ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP vivo dengan Fitur App Hiding

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP vivo Header

Gadgetren – Untuk menghadirkan lebih banyak fitur di ponsel buatannya, vivo pun turut memodifikasi sistem operasi Android menjadi Funtouch OS.

Bahkan kamu juga tidak perlu menggunakan aplikasi dari pihak ketiga apabila ingin menyembunyikan aplikasi di ponsel vivo karena fiturnya sendiri sudah disematkan secara bawaan pada Funtouch OS.

Fitur untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel ini dinamakan App hiding. Kamu sendiri dapat mencari dan mengaktifkan fitur ini melalui aplikasi Settings bawaan yang terdapat di perangkat vivo.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP vivo

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih menu Privacy.
  3. Scroll dan pilih menu App hiding.
  4. Pada halaman Set privacy password, buat password, PIN, atau Pattern untuk menjadi kode keamanan.
  5. Masukkan lagi password, PIN, atau Pattern yang dibuat tadi.
  6. Pada halaman Set security Questions, buat jawaban pertanyaan ketika lupa dengan kode keamanan.
  7. Pada halaman App hiding, tekan tombol toggle pada aplikasi-aplikasi yang ingin disembunyikan ke posisi aktif.
  8. Setiap aplikasi yang dipilih akan menampilkan menu pop-up konfirmasi penyembunyian aplikasi.
  9. Tekan tombol Confirm.

Setelah fitur App Hiding aktif, maka semua aplikasi yang telah dipilih tadi akan secara otomatis disembunyikan dan hilang dari halaman Home Screen maupun App Drawer sehingga tidak bisa diakses secara langsung.

Agar aplikasi dapat ditampilkan kembali di halaman Home Screen atau App Drawer, maka kamu harus mengikuti langkah yang sama dan mengubah tombol toggle pada aplikasi yang disembunyikan ke posisi mati.

Selain itu, kamu juga sebenarnya dapat mengaktifkan fitur View hidden apps di halaman App hiding sehingga kamu dapat melihat aplikasi yang disembunyikannya dengan menyapu dari bagian bawah ke atas dengan gesture dua jari.

Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan keamanan yang telah dibuat. Apabila berhasil, maka aplikasi yang telah disembunyikan yang mana hanya bisa dilihat dan diakses oleh kamu. Semua aplikasi yang terpasang di ponsel vivo sudah pasti dapat disembunyikan dengan fitur App hiding.

Sementara jika kamu telah mengaktifkan sensor fingerprint, maka dapat digunakan juga sebagai bentuk keamanan. Sebenarnya tidak hanya ponsel vivo saja yang memiliki fitur untuk menyembunyikan aplikasi, beberapa merek ponsel lainnya pun sudah menyematkan fitur ini secara bawaan dengan metode yang kurang lebih serupa.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar