ASUS Zenbook DUO UX8406
Berita Laptop / PC

ASUS Zenbook 14 OLED dengan Intel Core Ultra Segera Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasinya

ASUS Zenbook 14 OLED dengan Intel Core Ultra Segera Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Gadgetren – ASUS Indonesia dikabarkan akan segera memboyong laptop Zenbook 14 OLED (UX3405) dengan prosesor Intel Core Ultra 9 yang didukung teknologi Artificial Intelligence.

Laptop segmen premium ini akan mengusung bodi ringan dan ringkas dengan bobot 1,2kg dan ketebalan 14,9mm yang diklaim 10% lebih ringkas dibandingkan generasi sebelumnya sehingga memudahkannya untuk dibawa bepergian.

Mengenai ketersediaannya kabarnya akan dapat dibeli pada kuartal pertama tahun 2024 ini namun sayangnya terkait harga belum diungkap. Ada dua pilihan warna yang nantinya bisa dipilih pengguna yakni Foggy Silver dan Ponder Blue.

Zenbook 14 OLED juga telah tersertifikasi Intel Evo Edition sehingga menjadikannya sebagai laptop yang menawarkan fungsionalitas, performa mumpuni, hingga durabilitas.

Prosesor yang diusung oleh laptop ini akan dipadukan dengan prosesor grafis Intel Arc dan didukung Intel AI Boost sebagai Neural Processing Unit (NPU) yang berfungsi untuk memproses aplikasi berbasis AI agar dapat dijalankan secara lebih baik tanpa menguras daya secara berlebihan.

Selain itu laptop ini juga akan mengusung RAM hingga 32GB dan penyimpanan SSD hingga 1 TB. Baterainya akan menawarkan kapasitas 75Whr yang dilengkapi pengisian daya cepat melalui USB Type C dengan siklus pengisian daya yang diklaim hingga 20% lebih tinggi sehingga masa pakai laptop menjadi lebih panjang.

Selain akan bisa diisi dayanya menggunakan adaptor USB-C, laptop Zenbook 14 OLED menariknya dapat diisi dayanya menggunakan power bank sehingga pengguna tak perlu repot mencari sumber listrik. Laptop ini juga akan memiliki durabilitas tinggi berkat sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810H).

Material Zenbook 14 OLED disebut akan menggunakan bahan daur ulang yang ramah lingkungan dengan jejak karbon hingga 50% lebih rendah dibandingkan laptop sekelasnya. Kemasan laptop ini juga akan turut menggunakan bahan daur ulang.

ASUS-Zenbook-14-OLED-UX3405

Layar Zenbook 14 OLED akan tebar pesona dengan ukuran 14 inci berpanel ASUS Lumina OLED yang memiliki resolusi 3K (2880 x 1800 piksel) serta mendukung refresh rate 120Hz dengan Adaptive Sync untuk menyesuaikan konten di layar yang ditampilkan, tingkat kecerahan hingga 600 nits, dan berbezel tipis.

Di atas layarnya akan tersedia kamera webcam Full HD dengan IR camera yang mendukung sistem face recognition login melalui Windows Hello untuk masuk dengan cepat ke dalam sistem antarmuka Windows 11.

IR camera ini juga akan didukung  mikrofon dengan AI noise-cancellation sehingga dapat memaksimalkan pengalaman panggilan video untuk meredam suara bising di sekitar.

Untuk mendukung hiburan konten di layarnya, laptop ini akan didukung sistem audio Dolby Atmos  yang menyediakan fitur seperti Smart Amplifier serta ASUS Audio Booster. Sistem audio laptop Zenbook 14 OLED akan dibekali dengan super-linear speaker yang tersertifikasi oleh Harman Kardon.

Pada bagian keyboard, laptop ini akan menggunakan ASUS ErgoSense Keyboard yang memungkinkan pengguna mendapatkan pengalaman mengetik lebih senyap.

Zenbook 14 OLED juga akan menyediakan berbagai port seperti dua Thunderbolt 4, USB 3.2 Gen 1 Type-A, HDMI 2.1 (TMDS), hingga jack audio 3.5 mm serta akan mendukung koneksi WiFi 6E (802.11ax) dan Bluetooth 5.3.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar