ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Kunci Aplikasi di HP vivo Tanpa Pasang Aplikasi Lain

Cara Kunci Aplikasi di HP vivo Header

Gadgetren – Pada ponsel vivo terbaru sudah dihadirkan fitur bawaan yang memungkinkan kamu dapat mengunci aplikasi lewat fitur bernama App encryption.

Dengan hadirnya fitur App encryption, tentunya kamu dapat dengan mudah mengunci berbagai aplikasi penting agar tidak dengan mudah diakses oleh sembarang orang yang tidak memiliki izin.

Berkat fitur ini juga kamu bisa bebas khawatir saat meminjamkan ponsel ke orang lain karena harus meminta izin akses apabila ingin membuka aplikasi yang sudah dikunci.

Cara Mengunci Aplikasi di HP vivo

  1. Dari halaman Home Screen, buka aplikasi Settings.
  2. Pilih opsi Privacy.
    vivo - Kunci Aplikasi - 1
  3. Gulir ke bawah dan pilih opsi App encryption.
    vivo - Kunci Aplikasi - 2
  4. Masukkan kode keamanan berupa PIN, Password, atau Pattern pada halaman Set privacy password
  5. Masukkan jawaban yang diinginkan pada halaman Set security questions sebagai jaga-jaga jika lupa.
  6. Tekan tombol Done.
  7. Selanjutnya, tekan tombol di samping aplikasi yang diinginkan ke posisi aktif untuk dikunci.
    vivo - Kunci Aplikasi - 3
  8. Kembali ke Home Screen dan coba buka aplikasi yang telah dikunci.
  9. Aplikasi akan meminta kamu memasukkan kode keamanan.

Perlu dicatat bahwa terdapat opsi pilihan App lock time pada halaman App encryption untuk memastikan kapan aplikasi akan dikunci secara otomatis. Opsi After then screen is locked akan mengunci setelah ponsel masuk ke halaman Lock Screen.

Sementara When the screen is locked or app is closed akan mengaktifkan penguncian langsung ketika masuk ke Lock Screen atau keluar dari aplikasi dan 1 minute after the screen is locked or app is closed akan mengunci aplikasi setelah 1 menit setelah memasuki Lock Screen atau keluar dari aplikasi.

vivo - Kunci Aplikasi - 4

Setelah fitur App Encryption aktif, maka secara otomatis akan diminta kode keamanan pada saat aplikasi terkunci tersebut diakses. Dengan begitu  kamu harus selalu mengingat kode keamanan yang telah dibuat.

Tak hanya sampai di situ saja, vivo juga turut menghadirkan fitur untuk menjaga privasi bernama App Hiding yang mampu menyembunyikan aplikasi sehingga tidak dapat terlihat oleh sembarang orang sama sekali.

Sementara jika kamu ingin menjalankan lebih dari satu akun media sosial di ponsel vivo, maka dapat memanfaatkan fitur App Clone yang memungkinkan penggandaan aplikasi yang sudah terpasang di ponsel. Namun perlu dicatat bahwa hanya beberapa aplikasi saja yang dapat menggunakan fitur ini.

Kunci Aplikasi di HP vivo Funtouch OS 9 ke Bawah

  1. Akses aplikasi Settings.
  2. Buka bagian Fingerprint, face and password.
  3. Ketuk menu Privacy and app encryption.
  4. Buat kode keamanan (Password, PIN, atau Pattern) untuk mengunci aplikasi.
  5. Aktifkan opsi App Encryption untuk semua aplikasi yang ingin dikunci.
  6. Setelah selesai, tutup halaman Settings.

Perlu dicatat bahwa langkah untuk mengaktifkan fitur App Encryption juga cukup berbeda pada ponsel vivo yang masih menggunakan versi Funtouch OS 9 maupun sebelumnya sehingga kamu perlu memastikan mana yang sesuai.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar