ASUS TUF Gaming FX507
Review Smart Home

Review TP-Link Deco X10 WiFi 6 AX1500, Jangkauan Luas Bikin Sinyal Kuat Terus

Review TP-Link Deco X10 Header

Review TP-Link Deco X10
  • Rating
4.5

Kesimpulan

TP-Link Deco X10 membawa desain modern yang mampu memberikan WiFi cepat dengan jangkauan luas. Sangat mudah dan praktis digunakan.

Yang Disukai

  • Desain modern
  • Harga kompetitif
  • Jangkauan area luas dan cepat
  • Pemasangan sangat mudah
  • Ada Parental Controls

Yang Tidak Disukai

  • Opsi pengaturan relatif terbatas
  • Band 2.4GHz dan 5GHz tidak bisa dipisah

Gadgetren – Kebutuhan internet yang lebih cepat untuk melakukan streaming dengan kualitas tinggi semakin dibutuhkan pada era digital masa kini.

TP-Link melalui produk Deco X10 AX1500 yang dihargai sekitar Rp695.000 per unit (di TP-Link Official Tokopedia) berupaya untuk memberikan jaringan WiFi rumah berkecepatan tinggi secara menyeluruh.

Menggunakan sistem mesh, Deco X10 pun tersedia dalam paket penjualan 2-pack dan 3-pack yang dapat digabungkan untuk memberikan jangkauan WiFi lebih luas.

Tampil Modern dan Minimalis

Deco X10 membawa desain yang sangat modern dengan balutan warna putih mengelilingi seluruh bodinya. Desainnya tidak mencolok sama sekali dibandingkan kebanyakan router sehingga dapat dengan mudah membaur dengan furnitur rumah lainnya.

Bodinya yang berbentuk tabung pun memiliki dimensi hanya 110 × 110 × 114 mm sehingga tidak akan banyak memakan tempat. Tanpa adanya antena yang menjulang keluar sama sekali, Deco X10 pun terlihat minimalis.

TP-Link Deco X10 (1)

Pada bagian depannya hanya terdapat tulisan Deco dengan lampu indikator underglow di bawah yang semakin membuatnya terlihat estetik. Sementara pada bagian belakang terdapat dua port Gigabit serta AC-in untuk daya.

Hadirnya dua port Gigabit tentunya membuat skenario penggunaan dari Deco X10 jadi lebih fleksibel. Unit yang tim Gadgetren review sendiri merupakan varian 2-pack sehingga di dalam paket penjualannya tersedia dua unit Deco X10, satu kabel RJ45, dan dua power adapter.

TP-Link Deco X10 (3)

Pemasangan Sangat Praktis

Salah satu keunggulan utama dari Deco X10 terletak pada betapa mudahnya proses pengaturan awal hingga siap digunakan. Setelah mengunduh aplikasi Deco di ponsel, kamu tinggal memilih seri Deco X10 dari daftar yang ada dan memindai label produk untuk proses otomatis atau bisa juga memilih opsi manual.

Lampu indikator Deco X10 akan berkedip berwarna biru saat sudah terhubung ke sumber daya dan modem dari operator ISP yang mana menandakan siap untuk proses pengaturan. Selanjutnya aplikasi akan memindai Deco X10 di sekitar untuk kemudian dihubungkan ke internet.

TP-Link Deco X10 Pengaturan Awal

Deco X10 pun langsung siap digunakan tanpa perlu ribet melakukan pengaturan jaringan, di samping membuat nama SSID dan password tentunya. Sementara untuk menambahkan unit Deco X10 pun lebih mudah lagi karena tinggal memilih menu Add a Deco Unit dan aplikasi akan mendeteksinya secara langsung ketika sudah terhubung ke sumber daya.

Proses pengaturan awal yang sangat sederhana ini membuat Deco X10 dapat digunakan dengan mudah oleh siapa saja, termasuk dalam hal menambah unit untuk masuk ke dalam sistem mesh Deco X10 yang sudah ada.

Hadirnya sistem mesh pada Deco X10 tentunya memberikan kemudahan di kemudian hari karena seluruh perangkat bisa terhubung ke satu SSID saja ketika berpindah dari satu ruang ke ruang lainnya.

WiFi Kencang, Jangkauan Luas

Deco X10 sudah mendukung dual band WiFi 6 AX1600 yang mana mampu memberikan kecepatan jaringan nirkabel yang cukup tinggi di band 2.4GHz dan 5GHz. Secara teori, Deco X10 mampu melakukan transmisi data hingga 1.201 Mbps pada 5GHz dan 300 Mbps pada 2.4Ghz.

Untuk bisa memberikan kualitas jaringan yang baik dan jangkauan luas, Deco X10 mengandalkan TP-Link Mesh Technology dengan dua antena internal. Selain itu juga ada teknologi Beamforming untuk memberikan sinyal yang lebih kuat pada perangkat terhubung.

TP-Link Deco X10 (5)

Tak ketinggalan Deco X10 juga didukung 2×2 MU-MIMO dan OFDMA untuk membuat lalu lintas data nirkabel lebih optimal ke seluruh perangkat secara bersamaan. Bahkan Deco X10 memungkinkan hingga 120 perangkat terhubung dengan cakupan area sekitar 120 m² untuk setiap unit Deco X10.

Dengan mengandalkan sistem mesh, Deco X10 mampu memberikan jaringan dengan kekuatan sinyal yang baik di berbagai area yang terjangkau tanpa harus mengganti SSID. Jadi aktivitas internet tidak terganggu sama sekali saat berpindah tempat.

TP-Link Deco X10 Perangkat

Selama masa pengujian, Deco X10 terpasang di ruang tamu (area Deco utama) dan kamar. Ponsel yang saya gunakan selalu mendapatkan sinyal penuh di mana pun saya berada sehingga bisa memanfaatkan kecepatan 50 Mbps dari ISP secara maksimal.

Bahkan berkat band 5GHz yang diberikan, saya bisa melakukan streaming game menggunakan Steam dari PC desktop ke tablet dengan cukup lancar. Latensi pun terasa rendah yang mana membuat input tidak memiliki jeda lama yang mengganggu permainan.

Bisa Monitor Aktivitas WiFi

Untuk pengaturan lanjut dari Deco X10 dapat dilakukan melalui aplikasi Deco yang dapat diunduh di ponsel Android maupun iOS. Pengaturan yang disediakan memang bisa dikatakan lebih terbatas ketimbang seperti router TP-Link AX10 yang saya gunakan di rumah.

Namun rasanya opsi pengaturan yang ada bakal sudah cukup untuk sebagian besar orang. Pada aplikasi tentunya tersedia pengaturan penting pada umumnya seperti mengubah SSID dan password, jenis band yang digunakan, memblokir perangkat, update firmware, hingga membuat Guest Network.

Menariknya, pada aplikasi Deco juga bisa mengatur bagaimana sistem QoS bekerja dengan memasukkan perangkat tertentu ke daftar agar mendapatkan prioritas jaringan. Selain itu juga bisa melihat konsumsi data dari perangkat yang terhubung dan mendapatkan laporan penggunaan setiap bulannya.

TP-Link Deco X10 Fitur

Tak ketinggalan juga ada Parental Controls yang bisa dimanfaatkan para orang tua untuk membatasi dan memantau aktivitas internet anak. Konten yang ada di internet pun akan lebih tersaring agar anak mendapatkan akses yang aman dari situs-situs yang tidak diinginkan.

Kamu dapat membuat profil untuk masing-masing anggota sehingga dapat lebih mudah memberikan batasan maupun pengaturan yang berbeda sesuai kebutuhan. Termasuk dalam hal ini memberikan batas waktu kapan bisa mendapatkan akses internet.

TP-Link Deco X10 (6)

Secara keseluruhan Deco X10 merupakan solusi WiFi rumah buat kamu yang tidak ingin repot sama sekali sambil tetap mendapatkan cakupan jaringan luas dengan sinyal yang tetap kuat di mana pun kamu berada.

Harganya pun terbilang sangat kompetitif yang membuat Deco ini semakin menarik mengingat sistem mesh memungkinkan beberapa unit untuk terhubung. Ditambah lagi desain Deco X10 modern bakal cocok di segala tema ruangan.

Dengan harga Rp695.000 per unit atau Rp1.329.000 untuk varian 2-pack, TP-Link Deco X10 WiFi 6 AX1500 merupakan poduk yang sangat memikan buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas WiFi rumah, terutama bagi yang masih menggunakan router bawaan dari ISP.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar