ASUS Vivobook X BAPE
Tips dan Trik Handphone

Cara Bersihkan Speaker HP Xiaomi Biar Kembali Terdengar Jelas

Cara Membersihkan Speaker HP Xiaomi - Header

Gadgetren – Membersihkan speaker pada sebuah ponsel memang bisa dilakukan dengan sangat mudah apabila kita bisa menemukan benda berbahan lembut yang muat untuk mengorek lubangnya.

Hanya saja, cara tersebut memang belum tentu berhasil dilakukan karena mencari benda yang bisa dipakai untuk mengorek lubang speaker bukan sesuatu yang mudah. Jika salah melakukan pemilihan bahan atau terlalu keras saat proses membersihkan pun justru bisa berakibat fatal.

Padahal di sisi lain, membersihkan speaker kadang-kadang memang harus dilakukan. Misalnya saat suara dari tayangan yang ditonton atau musik yang diputar pada sebuah ponsel sering kali terdengar kurang jelas karena lubangnya tertutup oleh debu atau bahkan air.

Kabar baiknya, beberapa manufaktur mempunyai dukungan tambahan yang bisa menjadi solusi saat speaker pada ponsel-ponsel buatannya perlu dibersihkan. Biasanya menggunakan suara yang diputar kencang supaya debu atau air bisa langsung terpental keluar.

Xiaomi yang membekali ponsel-ponsel besutannya dengan antarmuka sistem MIUI pun turut menghadirkan dukungan seperti itu. Kita bisa memakai fitur pembersih speaker ini langsung lewat pengaturan tanpa perlu memasang aplikasi tambahan.

Cara Bersihkan Speaker HP Xiaomi

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke submenu pengaturan Additional settings.
    Cara Membersihkan Speaker HP Xiaomi - 1
  • Cari dan pilih menu Clear speaker.
    Cara Membersihkan Speaker HP Xiaomi - 2
  • Ketuk opsi Clear speaker.
    Cara Membersihkan Speaker HP Xiaomi - 3
  • Ketuk tombol yang sesuai jika muncul jendela notifikasi.
    Cara Membersihkan Speaker HP Xiaomi - 4
  • Biarkan ponsel berdering keras sampai berhenti.

Fitur pembersih speaker bawaan Xiaomi umumnya akan memutar suara keras selama 30 detik. Jika masih ada debu atau air membandel maka kita dapat mengulangi pemakaiannya beberapa kali berturut-turut sampai lubangnya bisa bersih kembali.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, kita pun dapat mengatur setelan suara pada ponsel terkait ke volume paling maksimal. Jadi nanti speaker dapat mengeluarkan dering yang semakin kencang untuk membuat debu dan kotoran lebih mudah terpental.

Namun tentu saja, tidak disarankan untuk memakai fitur pembersih speaker ini terlalu sering. Pemutaran suara yang terlalu keras secara teknis bisa membuat kemampuan dari komponen speaker ponsel cepat menurun dan menjadi cempreng atau pecah.

Apabila ponsel Xiaomi belum mempunyai fitur menarik ini, kita pun bisa menjajal beberapa metode membersihkan speaker untuk perangkat Android secara umum. Ada dua metode yang pernah kami ulas di mana termasuk memakai suara khusus maupun aplikasi.

Tentang penulis

Sukindar

This Gadgetren writer actively creates guides on a wide range of technology topics, from explaining how to use various devices to demystifying tech jargon.

Tinggalkan Komentar