ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED dan Zenbook Pro 14 OLED Resmi Dirilis, Ini Harga dan Keunggulannya

ASUS Zenbook UX8402

Gadgetren – Menyasar segmen pasar pembuat konten profesional, ASUS secara resmi telah merilis dua laptop Zenbook Pro ukuran 14 inci terbaru yang ditenagai prosesor Intel Generasi ke-13. Keluarga baru Zenbook Pro OLED ini terdiri dari Zenbook Pro 14 OLED (UX6404) dan Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402).

Kedua laptop kelas premium ini sudah tersedia di Indonesia dan dapat dibeli melalui situs belanja ASUS Online Store maupun e-commerce yang menjadi partner resmi ASUS. Setiap pembelian kedua laptop ini akan diberikan dua tahun garansi global, satu tahun ASUS VIP Perfect Warranty, serta Windows 11 Home.

Adapun untuk masing-masing harga dari laptop premium terbaru dari seri Zenbook Pro 14 OLED adalah sebagai berikut:

  • Zenbook Pro 14 OLED : Rp35.999.000
  • Zenbook Pro 14 Duo OLED :Rp38.999.000.

Untuk setiap pembelian Zenbook Pro 14 Duo OLED menariknya pengguna akan mendapatkan aksesoris stylus secara gratis. Secara ringkas, keduanya membawa fitur-fitur yang secara umum mirip seperti tersedia satu warna hitam, dukungan varian prosesor, tampilan layar, dan baterai.

Selebihnya keduanya memiliki perbedaan pada kapasitas RAM, dukungan kartu grafis, bobot dan ketebalannya. Meskipun lebih murah, Zenbook Pro 14 OLED menariknya didukung GPU yang lebih kencang yakni NVIDIA GeForce 4070. Sedangkan untuk Zenbook Pro 14 Duo OLED menggunakan GPU NVIDIA GeForce 4050.

Selain itu keduanya juga sama-sama mendukung GPU bawaan Intel Iris Xe. Soal performa pacu keduanya sama-sama menggunakan varian prosesor Intel Core i9-13900H yang memiliki kecepatan operasi 5.4GHz.

ASUS Zenbook UX8402

Namun begitu untuk kapasitas memori, Zenbook Pro 14 Duo OLED dengan dua layar menawarkan kapasitas memori LPDDR5 32GB dan penyimpanan SSD PCle NVMe 4.0 M.2 1TB. Sedangkan untuk model yang hanya satu layar memiliki kapasitas memori 16GB dan penyimpanan SSD 1TB yang sama.

Tentunya Zenbook Pro 14 Duo OLED memiliki bobot lebih berat yakni 1,75 kg sedangkan Zenbook Pro 14 OLED bobotnya sekitar 1,6 kg. Beralih ke bagian layar, khusus Zenbook Pro 14 Duo OLED menyediakan ScreenPad Plus atau layar kedua di antara layar utama dan keyboard.

ScreenPad Plus pada laptop Zenbook Pro 14 Duo OLED mengusung ukuran 12,7 inci  berpanel IPS yang memiliki resolusi 2880 x 864 piksel dan 100% sRGB serta mendukung pengoperasian menggunakan Stylus di layarnya untuk berbagai aktivitas seperti navigasi menu, gambar, mencatat, dan masih banyak lagi.

Kedua laptop ini sama-sama berukuran 14,5 inci yang memiliki resolusi berpanel ASUS Lumina OLED yang memiliki resolusi 2,8K serta mendukung resolusi 120Hz, waktu respon 0,2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated, tingkat kecerahan 550 nit, dan VESA Certified HDR True Black 500.

ASUS Zenbook UX6404

Layarnya juga telah tersertifikasi Low Blue Light untuk melindungi paparan sinar biru yang dapat mengakibatkan kerusakan mata dalam jangka panjang. Kemudian tersedia dukungan Anti-Flicker pada layarnya sehingga pengguna dapat melihat konten di layar meskipun di bawah terik matahari.

Di atas layar seri Zenbook Pro 14 OLED ini terdapat kamera webcam yang mampu menghadirkan kualitas video beresolusi Full HD. Kamera webcam kedua laptop ini juga didukung IR function yang menyediakan fitur keamanan Windows Hello untuk membuka kunci layar.

Terkait audio, keduanya menggunakan speaker dan mikrofon bawaan yang memiliki fitur Smart Amp serta tersertifikasi Harman Kardon untuk memastikan suara yang keluar hidup dan lebih terasa di telinga. Baterai kedua laptop ini sama-sama menggunakan kapasitas 75Whr.

ASUS Zenbook UX8402

Terdapat konektivitas WiFi 6E Dual Band dan Bluetooth 5. Sementara untuk koneksi antar perangkat, keduanya memiliki port yang lengkap sama-sama tersedia USB 3.2 Gen 2 Type A, Thunderbolt 4 yang mendukung layar dan power delivery, 1x HDMI 2.1 FRL, dan 3,5mm Combo Audio Jack, dan card reader.

Untuk Zenbook Pro 14 Duo OLED memiliki port Thunderbolt 4 sebanyak dua kali yang  mana saudaranya hanya satu dan tersedia port DC in. Tak lupa terdapat card reader MicroSD Express 7.1 yang lebih canggih dan cepat untuk membaca penyimpanan.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar