Mading

Mengenal Apa Itu MIUI yang Jadi Andalan Handphone Buatan Xiaomi

Apa Itu MIUI - Header

Gadgetren – Agar dapat memberikan lebih banyak kemudahan kepada para pengguna, sejumlah manufaktur mengembangkan antarmuka sistem sendiri untuk membekali handphone Android buatannya.

Dengan begitu, perangkat-perangkat mereka tak hanya mempunyai fitur yang ditawarkan oleh sistem Android saja melainkan juga berbagai macam utilitas tambahan. Handphone pun bisa berfungsi lebih dari sekedar alat komunikasi.

Xiaomi menjadi salah satu di antaranya. Mereka pun mempunyai antarmuka Android sendiri yang diberi nama dengan MIUI. Buat kamu yang baru pertama kali mendengarnya, berikut penjelasan mengenai sistem tersebut.

Apa Itu MIUI?

Seperti apa yang sudah kami singgung di bagian atas, MIUI merupakan antarmuka pengguna buatan Xiaomi yang dikembangkan berdasarkan sistem operasi Android. Banyak orang juga mengenalnya sebagai ROM atau Skin.

Di sejumlah literatur, MIUI sendiri disebut-sebut berasal dari singkatan kata Mobile Internet UI (User Interface). Namun saya pribadi belum menemukan referensi resmi dari Xiaomi yang mengungkapkan hal itu.

MIUI mengudara secara global pertama kali sekitar tahun 2010. Saat itu, antarmuka sistem tersebut hadir sebagai Custom ROM yang mengemas basis kode Android 2.2 Froyo dengan beberapa modifikasi dari CyanogenMod.

Awalnya, MIUI terlihat seolah-olah dirancang untuk meniru tampilan dari iOS milik Apple. Namun seiring berjalannya waktu hal itu pun luntur dan kini antarmuka sistem tersebut bahkan mempunyai ciri khasnya sendiri.

Bedanya MIUI dengan Android Murni

Dibandingkan dengan sistem yang menjalankan Android murni, antarmuka MIUI biasanya menawarkan sejumlah fitur atau utilitas tambahan untuk memberikan lebih banyak dukungan kepada pengguna. Bahkan semakin ke sini semakin lengkap dan mumpuni.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Xiaomi senantiasa mengembangkan MIUI baru berdasarkan sistem Android paling mutakhir setiap tahunnya. Bersama dengan hal itu, mereka pun mengembangkan fitur-fitur anyar sebagai pelengkapnya.

Misalnya pada MIUI 14 yang sedang dikembangkan saat artikel ini terbit, Xiaomi menambahkan dukungan seperti Photon Engine baru yang memberikan optimasi sistem lebih baik atau widget bernama Flower Pet Ornaments untuk membuat tampilan semakin menarik.

Ketersediaan MIUI

Antarmuka sistem tersebut sekarang ini hadir secara eksklusif pada berbagai macam perangkat buatan Xiaomi walaupun awalnya hanya sebagai Custom ROM. Kita kini dapat menemukannya pada lini handphone Redmi, POCO, hingga BlackShark maupun tablet Redmi Pad atau Xiaomi Pad.

MIUI pun menjadi basis pengembangan untuk sejumlah antarmuka sistem untuk perangkat Xiaomi yang lain. Termasuk di antaranya meliputi MIUI for Watch untuk arloji pintar dan MIUI for TV (PatchWall) untuk televisi pintar.

Tinggalkan Komentar