ASUS TUF Gaming FX507
Review Review Handphone

Review Lenovo VIBE K5 Plus – Smartphone VR Ready Dan RAM 3GB Dengan Harga Terjangkau

Lenovo merupakan salah satu vendor besar asal Tiongkok yang mengembangkan perangkat komputer, laptop, dan smartphone. Dalam bidang smartphone, Lenovo mampu menghadirkan smartphone berspesifikasi hardware bagus dengan harga terjangkau.

Lenovo Vibe K5 Plus
  • Layar - 8/10
    8/10
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Kamera - 7/10
    7/10
  • Baterai - 7/10
    7/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 8/10
    8/10
7.7/10

Kesimpulan

Lenovo Vibe K5 Plus memberikan gebrakan dengan menawarkan rasio performa dengan harga yang sangat baik dan ditambah dengan penuh fitur canggih

Yang Disukai

  • Performa mumpuni untuk keseharian
  • Mendukung teknologi VR
  • Fitur lengkap untuk kebutuhan modern
  • Mendukung layanan VoLTE
  • Audio menakjubkan dengan Dolby Atmos

Yang Tidak Disukai

  • Daya tahan baterai yang biasa saja
  • Kualitas gambar dari kamera masih bisa lebih baik

Salah satu smartphone Lenovo yang memiliki spesifikasi hardware bagus dengan harga yang terjangkau yang hadir di Indonesia adalah VIBE K5 Plus. Smartphone yang satu ini merupakan penerus Leovo VIBE K4 Note dan saudara dari Lenovo VIBE K5.

Lenovo VIBE K5 Plus ini memiliki fitur TheaterMax dan dukungan perangkat ANT VR yang bisa memberikan pengalaman menarik pada penggunanya. Untuk mengetahui secara lengkap mengenai Lenovo VIBE K5 Plus ini, Gadgeter bisa melihat review yang saya sajikan sebagai berikut ini.

Gadgeter juga dapat melihat video review Lenovo VIBE K5 Plus pada awal artikel sebagai pembuka yang dijelaskan secara garis besar.

Desain

Lenovo VIBE K5 Plus Desain

Desain Lenovo VIBE K5 Plus

Lenovo VIBE K5 Plus memiliki ukuran dimensi 142 x 71 x 8 mm dan bobot sebesar 142 gram. Selain itu, smartphone ini memiliki bodi yang dibalut logam dan layar berukuran 5.0 inci sehingga membuatnya nyaman dan pas ketika digenggam.

Selanjutnya, tombol power dan volume terdapat pada bagian sisi kanan yang dapat memudahkan penggunanya ketika melakukan kombinasi screenshot gambar pada smartphone hanya dengan menggunakan satu tangan.

Sementara untuk tombol port jack audio 3,5 mm dan port microUSB terdapat pada bagian atas smartphone. Untuk tombol navigasinya, Lenovo VIBE K5 Plus ini memiliki tombol “recent”, “home”, dan “back”.

Namun untuk melihat aplikasi pada menu recent, penggunanya harus menahan tombol “recent” agak lama karena jika penggunanya menekan tombol recent sekali maka hanya akan muncul menu untuk memilih widget, wallpaper, preference, dan settings.
Selain itu, tombol navigasi yang dimiliki oleh VIBE K5 Plus ini tidak memiliki backlight sehingga akan sedikit menyulitkan jika penggunanya berada di tempat yang minim cahaya atau gelap.

Baterai

Lenovo VIBE K5 Plus memiliki baterai yang berkapasitas 2750 mAh. Berdasarkan hasil review saya terhadap kapasitas baterai dengan penggunaan sehari – hari, ternyata kemampuan daya baterai smartphone ini bisa dibilang standar.

Dalam pengujian sehari-hari, mulai dari SMS, telepon, browsing, chatting menjalankan aplikasi media sosial, dan, office, saya berhasil mendapatkan daya tahan baterainya mencapai rata-rata 5 jam 25 menit saja dari keadaan 100 % hingga 15 %.

Sementara itu, saya juga menguji daya tahan baterai menggunakan aplikasi Geekbench 3 dan berhasil mendapatkan daya tahan baterai 5 jam 58 menit mulai dari 100 % hingga 0 %.

Benchmark Daya Tahan Baterai VIBE K5 Plus

Performa

Game Lenovo VIBE K5 Plus

Performa Lenovo VIBE K5 Plus

Smartphone besutan Lenovo ini memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 616 Octa-core dan prosesor grafis Adreno 405. Tak hanya itu, VIBE K5 Plus juga dilengkapi RAM 3 GB untuk menunjang kemampuan dari prosesornya.

Bisa dibilang kombinasi prosesor dan RAM ini dapat membuat kinerja VIBE K5 Plus menjadi bertenaga. Sementara itu, penyimpanan internal yang disematkan dalam smartphone ini berkapasita 16 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 32 GB.

Pada pengujian awal, saya menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark versi 6.2.0 dan Geekbench 3. Smartphone ini mampu menghasilkan skor 31081 di AnTuTu Benchmark dan skor skor 530 (Single-Core) serta 2229 (Multi-core) di Geekbench 3.

Hasil Benchmark Performa VIBE K5 Plus

Tak ketinggalan, saya mencoba menjalankan beberapa aplikasi secara multitasking dengan berpindah-pindah aplikasi menggunakan menu “recent”. Hasilnya bisa dibilang baik dan mampu berpindah aplikasi dengan mulus.

Terakhir, saya bermain game Pokemon GO dan Need for Speed No Limits untuk mencoba ketangguhan performa dari smartphone ini. Hasilnya, smartphone ini mampu menjalankan kedua game tersebut dengan lancar dan halus. Selain itu, prosesor Snapdragon mampu memberikan akurasi GPS yang baik sehingga bermain Pokemon GO bisa tepat sasaran.

Kamera

Lenovo telah membekali VIBE K5 Plus dengan kamera belakang beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.2 ditambah LED Flash dan teknologi autofocus. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang memiliki aperture f/2.8.

Sementara fitur-fitur yang dimiliki aplikasi kamera bawaan dari VIBE K5 Plus hanya terdiri dari effect, panorama, dan HDR untuk kamera belakang. Sedangkan kamera depan hanya memiliki fitur beautification.

Nah, jika pembaca penasaran dengan kemampuan yang mampu dihasilkan dari kamera belakang dan depan dari VIBE K5 Plus maka dapat langsung melihat hasil foto di bawah ini.

Hasil Kamera Belakang Outdoor

Hasil Foto Kamera Belakang

Hasil Foto Makro

Hasil Foto Makro

Hasil Kamera Depan Selfie

Hasil Kamera Depan Selfie

TheaterMax dan VR

Theater Max dan VR

Theater Max dan VR

TheaterMax merupakan salah satu fitur yang diunggulkan pada Lenovo VIBE K5 Plus ini, karena memungkinkan penggunanya bisa menikmati pengalaman sinematik dengan merubah konten video atau Youtube menjadi konten virtual reality (VR).

Untuk menunjang kemampuan TheaterMax ini, pihak Lenovo membekali VIBE K5 Plus dengan perangkat ANT VR sehingga penggunanya bisa menonton video sinematik dengan sudut pandang hingga 100 derajat.

Supaya fitur TheaterMax aktif maka penggunanya dapat menekan tombol power agak lama hinga muncul menu dan bisa langsung mengaktifkan VR split screen mode. Setelah VR split screen mode aktif maka layar secara otomatis akan terbagi menjadi dua bagian.

Namun jika menu VR Mode ini belum ada ketika penggunanya menekan tombol power maka harus diaktifkan terlebih dahulu dengan mengunjungi menu Settings > Display > aktifkan fitur VR split screen mode swith. Apabila fitur ini telah diaktifkan maka secara otomatis menu VR split screen mode akan muncul ketika tombol power ditekan agak lama.

Selain menonton video, saya juga bermain game VR yang menggunakan stick Bluetooth. Hasilnya game yang dijalankan cukup nyaman dan tanpa kendala. Sayangnya jika game VR yang dimainkan tombol pada perangkat VR maka ketika permainan hanya bergerak tanpa adanya interaksi.

Dolby ATMOS

Lenovo menyematkan 2 speaker berteknologi Dolby ATMOS pada bagian bawah Lenovo VIBE K5 Plus. Dengan adanya teknologi Dolby ATMOS ini, memungkinkan penggunanya dapat mendengarkan suara musik, video, game, dan berbagai suara pada smartphone dengan jernih, bertenaga, dan keras.

Dolby ATMOS juga digunakan untuk melengkapi kemampuan dari fitur TheaterMax yang dapat merubah layarnya menjadi dua bagian untuk membantu dalam menikmati konten video secara sinematik. Dengan kata lain, penggunanya akan merasakan suara yang jernih, bertenaga, dan keras ketika menikmati video sinematik.

Selain itu, pengguna Lenovo VIBE K5 Plus ini bisa juga mengatur level dari suara Dolby ATMOS sesuai keinginannya, baik untuk konten video, musik, game, dan masih banyak lagi.

VoLTE

Selain mendukung jaringan 4G-LTE untuk operator raksasa di Indonesia, Lenovo VIBE K5 Plus juga mampu mendukung jaringan 4G-LTE dari operator Smartfren. Hal ini membuat VIBE K5 Plus mampu melakukan VoLTE.

VoLTE (Voice over LTE) merupakan teknologi memungkinkan penggunanya bisa melakukan panggilan telepon dengan cepat, video call, dan suara berkualitas HD dengan jaringan 4G LTE dari Smartfren. Untuk saat ini, hanya Smartfren yang baru mendukung layanan VoLTE di Indonesia..

Kesimpulan

Lenovo mampu menghadirkan VIBE K5 Plus dengan fitur, dukungan 4G-LTE, spesifikasi hardware, dan kemampuan yang menarik pada harga Rp 2.499.000. Terutama dengan nilai tambah kemampuan Dolby ATMOS, TheaterMax, RAM 3 GB, dan prosesor Qualcomm Snapdragon 616 Octa-core di kisaran harga 2 sampai 2,5 juta rupiah.

Tak hanya itu, smartphone yang satu ini telah mendukung juga teknologi VoLTE yang memungkinkan penggunanya dapat melakukan panggilan maupun video call pada jaringan 4G. Selain mendukung teknologi ini, VIBE K5 Plus juga mendukungan jaringan 4G-LTE Smartfren yang merupakan satu-satunya provider yang baru mendukung teknologi VoLTE di Indonesia.

Kelemahannya terdapat pada tombol navigasi yang tidak memiliki backlight sehingga membuat penggunanya agak kesulitan ketika mengoperasikannya pada kondisi minim cahaya atau gelap. Selain itu, smartphone ini memiliki casing yang dibalut logam sehingga akan terasa panas jika memainkan game terlalu lama.

Baterainya juga bisa dibilang standar hanya mampu digunakan rata-rata 5 jam 25 menit untuk penggunaan aktivitas sehari – hari. Namun juga Gadgeter memilki dana pada kisaran di bawah 2,6 juta rupiah maka VIBE K5 Plus merupakan salah satu smartphone bertenaga dan bisa menjadi pilihannya. Smartphone ini juga tersedia resmi di toko online Lazada Indonesia.

Harga Lenovo VIBE K5 Plus + & Spesifikasi

WarnaHitam dan Emas
Layar5″ IPS 1920 x 1080 (Full HD)
Pelindung
ProsesorQualcomm Snapdragon 616 Octa-core
GPUAdreno 405
RAM3 GB LPDDR3
Penyimpanan Internal16 GB
microSDhingga 32 GB
Baterai2750 mAh
Kamera Utama13 MP + f/2.2 + autofocus + LED Flash
Kamera Depan5 MP + f/2.8
Sistem OperasiAndroid 5.1.1 Lollipop
SensorAccelerator, Compass, Proximity, Ambient Light, Gyroscope
Kartu SIMDual SIM
Jaringan3G, 4G, WiFi, Bluetooth v4.0, microUSB
HargaRp 2.499.000

 

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar