Tekno

MediaTek Helio G85 Setara dengan Snapdragon Berapa ya?

MediaTek Helio G85 Setara Dengan Snapdragon - Header

Gadgetren – MediaTek Helio G85 resmi meluncur pada tanggal 6 Mei 2020 silam. Sejak saat itu, banyak handphone menengah ke bawah yang mulai melirik chipset tersebut sebagai dapur pacu.

Berdasarkan penelusuran yang saya lakukan, chipset tersebut setidaknya sudah digunakan oleh beberapa handphone resmi di Indonesia seperti realme narzo 20, realme narzo 50A, Infinix HOT 10S, Infinix Note 12i 2022, Infinix Note 10, dan vivo Y22.

Dengan kemampuan yang ditawarkannya, Helio G85 memang dapat menjadi salah satu alternatif jika sedang membutuhkan chipset yang mumpuni. Kita pun bisa mempertimbangkannya karena lumayan setara dengan sejumlah produk menengah Qualcomm di lini keluarga Snapdragon.

MediaTek Helio G85 Setara dengan Qualcomm Snapdragon Apa?

Jika mengacu peringkat di halaman Smartphone SoC Performance Ladder AnTuTu, kemampuan Helio G85 dapat disetarakan dengan Qualcomm Snapdragon 820 dan Snapdragon 660. Ketiga chipset tersebut menempati urutan ke sebelas jika dilihat dari bawah.

Namun tentu saja tak hanya itu, kami juga melihat bahwa Helio G85 juga cukup sebanding dengan Qualcomm Snapdragon 662 berdasarkan uji coba sintetis kami untuk handphone-handphone yang menggunakan kedua chipset tersebut.

Helio G85 pernah kami tes saat mengulas pemakaian realme narzo 50A dan realme narzo 20. Diuji dengan AnTuTu versi 9, kedua handphone tersebut secara berturut-turut berhasil mengumpulkan skor 216.667 dan 202.631 poin.

Hasil yang setara ditujukan juga oleh OPPO A95 dan OPPO A74 di mana keduanya sama-sama mengandalkan Snapdragon 662 sebagai dapur pacu. Pada AnTuTu versi yang sama, keduanya mendapatkan skor 207.743 dan 197.508 poin.

Capaian ini tentunya sangat wajar mengingat MediaTek membekali Helio G85 dengan spesifikasi yang cukup lumayan. Adapun buat kamu yang belum tahu, berikut penjelasan mengenai hal itu.

Spesifikasi Dasar MediaTek Helio G85

MediaTek mengembangkan Helio G85 dengan delapan buah inti dengan kombinasi dua buah ARM Cortex-A76 dan enam buah Cortex-A55 berkecepatan hingga 2GHz serta pengolah grafis ARM Mali-G52. Chipset tersebut pun sudah dibuat dengan pabrikasi 12nm.

Handphone yang ingin mengandalkannya sebagai dapur pacu dapat mengombinasikannya bersama RAM bertipe LPDDR4x dengan frekuensi hingga 1.800MHz dan kapasitas maksimal sampai 8GB. Sementara untuk media penyimpanannya mendukung eMMC 5.1.

Untuk fotografinya, chipset tersebut dilengkapi dengan ISP (Image Signal Processor) yang mampu menangani kamera beresolusi hingga 48MP. Kalau ingin menyematkan lensa ganda, handphone pun bisa menggunakan konfigurasi hingga 16MP + 16MP.

Chipset tersebut pun mendukung resolusi layar hingga 2520 x 1080 piksel. Di dalamnya juga terdapat modem yang mampu menangani koneksi LTE dengan Cat-7 untuk download dan Cat-13 untuk upload, WiFi 5 (a/b/g/n/ac), serta Bluetooth 5.0.

Terdapat juga dukungan berupa MediaTek HyperEngine yang memungkinkan chipset tersebut menghadirkan pengalaman bermain game lebih baik dengan kinerja optimal, koneksi lancar, serta konsumsi daya yang hemat.

Tinggalkan Komentar