ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan realme C65, Kini Lebih Komplit!

Kelebihan dan Kekurangan realme C65 - Header

Gadgetren – Jika memerlukan sebuah ponsel baru yang dapat mendukung aktivitas sehari-hari dengan lancar tanpa harus menguras kantong, realme C65 bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Ponsel menengah ke bawah dari realme tersebut tersedia dalam dua varian memori dengan harga mulai Rp2.399.000. Kita dapat membelinya melalui berbagai macam saluran seperti situs realme.com, Shopee, Akulaku, atau toko offline yang bekerja sama.

Dibalik harganya yang lumayan murah, ponsel tersebut apalagi membawa berbagai macam keunggulan yang membuatnya layak untuk dipertimbangkan. Kita yang masih ragu-ragu untuk membeli dapat mempertimbangkan berbagai macam keunggulannya.

Kelebihan realme C65

1. Dukungan Baterai Mumpuni

Salah satu keunggulan realme C65 terletak pada bagian baterainya. Perangkat tersebut dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan daya yang besar. Jadi bakal cocok untuk kita yang mempunyai aktivitas seharian penuh tanpa perlu sering-sering mengisi ulang.

Perangkat tersebut mempunyai baterai berkapasitas sebesar 5.000mAh. Kita dapat menggunakannya untuk memainkan game secara berturut-turut hingga selama 8,3 jam, menonton video selama 16,6 jam, melakukan panggilan telepon selama 36,5 jam, atau memutar musik selama 81,6 jam.

Selain itu, realme di sisi lain juga menyematkan dukungan pengisian yang sangat tinggi karena sudah menggunakan teknologi 45W Fast Charge yang mana dapat mempersingkat durasi waktu mengisi baterai sehingga perangkat bisa segera digunakan.

Teknologi pengisian cepat ini diklaim mampu mengisi baterai perangkat hingga mempunyai kapasitas daya yang cukup untuk melakukan panggilan selama 43 menit hanya dalam kurun waktu 30 detik. Kita pun tidak perlu menunggu berjam-jam untuk membuatnya penuh.

2. Layar Nyaman Beranimasi Tinggi

Untuk memberikan pengalaman visual yang lebih memuaskan kepada para pengguna, realme C65 dilengkapi dengan layar yang mendukung pengaturan refresh rate tinggi. Perangkat tersebut secara teknis setidaknya dapat menampilkan gambar dengan animasi sampai 90Hz.

Dengan layar yang mendukung refresh rate tinggi, kita pun dapat memakai perangkat untuk bermain game atau menonton tayangan video dengan lebih nyaman. Gerakan animasi konten soalnya akan terlihat lebih mulus.

Ditambah lagi panel layar realme C65 juga sudah tersertifikasi oleh TÜV Rheinland untuk paparan sinar biru rendah. Kita makanya tidak perlu khawatir mata akan cepat lelah saat perlu menggunakan perangkat dalam kurun waktu cukup lama.

3. Sudah Tahan Percikan Air dan Debu

Meskipun bisa dipinang hanya dengan kisaran dana Rp2 jutaan, perangkat tersebut menariknya sudah membawa fitur tahan percikan air dan debu. Hal ini dibuktikan dengan adanya sertifikat IP54 yang turut mempersenjatainya.

Kelebihan dan Kekurangan realme C65 - 1

Sertifikat IP54 memang tidak sepenuhnya menawarkan fitur tahan percikan air dan debu yang mumpuni. Meski demikian, dukungan ini lebih dari cukup untuk memastikan penggunaan perangkat yang lebih aman dalam berbagai macam kondisi.

Selaras dengan penambahan fitur tahan percikan air dan debu ini, realme apalagi juga melengkapi ponsel mereka dengan teknologi Rainwater Smart Touch. Kita dengannya dapat mengoperasikan perangkat tanpa hambatan meskipun tangan atau layar sedang basah.

4. Disokong Konfigurasi Memori yang Besar

Tersedia dalam dua varian memori berbeda, realme C65 mempunyai konfigurasi RAM dan media penyimpanan internal berukuran besar. Kita dapat menggunakan perangkat tersebut secara lebih leluasa. Tidak perlu khawatir akan kehabisan ruang untuk mengelola data.

RAM yang digunakan realme C65 berkapasitas 8GB di mana sudah cukup mumpuni untuk pemakaian di masa sekarang. Untuk pemakaian yang lebih intensif, terdapat teknologi DRE (Dynamic RAM Expansion) yang memungkinkan kita mengekspansinya dengan tambahan memori hingga sebesar 8GB.

Sementara untuk media internalnya, realme C65 tersedia dalam pilihan kapasitas 128GB atau 256GB. Kita juga dapat mengekspansinya dengan menambahkan kartu MicroSD hingga sebesar 2TB apabila masih terasa kurang.

5. Bawa Sejumlah Fitur Menarik

Fitur penunjang yang ditawarkan oleh realme C65 juga terlihat cukup komplit. Selain berbagai macam hal esensial yang menjadi ciri khas ponsel kelas menengah ke bawah, kita juga akan menjumpai beberapa dukungan yang dibuat secara khusus.

Termasuk di antaranya, realme C65 memperkenalkan sebuah fitur penunjang baru bernama Air Gestures. Fitur ini memungkinkan kita mengoperasikan perangkat dengan lambaian tangan tanpa perlu menyentuh layar.

Kelebihan dan Kekurangan realme C65 - 2

Di dalamnya juga terdapat fitur Mini Capsule 2.0. Dukungan mirip Dynamic Island pada iPhone ini memungkinkan kita berinteraksi langsung dengan notifikasi seperti musik yang sedang diputar atau sekadar menampilkan informasi secara lebih menarik.

Saat pengaturan volume pada level 100 persen belum terdengar cukup memuaskan, realme C65 juga menyediakan setelan hingga 200 persen melalui fitur Speaker UltraBoom. Kita dapat memutar musik atau menonton video selayaknya menggunakan speaker tambahan.

NFC (Near Field Communication) juga sudah turut hadir mempersenjatai ponsel seharga Rp2 jutaan tersebut. Jadi, kita bisa lebih mudah untuk melakukan sejumlah hal seperti menyelesaikan transaksi pembayaran digital hingga mengecek saldo e-money.

Kekurangan realme C65

1. Chipset Ketinggalan

Meskipun membawa berbagai macam dukungan menarik, dapur pacu yang digunakan oleh realme C65 sayangnya lumayan ketinggalan. Perangkat tersebut masih menggunakan chipset MediaTek Helio G85 yang notabene sudah diperkenalkan sekitar empat tahun lalu.

Chipset ini sebenarnya sudah cukup mumpuni untuk menangani berbagai macam aktivitas dalam pemakaian kasual. Terlebih lagi, realme di sisi lain juga menjamin kelancaran pemakaiannya hingga 48 bulan atau empat tahun dengan sertifikasi TÜV SÜD.

Namun dengan banderol harga Rp2 jutaan, kebanyakan ponsel biasanya sudah menggunakan chipset dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Helio G85 lebih umum digunakan pada perangkat-perangkat yang menyasar pasar Rp1 jutaan.

2. Layar Beresolusi Rendah

Dibanderol dengan harga Rp2 jutaan, resolusi layar realme C65 juga tergolong cukup rendah. Perangkat tersebut masih menggunakan panel dengan tampilan gambar hingga HD+ (1604 x 720 piksel).

Umumnya, layar dengan resolusi HD+ cenderung masih digunakan pada perangkat-perangkat yang dijual dengan banderol harga lebih murah. Beberapa ponsel di bawah realme C65 bahkan sudah ada yang menggunakan panel Full HD+ yang menawarkan tampilan gambar lebih baik.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar