ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Rekomendasi Handphone

Ini 10 HP Xiaomi Terbaru, Pilihan Buat Kamu Untuk Upgrade

HP Xiaomi Terbaru 2023 - Header

Gadgetren –Lini perangkat buatan Xiaomi mulai dari POCO, Redmi, hingga number series memang sering kali terlihat sebagai opsi yang sangat menggoda saat kita sedang mencari ponsel baru.

Di balik banderol harganya yang lumayan terjangkau, sebagian besar lini ponsel buatan mereka kerap mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan perangkat sekelasnya. Bahkan tak jarang bisa membuat kita berdecak kagum.

Antarmuka sistem MIUI yang menjadi andalan mereka dalam mengembangkan ponsel pun mempunyai segudang fitur lengkap di mana senantiasa ditingkatkan dan diperbarui setiap tahunnya. Kalaupun kadang-kadang ada iklan, kita pun bisa sedikit mengakalinya.

Jajaran ponsel baru dari Xiaomi makanya selalu bisa menjadi alternatif saat kita memerlukan perangkat anyar yang dapat menunjang kebutuhan sehari-hari mulai dari sekadar berkomunikasi, menikmati konten hiburan, hingga bermain game.

Berbagai macam model ponsel dari lini Redmi misalnya bisa menjadi alternatif saat kita memerlukan perangkat dengan spesifikasi yang merata di semua aspek. Merek turunan POCO pun biasanya bakalan cocok bagi kita yang ingin memperoleh kinerja tinggi.

Di tahun 2023, Xiaomi secara khusus setidaknya sudah memboyong empat buah model ponsel baru ke pasar Indonesia. Keempat perangkat tersebut pun cukup layak dipertimbangkan sebelum kita melirik merek lain.

1. POCO X5 5G

HP Xiaomi Terbaru 2023- 1

Mengawali penetrasi mereka di Indonesia untuk Tahun 2023, Xiaomi memboyong sebuah perangkat bernama POCO X5 5G. Ponsel yang diganjar dengan harga mulai dari Rp3.499.000 di Xiaomi Official Store ini memperkenalkan diri tepatnya pada Bulan Januari 2023 kemarin.

Dengan dapur pacu yang mengandalkan Qualcomm Snapdragon 695 5G (6nm) berkecepatan hingga 2,2GHz, POCO X5 5G tentu cukup menarik untuk dilirik. Chipset tersebut di atas kertas soalnya sudah sangat mampu menangani berbagai macam tugas.

POCO X5 5G apalagi mengombinasikan chipset tersebut bersama memori yang terkonfigurasi minimal 6GB dan 128GB. Terdapat juga berbagai teknologi pendukung seperti ekspansi RAM dengan tambahan hingga sebesar 5GB yang dapat mendorong kemampuannya.

Yang tak kalah menarik dari ponsel-ponsel menengah masa kini, ponsel besutan Xiaomi ini juga sudah membawa layar AMOLED Full HD+ berukuran 6,67 yang mendukung refresh rate hingga 120Hz. Panel miliknya pun mengemas beberapa dukungan di mana meliputi warna gamut DCI-P3, sertifikat SGS Eye Care Display, dan lapisan Corning Gorilla Glass 3.

Di bagian fotografi, POCO X5 5G juga membawa dukungan kamera utama 48MP + sudut lebar 8MP + makro 2MP dan selfie 13MP. Ada juga beberapa dukungan tambahan yang juga tak boleh dilewatkan seperti pengisian 33W, sertifikat IP53, maupun teknologi Hi-Res Audio.

2. Redmi 12C

HP Xiaomi Terbaru 2023 - 2

Setelah meluncurkan POCO X5 5G, Xiaomi pun kembali menghangatkan lini pasar entri dengan memperkenalkan Redmi 12C. Ada tiga varian memori yang mereka tawarkan di mana sudah bisa kita bawa pulang hanya dengan dana mulai dari Rp1.399.000 saja di Xiaomi Official Store.

Redmi 12C pun tak kalah menarik karena sudah mengandalkan MediaTek Helio G85 (12nm) hingga 2,0GHz sebagai dapur pacu. Untuk sebuah perangkat kelas entri, chipset tersebut lumayan tinggi karena kebanyakan perangkat umumnya masih mengandalkan MediaTek Helio G2x maupun G3x.

Helio G85 sendiri termasuk lini chipset menengah yang dirancang untuk kebutuhan bermain game. Di dalamnya sudah terdapat MediaTek HyperEngine Gaming Technology yang dapat mendorong kemampuannya. Jadi secara teknis sudah sangat mumpuni untuk menangani berbagai macam kebutuhan.

Lebih menarik lagi, ponsel kelas entri Xiaomi ini juga sudah mendukung kamera utama beresolusi hingga 50MP. Ditemani dengan sensor kedalaman 0,08MP, perangkat pun sudah mampu menghasilkan gambar dengan cukup baik di mana sudah terbukti dalam sesi hands-on yang pernah kami lakukan.

Baterai berkapasitas 5.000mAh yang dibawanya juga sudah sangat bisa diandalkan untuk pemakaian harian. Mengutip hasil uji coba laboratorium Xiaomi, Redmi 12C bahkan diklaim mampu bertahan hingga 508 jam dalam mode siaga, 20 jam memutar video, atau 13 jam bermain game.

3. Redmi Note 12

HP Xiaomi Terbaru 2023 - 3

Melanjutkan penetrasinya, Xiaomi kemudian meluncurkan Redmi Note 12. Ponsel yang diperkenalkan pada Bulan Maret 2023 ini menyasar kelas menengah dengan label harga mulai dari Rp2.599.000 di Official Store mereka untuk varian memori 4GB + 128GB.

Untuk dapur pacunya, Redmi Note 12 sendiri mengandalkan Qualcomm Snapdragon 685 (6nm) yang mampu dipacu hingga 2,8GHz. Bakalan cukup untuk pemakaian pada masa sekarang terlebih lagi ada baterai berkapasitas 5.000mAh yang ditemani oleh pengisian 33W sebagai penunjangnya.

Hal itu sudah kami buktikan dalam uji coba pemakaian. Kinerja ponsel ini bahkan mampu menyentuh angka 9 dari 10 poin penilaian milik kami dibuktikan dengan skor benchmark AnTuTu V9 mencapai 311.056 poin dan Geekbench 6 438 poin untuk Single Core dan 1.803 poin untuk Multi Core.

Perangkat pun bisa semakin pas untuk kebutuhan di masa sekarang karena sudah mengusung baterai berkapasitas 5.000mAh yang mampu menghasilkan screen on time lebih dari 7 jam 42 menit. Tersedia juga teknologi 33W sebagai penunjang yang bisa mempersingkat waktu pengisiannya menjadi sekitar 68 menit.

Layar ponsel ini pun sudah memakai panel AMOLED dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate hingga 120Hz. Kameranya terkonfigurasi dengan sensor utama hingga 50MP + sudut lebar 8MP + makro 2MP serta lensa depan 13MP. Terdapat juga sertifikat IP53 yang akan memastikan keandalan pemakaian perangkat.

4. Redmi Note 12 Pro 5G

HP Xiaomi Terbaru 2023 - 4

Bersama dengan Redmi Note 12, Xiaomi juga memperkenalkan versi pro dari lini keluarga tersebut. Perangkat yang kemudian diberi nama Redmi Note 12 Pro 5G ini sudah bisa dipinang walaupun harganya sedikit lebih mahal di mana dilabeli hingga Rp4.599.000 di Xiaomi Official Store.

Kamera dengan sensor Sony IMX766 beresolusi hingga 50MP yang dikombinasikan dengan sensor sudut lebar 8MP dan makro 2MP menjadi salah satu alasan kenapa Redmi Note 12 Pro 5G dibanderol sedikit lebih mahal. Ditambah lagi, perangkat ini pun sudah membawa OIS (Optical Image Stabilization) sebagai pendukung.

Dapur pacu Redmi Note 12 Pro 5G juga sudah menggabungkan MediaTek Dimensity 1080 (6nm) berfrekuensi hingga 2,6Hz serta memori 8GB + 256GB. Kinerjanya pun tidak bisa diragukan karena rata-rata ponsel dengan chipset tersebut mampu menembus antara 475ribu hingga 510 ribu skor pengujian AnTuTu.

Panel layar yang dipakai oleh Redmi Note 12 Pro 5G juga bukan kaleng-kaleng. Ponsel ini soalnya sudah memakai teknologi P-OLED dengan tingkat kecerahan sampai 900 nit, dukungan HDR10+, serta refresh rate hingga 120Hz yang bisa menghasilkan animasi lebih mulus.

Dengan kapasitas baterai 5.000mA, ponsel menengah milik Xiaomi ini pun telah dilengkapi dengan pengisian daya 67W. Teknologi tersebut memungkinkan kita menonton hingga 10 jam, berselancar di media sosial 7 jam, atau bermain game 4 jam hanya dengan mengisi selama 15 menit.

5. Redmi A2

HP Xiaomi Terbaru - 5

Seolah tak cukup dengan Redmi 12C, Xiaomi beberapa waktu lalu kembali meluncurkan ponsel kelas entri yang diberi nama Redmi A2. Perangkat ini bahkan tersedia dengan harga lebih murah karena sudah bisa dibawa pulang dengan dana mulai Rp1.099.000 dari Xiaomi Official Store.

Daya tarik dari ponsel ini salah satu di antaranya terletak pada bagian sistem operasinya. Redmi A2 soalnya tidak memakai MIUI seperti kebanyakan perangkat buatan Xiaomi melainkan Android 13 (Go Edition) yang terkenal sangat ringan.

Redmi A2 sendiri sebenarnya sudah dilengkapi dengan MediaTek Helio G36 (12nm) yang bisa dijalankan hingga 2,2GHz. Menilik kemampuan dari chipset tersebut, ponsel ini sebenarnya sudah cukup memadai untuk menjalankan sistem Android versi reguler.

Kita yang berencana meminang ponsel ini pun tak perlu khawatir dengan dukungan sistem untuknya. Xiaomi soalnya berjanji bakal memberikan pembaruan keamanan hingga 2 tahun dari saat diluncurkan. Jadi kita bisa memakainya lebih lama tanpa perlu menyimpan rasa khawatir.

Keunggulan lainnya terletak pada sektor daya di mana perangkat ini sudah dibekali baterai berkapasitas 5.000mAh. Kita pun bisa mengandalkannya untuk pemakaian sehari-hari karena diklaim mampu bertahan hingga 626 jam waktu siaga, 33 jam membaca konten, atau 19 jam pemutaran video.

6. Redmi Note 12 Pro 4G

HP Xiaomi Terbaru - 6

Melengkapi koleksinya, Xiaomi pun melanjutkan penetrasinya dengan memboyong Redmi Note 12 Pro 4G. Ponsel yang tersedia dalam dua varian memori ini bisa dipinang dengan dana mulai dari Rp3.499.000 untuk harga normalnya di Xiaomi Official Store.

Menggunakan Qualcomm Snapdragon 732G (8nm) yang mampu dipacu hingga 2,2GHz, ponsel ini menjanjikan kemampuan multitasking yang baik dengan dukungan RAM mulai dari 6GB. Kita yang mempunyai banyak data dan aplikasi pun tak perlu khawatir karena Redmi Note 12 Pro 4G mengimbanginya dengan media penyimpanan internal sebesar 128GB.

Sebagai keunggulan utama, layar ponsel ini hadir dengan spesifikasi yang sangat menawan. Redmi Note 12 Pro 4G tak hanya sudah menggunakan panel AMOLED dengan tingkat kecerahan hingga 1.100 nit tetapi juga mendukung refresh rate tinggi sampai 120Hz.

Fitur yang diusung Redmi Note 12 Pro 4G juga sangat komplet. Untuk memberikan pengalaman audio-visual yang lebih baik, perangkat ini misalnya sudah dilengkapi dukungan Dolby Vision dan Dolby Atmos. Belum lagi terdapat juga fitur tahan percikan air dan debu IP53, pemindai sidik jari, speaker ganda, hingga NFC.

Guna menunjang berbagai macam kebutuhan pengguna, perangkat ini pun ikut membawa baterai berkapasitas sebesar 5.000mAh seperti ponsel-ponsel sekelasnya. Terdapat juga teknologi 67W Turbo Charging yang bisa mengisi daya dengan waktu lebih singkat.

7. POCO F5

HP Xiaomi Terbaru - 7

Di pertengahan Tahun 2023, Xiaomi pun kembali menyegarkan lini keluarga POCO dengan meluncurkan seri flagship killer-nya. Salah satu di antaranya dengan memperkenalkan POCO F5 yang tersedia dengan harga normal mulai dari Rp4.999.000 di POCO Official Store.

Berbeda dengan generasi sebelum-sebelumnya yang selalu hadir dengan chipset flagship, POCO F5 memang hanya mengusung Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2 (4nm) berkecepatan 2,91GHz. Hanya saja jangan dipandang sebelah mata karena kemampuan dan fiturnya tak akan kalah.

Sedikit catatan, Snapdragon 7+ Gen 2 bahkan bisa disandingkan dengan beberapa chipset flagship yang sudah ada. Tak hanya dari ketersediaan berbagai macam fitur mutakhir melainkan juga kemampuannya di mana terbukti dari hasil uji coba benchmark yang mampu mencapai angka 930 ribu hingga 970 ribuan.

Ditunjang minimal dengan RAM berkapasitas 8GB dan media penyimpanan internal sebesar 256GB, pengalaman pemakaian dari POCO F5 tentu sangat baik. Ponsel ini apalagi juga dilengkapi dengan layar yang akan memanjakan mata para pengguna.

Memakai panel AMOLED dengan tingkat kecerahan hingga 1.000 nit, layar POCO F5 juga mendukung refresh rate hingga 120Hz. Beberapa teknologi penunjang seperti HDR10+, Dolby Vision, sertifikasi SGS Low Blue Light Ex, hingga penambahan lapisan Corning Gorilla Glass 5 pun ikut menggenapinya.

Ponsel menengah ini juga sudah dilengkapi dengan fitur penunjang seperti speaker ganda, Dolby Atmos, maupun dukungan Hi-Res Audio. Terdapat juga teknologi 67W Turbo Charging yang diklaim mampu mengisi daya hingga baterai 5.000mAh menjadi penuh dalam waktu 46 menit.

8. POCO X5 Pro 5G

HP Xiaomi Terbaru - 8

Selain POCO X5 yang mengawali penetrasinya di Tahun 2023, Xiaomi turut memboyong versi Pro dari seri tersebut ke Indonesia. Perangkat bernama POCO X5 Pro 5G ini dapat menjadi opsi lebih baik walaupun dibanderol sedikit lebih tinggi dengan harga mulai dari Rp3.999.000 di POCO Official Store.

Hanya saja kita mungkin tak akan kecewa karena POCO X5 Pro 5G meluncur dengan Qualcomm Snapdragon 778G (6nm) yang bisa dijalankan hingga 2,4GHz sebagai peningkatan. Chipset tersebut tentu dapat memberikan pengalaman pemakaian yang lebih baik.

Untuk mendorong kemampuan dari chipset menengah atas tersebut, POCO X5 Pro 5G apalagi juga dilengkapi dengan dukungan memori yang cukup tinggi. Perangkat ini soalnya minimal tersedia dengan RAM berkapasitas 6GB dan media penyimpanan internal 128GB.

Ditambah lagi, layar POCO X5 Pro 5G juga bisa dibilang sangat menggoda. Perangkat ini dilengkapi panel Flow AMOLED 6,67 inci Full HD+ (2400 x 1080 piksel) dengan refresh rate hingga 120Hz yang pastinya mampu memberikan pengalaman lebih imersif untuk memainkan game dan menonton film.

Kita yang mempunyai aktivitas harian padat juga tak boleh mengabaikan ponsel ini. POCO X5 Pro 5G soalnya juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh dan didukung dengan teknologi 67W Turbo Charging untuk mempersingkat waktu pengisian dayanya.

9. Redmi 12

HP Xiaomi Terbaru - Redmi 12

Menyempurnakan lini keluarga Redmi untuk Tahun 2023, Xiaomi juga meluncur perangkat yang bernama Redmi 12. Ponsel ini secara khusus dirancang untuk meramaikan pasar entri karena hanya dibanderol mulai dari Rp1.999.000 di Xiaomi Official Store.

Bodi yang terlihat semakin premium menjadi salah satu keunggulan dari ponsel satu ini. Meski hanya dibanderol di kisaran Rp 2 juta, Xiaomi soalnya sudah menggunakan penutup belakang bermaterial kaca yang mana berdasar pengalaman kami tidak terasa licin ketika digenggam.

Kesan premium dari bodi Redmi 12 juga semakin meningkat karena Xiaomi juga sudah menyematkan sertifikat IP53. Hadirnya fitur tahan percikan air dan debu tersebut tentu akan membuat kita lebih tenang saat menggunakan ponsel di berbagai macam kondisi.

Perangkat dengan chipset MediaTek Helio G88 (12nm) berkecepatan hingga 2,0GHz ini juga mempunyai dukungan memori yang sangat menjanjikan. Selain sudah menggunakan RAM berkapasitas 8GB yang bisa diekspansi dengan total 16GB, Redmi 12 soalnya sudah tersedia dengan varian penyimpanan antara 128GB atau 256GB.

Baterai berkapasitas 5.000mAh juga siap menemani kita dengan durasi pemakaian harian yang ekstra lama. Redmi 12 bahkan disebut-sebut mampu bertahan hingga 16 jam untuk memutar video, 26 jam membaca artikel, atau 37 jam menelepon.

Yang tak kalah menggoda, Redmi 12 juga dilengkapi dengan layar yang cukup menarik. Perangkat ini sudah menggunakan layar berukuran 6,79 inci yang mempunyai resolusi Full HD+ (2460 x 1080 piksel) dengan dukungan AdaptiveSync refresh rate hingga 90Hz.

10. Xiaomi 13T

HP Xiaomi Terbaru - Xiaomi 13T

Menggandeng perusahaan pencitraan terkemuka Leica, Xiaomi juga turut meluncurkan ponsel flagship terjangkau dengan nama Xiaomi 13T. Perangkat ini pun sudah dapat dipinang di Indonesia melalui Xiaomi Official Store dengan harga Rp6.499.000.

Tentu sudah bisa ditebak bahwa perangkat satu ini mengandalkan sektor fotografi sebagai keunggulan utamanya. Xiaomi 13T secara khusus menawarkan kamera profesional yang memuat lensa Summicron 50MP, telefoto 50MP, serta sudut lebar 12MP di mana ketiganya dikembangkan bersama Leica.

Berbekal sederet lensa profesional tersebut, kita pun dapat mengabadikan momen dengan lebih baik. Xiaomi 13T apalagi juga sudah mendukung Optical Image Stabilization (OIS) untuk pengambilan gambar yang stabil serta berbagai macam fitur seperti Leica Authentic Look dan Leica Vibrant Look untuk mempercantik hasilnya.

Di dalam perangkat ini, Xiaomi pun sudah menyematkan MediaTek Dimensity 8200-Ultra (4nm) berkecepatan hingga 3,1GHz. Xiaomi 13T secara teknis makanya tidak hanya bisa menghasilkan foto atau video yang baik melainkan juga mampu menangani berbagai macam aktivitas kita lainnya.

Chipset bertenaga tersebut dipadukan bersama konfigurasi memori yang sangat baik. RAM miliknya sudah mengandalkan LPDDR5 berkapasitas 12GB yang dikombinasikan bersama penyimpanan UFS 3.1 sebesar 256GB.

Untuk layarnya, perangkat ini juga sudah memboyong spesifikasi sangat tinggi. Xiaomi 13T mengandalkan panel AMOLED 6,67 inci bernama CrystalRes Display yang menawarkan tingkat kecerahan hingga 2600 nit dengan resolusi 1,5K (2712 x 1220 piksel) dan refresh rate hingga 144Hz.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar