Smartphone Tips dan Trik

Suara Tidak Jelas, Ini Cara Mengeluarkan Air dari Speaker Handphone

 Cara Mengeluarkan Air dari Speaker Handphone[Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Sebagai perangkat yang digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari, tentunya kamu menggunakan handphone secara rutin setiap saat.

Namun apa jadinya apabila bagian speaker dari handphone yang kemasukan air sehingga tidak bisa berfungsi secara optimal?

Biasanya dampak dari speaker yang terkena air akan menyebabkan suara yang dikeluarkan menjadi kecil, tidak jelas, atau cempreng. Bahkan bisa juga membuat suara menjadi tidak terdengar sama sekali.

Agar speaker dapat menghasilkan suara yang kembali terdengar normal, maka kamu bisa coba mengeluarkan air dari speaker handphone dengan beberapa tips.

Cara Mengeluarkan Air dari Speaker Handphone

Bersihkan Speaker

Apabila air masih tersisa pada permukaan speaker handphone, maka sebaiknya kamu bersihkan dulu dengan menggunakan benda kecil seperti jarum yang dilapisi tisu, cotton bud kecil, atau sejenisnya.

Diharapkan benda kecil tersebut dapat menyerap air hingga kering yang kemudian membuat suara menjadi jelas kembali. Jika tidak terlalu parah kena air, seharunya metode ini sudah cukup.

Rendam dengan Beras

Untuk menghilangkan air yang masuk tidak sengaja lewat sela-sela handphone, kamu dapat coba merendam handphone ke dalam beras. Nantinya beras akan menyerap sebagian air yang ada. Selain itu, pastikan bahwa perangkat sudah dalam kondisi mati.

Gunakan Aplikasi Water Ejection

Pada seri iPhone 7 atau di atasnya terdapat Water Ejection Shortcut yang dapat dimanfaatkan untuk mengeluarkan air dari speaker. Menurut Apple, fitur ini dapat mengeluarkan gelombang suara frekuensi sekitar 165 Hz yang mampu mendorong air untuk keluar dari iPhone.

Memakai Speaker Cleaner

Kamu dapat mengunduh aplikasi Speaker Cleaner dari Google Play Store lalu ikuti petunjuk pengoperasian yang disajikan hingga proses pengeluaran air selesai. Menurut beberapa komentar dari penggunanya, kamu perlu menggunakan aplikasi ini beberapa kali agar suara speaker kembali normal.

Kunjungi Service Center

Pada saat semua cara tidak dapat dilakukan sama sekali, maka tidak ada jalan lagi selain mengunjungi service center resmi terdekat agar handphone dicek dan diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman.

Apabila speaker mengalami kerusakan, maka biasanya kamu akan dibebankan biaya penggantian spare part handphone dan perbaikan. Namun kalau bisa diperbaiki tanpa kerusakan hardware, maka kamu hanya dimintai biaya perbaikan saja.

Teknisi di service center pun biasanya sudah disertifikasi ketimbang perbaikan di toko. Dengan begitu teknisi akan mampu menangani kerusakan dan memiliki alat-alat khusus sebagai alat penunjang perbaikan.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar