ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

8 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 40 Pro 5G, Semakin Menarik!

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 40 Pro 5G - Header

Gadgetren – Menambah pilihan dalam lini ponsel buatan mereka, Infinix memperkenalkan sebuah perangkat baru yang diberi nama Infinix Note 40 Pro 5G dengan spesifikasi dan dukungan sangat menarik.

Ponsel baru tersebut ditujukan untuk pasar menengah dengan banderol harga normal Rp3.799.000. Kita dapat meminangnya saat memerlukan perangkat yang dapat digunakan untuk menangani berbagai macam aktivitas dengan lancar.

Dengan harga yang terjangkau, perangkat buatan Infinix tersebut memiliki sejumlah kelebihan. Walaupun dalam hal ini, kita tetap perlu mempertimbangkan beberapa kekurangannya supaya nanti tidak kecewa.

Kelebihan Infinix Note 40 Pro 5G

1. Layar Menawan

Menggunakan layar melengkung di bagian samping, Infinix Note 40 Pro 5G adalah opsi yang tepat apabila kita ingin mempunyai sebuah perangkat dengan tampilan premium tetapi dibanderol lumayan terjangkau.

Spesifikasi layarnya apalagi juga sangat menarik. Perangkat tersebut sudah menggunakan panel bertipe AMOLED yang mampu menghasilkan tingkat kecerahan sampai 1.300nits. Ukurannya seluas 6,78 inci dengan resolusi Full HD+ (2436 x 1080 piksel).

Layar Infinix Note 40 Pro 5G bisa menampilkan pergerakan gambar dengan sangat mulus. Perangkat tersebut mempunyai refresh rate hingga 120Hz sehingga secara teknis mampu mengakomodasi semua jenis konten yang mendukung pengaturan animasi tinggi.

Infinix Note 40 Pro 5G sudah mendapatkan sertifikasi Low Blue Light dari TÜV Rheinland untuk memastikan paparan sinar biru yang dihasilkan tidak berbahaya. Jadi, mata tidak akan cepat lelah saat perlu memakai perangkat dalam durasi lama.

2. Konfigurasi Memori Mumpuni

Ditopang oleh MediaTek Dimensity 7020 (6nm) berkecepatan hingga 2,2GHz, Infinix Note 40 Pro 5G juga mempunyai kinerja yang bertenaga. Perangkat tersebut dapat diandalkan untuk menangani berbagai macam pemrosesan data.

Terlebih lagi, konfigurasi memori yang ditanamkan oleh Pihak Infinix juga tergolong sangat besar. Perangkat tersebut pun dapat menangani berbagai macam jenis data dengan lancar tanpa perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Tersedia dalam satu varian memori, Infinix Note 40 Pro 5G secara khusus sudah dilengkapi dengan RAM berkapasitas 8GB yang bisa diperluas hingga total 16GB. Penyimpanan internalnya pun mampu menangani data hingga sebesar 256GB.

3. Baterai dan Pengisi Daya Unggulan

Baterai Infinix Note 40 Pro 5G pun tergolong besar. Perangkat tersebut secara teknis mempunyai kapasitas penyimpanan daya hingga 5.000mAh di mana dapat digunakan untuk beraktivitas secara nyaman tanpa perlu khawatir kehabisan daya.

Sama seperti apa yang ditawarkan oleh Infinix Note 40, baterai perangkat tersebut juga disokong dengan berbagai teknologi mutakhir. Pengisian utama misalnya sudah menggunakan 45W All-Round FastCharge 2.0 yang hanya memerlukan waktu 19 menit untuk mengisi hingga kapasitas 50 persen.

Terdapat juga fitur Wireless MagCharge yang memungkinkan kita mengisi baterai secara nirkabel. Kecepatan yang ditawarkan teknologi ini pun sangat tinggi di mana bisa menangani pengisian daya sampai 20W.

Fitur Bypass Charging juga masih hadir di dalam Infinix Note 40 Pro 5G. Oleh karena itu, proses pengisian bisa langsung diteruskan ke mesin untuk menghindari peningkatan suhu dan penurunan kinerja saat bermain game atau menonton video.

Dukungan untuk mengisi ulang perangkat lain juga tersedia. Kita dalam hal ini bahkan dapat memilih untuk menggunakan fitur OTG maupun secara nirkabel dengan menempelkan perangkat yang mau diisi ke bodi belakang Infinix Note 40 Pro 5G.

4. Kamera Sudah Didukung OIS

Meskipun belum ditunjang dengan lensa ultrawide maupun telefoto, sistem kamera yang ditawarkan oleh Infinix Note 40 Pro 5G cukup menarik. Perangkat tersebut tak hanya mempunyai kamera beresolusi tinggi tetapi juga dukungan OIS sebagai tambahan.

OIS atau Optical Image Stabilization merupakan sebuah fitur yang memungkinkan kita melakukan pengambilan gambar dengan lebih stabil. Dengan begitu, foto maupun video yang dihasilkan nanti bakal tetap jelas meskipun perangkat mengalami guncangan.

Dikombinasikan bersama kamera utama Infinix Note 40 Pro 5G yang mempunyai resolusi sampai 108MP, fitur ini tentu dapat membantu kita dalam menghasilkan konten yang layak untuk dipamerkan ke media sosial.

5. Bodi Tangguh

Saat menggunakan Infinix Note 40 Pro 5G, kita bisa beraktivitas dengan tenang. Ponsel tersebut sudah tersertifikasi dengan IP53 sehingga kita tidak perlu khawatir akan terjadi kerusakan ketika terkena sedikit cipratan air maupun debu.

Pada bagian layarnya, Infinix Note 40 Pro 5G pun sudah menggunakan pelindung dari Corning Gorilla Glass. Lapisan ini dapat meningkatkan ketahanan perangkat terhadap goresan maupun benturan di bagian panelnya.

6. Bawa Berbagi Fitur Mutakhir

Untuk sebuah ponsel yang dibanderol dengan kisaran harga Rp3 jutaan, Infinix Note 40 Pro 5G mempunyai fitur yang lengkap dan mutakhir. Perangkat tersebut bahkan mempunyai dukungan yang bahkan masih jarang tersedia di kelasnya.

Salah satu fitur unggulannya adalah speaker stereo yang memungkinkan kita mendengarkan musik, menonton video, dan bermain game dengan pengalaman suara lebih baik. Kualitasnya pun tak boleh dipandang sebelah mata karena penyetelan audio sudah dilakukan oleh JBL.

IR Remote Control yang memungkinkan kita mengendalikan berbagai macam perangkat juga sudah tersedia di Infinix Note 40 Pro 5G. Kita dapat memakainya untuk mengubah saluran atau volume suara televisi hingga mengatur suhu pendingin ruangan.

Pemindai sidik jari Infinix Note 40 Pro 5G juga sudah menggunakan sensor terintegrasi di bagian layar. Selain memudahkan kita untuk membuka kunci, dukungan khusus ini pun dapat menambah kesan premium pada perangkat.

Kekurangan Infinix Note 40 Pro 5G

1. Tidak Dilengkapi Jack Audio

Kesan premium pada Infinix Note 40 Pro 5G juga ditingkatkan dengan menghilangkan dukungan jack audio 3,5mm. Namun sayang, sebagian orang mungkin kurang suka dengan keputusan ini karena masih mengandalkannya.

Hilangnya dukungan jack audio dari Infinix Note 40 Pro 5G pun mengharuskan kita untuk menggunakan sejumlah aksesori khusus seperti kabel konverter, headset dengan antarmuka USB Type-C, atau peranti suara nirkabel. Kita tentu perlu menyiapkan dana lebih apabila belum memilikinya.

2. Jaminan Pembaruan Singkat

Berdasarkan informasi yang diterima oleh Tim Gadgetren, Infinix Note 40 Pro 5G akan memperoleh pembaruan hingga dua tahun untuk sistem Android dan 36 bulan untuk keamanan. Lebih singkat dibanding perangkat dari merek lain.

Untungnya, Pihak Infinix sudah langsung membekali perangkat tersebut dengan Android 14 yang dibalut antarmuka XOS 14. Jadi, setidaknya kita nanti masih bisa mencicipi berbagai macam fitur dan dukungan anyar sampai Android 16.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar