasa menawan karena terinspirasi Urban Panoramic Viewports di bagian belakangnya dan Skyscrapper Mettaline Finish pada bagian kameranya.

Apalagi pada terdapat lengkungan pada kedua sisi bagian belakangnya sehingga membuat ponsel ini terasa premium. Kotak lengkung pada bagian belakangnya berisikan empat lingkaran besar yang disusun secara matriks 2×2.

Tiga lingkaran besar diisi oleh tiga kamera belakang dari Infinix Note 40 Pro. Sementara satu lingkaran lagi tersedia untuk Active Halo yang dapat membantu penerangan saat menangkap foto di dalam kondisi cahaya minim, notifikasi pesan, indikator pengisian daya, panggilan masuk, dan lainnya.

Ponsel ini hadir dengan dua varian warna yang menawan, yakni Titan Gold dan Vintage Green. Titan Gold mampu menghadirkan warna gradasi ketika terkena pantulan cahaya yang terinspirasi dari cahaya matahari yang memantul di kaca gedung pencakar langit sedangkan Vintage Green terinspirasi dari pesona warna hijau dengan leather effect.

3. Main Game Lancar

Sebagai ponsel masa kini, Infinix Note 40 Pro sudah dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio G99 Ultimate (6nm) Octa-Core 2,2 GHz yang memiliki performa bertenaga untuk menjalankan aplikasi maupun game.

RAM berkapasitas 8 GB dan ekspansi RAM hingga 8 GB membuat kinerja multitasking banyak aplikasi dapat dijalankan dengan lancar pada Infinix Note 40 Pro. Sementara penyimpanan internal 256 GB dapat digunakan untuk menyimpan banyak file, aplikasi, dan game sekaligus.

Bahkan terdapat juga fitur AI Evolution pada chipset besutan MediaTek tersebut yang mampu mengendalikan suhu ponsel dengan baik, meningkatkan performa ketika game berjalan, dan memaksimalkan fungsi sistem.

4. Baterai 5.000mAh, Fast Charging, dan Wireless MagCharge

Dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, perangkat ini diklaim mampu bertahan lama dalam pemakaian normal. Apalagi terdapat fitur Power Saving yang mampu membuat perangkat masih bertahan lama walaupun baterai sedang dalam kondisi kritis 5% hingga 15%.

Dengan fitur 70W Multi-Speed FastCharge, pengisian daya baterai pada ponsel ini diklaim mampu berjalan sangat cepat dari kondisi 1% ke 50% hanya 20 menit saja. Sementara jika ponsel diisi hanya 5 menit dapat digunakan 2 jam untuk game, 2,3 jam untuk navigasi peta, 5,1 jam untuk memutar video, atau 9,3 jam untuk telepon.

Menariknya lagi, terdapat fitur 20W Wireless MagCharge yang memungkinkan ponsel ini dapat diisi dayanya secara nirkabel. Bahkan adaptor 20W Wireless MagCharge sudah disediakan dalam paket penjualannya.

Selain itu, Infinix Note 40 Pro juga dapat digunakan untuk menjadi powerbank bagi ponsel atau perangkat lain, baik menggunakan kabel dengan fitur OTG maupun secara nirkabel menggunakan Wireless Reverse Charge.

5. Kamera Beresolusi Besar 108 MP

Infinix Note 40 Pro hadir dengan dukungan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 108 MP, kamera depth 2 MP, dan AI lens. Dengan resolusi sebesar itu, kamera utamanya mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus dan masih jelas ketika dicetak pada media berukuran besar.

Selain itu, pihak Infinix juga mengklaim bahwa kamera perangkat ini mampu melakukan 3x Zoom yang tetap jelas sehingga mengizinkan kamu membidik subjek maupun objek dari jarak yang jauh.

Terdapat juga OIS (Optical Image Stabilization) yang dapat membuat kamera utamanya mampu merekam video dengan stabil walaupun kamu sedang berjalan, berlari, maupun berkendara.

Perangkat ini juga memiliki kamera depan dengan resolusi 32 MP yang dapat mengambil foto selfie atau wefie berkualitas baik. Apalagi terdapat fitur yang memungkinkan perekaman video dengan kamera belakang dan depan secara bersamaan.

6. Fitur yang Lengkap

Infinix Note 40 Pro sudah didukung dua speaker dengan dukungan JBL sehingga pengguna dapat menikmati hiburan dengan suara stereo yang berkualitas dan jernih.

Perangkat ini menggunakan sensor fingerprint di bawah layar yang dapat merespon sidik jari dengan baik. Terdapat juga sensor Infra merah yang memungkinkan Infinix Note 40 Pro dapat menjadi remote control bagi perangkat elektronik lainnya.

Fitur NFC (Near Field Communication) dapat digunakan mengecek atau mengisi saldo e-money dengan mudah di Infinix Note 40 Pro. Selain sudah menggunakan XOS 14 berbasiskan Android 14, pihak Infinix menjanjikan ponsel ini mendapatkan 2 tahun update sistem operasi Android dan 3 tahun update keamanan.

Kekurangan Infinix Note 40 Pro

1. Tidak Ada Kamera Ultrawide

Dengan harga Rp3 jutaan, Infinix Note 40 Pro tidak dilengkapi dengan kamera ultrawide. Padahal ponsel kompetitor di kisaran harga yang sama sudah banyak menggunakan kamera ultrawide.

Kamera ultrawide memungkinkan kamu dapat mengambil foto dengan area yang luas secara instan tanpa perlu repot menggunakan mode Panorama.

2. Belum Mendukung Jaringan 5G

Meskipun sudah memiliki chipset yang bertenaga, namun kenyataannya Infinix Note 40 Pro belum mendukung jaringan 5G di Indonesia. Sementara perangkat lainnya di kelas yang sama sudah banyak yang mendukung jaringan ini.

Jadi Infinix Note 40 Pro maksimal hanya bisa terhubung pada jaringan 4G-LTE saja. Namun di Indonesia sendiri memang jaringan 5G belum menyebar secara merata sehingga masih banyak orang yang menggunakan perangkat 4G-LTE, terutama faktor harga yang murah.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar