ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Fitur Unggulan Samsung Galaxy A05, Bisa Jadi Opsi Baru di Kelas Entri

Sorotan Fitur Samsung Galaxy A05 - Header

Gadgetren – Samsung Galaxy A05 akhirnya resmi memperkenalkan diri di sejumlah wilayah yang mana termasuk Malaysia setelah menjadi bahan rumor sejak awal Bulan September 2023 kemarin.

Sayangnya, informasi mengenai harga dan kedatangannya ke Indonesia belum terungkap sampai pada saat artikel diterbitkan. Jika mengacu dengan spesifikasi maupun generasi sebelum-sebelumnya, Galaxy A05 tampaknya akan menyasar kelas entri dengan kisaran harga Rp1 jutaan.

Jika sesuai dengan dugaan itu, Galaxy A05 tentunya bisa menjadi opsi menarik jika kita sedang mencari perangkat dengan harga terjangkau. Ponsel entri tersebut apalagi memang mempunyai sejumlah fitur yang bisa membuatnya semakin layak dipertimbangkan.

Fitur Unggulan Samsung Galaxy A05

Untuk sebuah perangkat yang meluncur di kelas entri, konfigurasi memori yang lumayan besar menjadi salah satu keunggulan Galaxy A05. Perangkat tersebut secara khusus sudah dilengkapi dengan RAM 6GB dan media penyimpanan internal 128GB.

Dengan RAM berkapasitas 6GB, perangkat tersebut tentu dapat menjalankan berbagai macam aplikasi maupun mengerjakan beberapa tugas bersamaan dengan lancar. Galaxy A05 apalagi memang sudah membawa dapur pengolahan data berbasis MediaTek Helio G85 (12nm) berkecepatan hingga 2,0GHz.

Media penyimpanan internal sebesar 128GB yang dibawa oleh Galaxy A05 juga memungkinkan kita mengelola data dengan nyaman. Apabila dirasa masih belum cukup pun, perangkat tersebut masih dilengkapi dengan slot kartu memori eksternal yang bisa dipakai untuk memperluasnya.

Selain mempunyai kelebihan di sektor memori, Galaxy A05 juga hadir dengan kapasitas baterai 5.000mAh di mana menjanjikan durasi pemakaian harian yang lebih panjang. Kita tidak perlu khawatir akan sering kehabisan daya dengan waktu lebih cepat.

Di sisi lain, perangkat kelas entri tersebut juga sudah dilengkapi dengan teknologi 25W Super Fast Charging. Kalaupun harus melakukan pengisian daya maka prosesnya bisa berlangsung secara lebih singkat sehingga Galaxy A05 nantinya bisa segera dipakai lagi.

Meskipun membawa dukungan yang terlihat semakin baik, Galaxy A05 sayangnya masih mengadopsi beberapa hal dari Samsung Galaxy A04 yang menjadi pendahulunya. Termasuk di antaranya perangkat tersebut juga masih belum membawa sensor pemindai sidik jari.

Absennya sensor pemindai sidik jari di Galaxy A05 cukup disayangkan karena kebanyakan perangkat di kelas entri kini sebenarnya sudah mulai berbenah dan melengkapi fitur-fiturnya. Di samping itu, membuka kunci layar atau melakukan transaksi pun tidak akan bisa sepraktis memakai dukungan ini.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar