ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Membersihkan Speaker HP vivo Agar Terdengar Lebih Jernih

Cara Membersihkan Speaker HP vivo Header

Gadgetren – Speaker merupakan salah satu komponen penting yang hadir pada ponsel vivo karena dapat mengeluarkan suara untuk telepon, nada dering panggilan, hiburan, dan lainnya.

Tentunya kamu akan merasa kesal ketika speaker menghasilkan suara yang kurang baik pada saat mendengarkan musik, memainkan game, atau menonton film sehingga mengurangi kenyamanan.

Jika speaker mengeluarkan suara seperti terpendam, kamu dapat coba membersihkan speaker ponsel vivo dengan berbagai cara seperti menggunakan video suara yang telah dihadirkan oleh akun YouTube Arfa Fazri.

Cara Membersihkan Speaker HP vivo

Melalui Suara Pembersih

  • Buka video suara pembersih di akun YouTube Arfa Fazri.
  • Kemudian, kamu akan diarahkan membuka aplikasi YouTube
  • Mainkan video suara pembersih di YouTube tersebut selama beberapa menit.
  • Apabila suara kembali normal, maka kamu dapat menghentikan video.
  • Namun jika belum normal, maka ulangi terus video beberapa kali.

Dengan menjalankan video dari akun YouTube tersebut, nantinya suara yang dikeluarkan memungkinkan terjadinya getaran maju serta mundur untuk menghasilkan udara yang dapat memaksa air dan debu keluar dari speaker.

Selain menggunakan suara dari video di YouTube tersebut, kamu juga bisa menggunakan alternatif lainnya dengan menjalankan aplikasi Super Speaker Cleaner yang dapat diunduh dari Google Play Store.

Menggunakan Aplikasi

  • Akses aplikasi Super Speaker Cleaner di ponsel.
  • Pada halaman utama, pilih opsi Loudspeaker.
  • Checklist MAXIMIZE the Volume, DISCONNECT headphones, Speaker face DOWN, dan mode 1 atau mode 2.
  • Tekan tombol Cleaner yang berikon tetesan air dicoret.
  • Ulangi pembersihan secara terus menerus hingga suara speaker menjadi normal.

Beberapa pengguna di halaman Google Play aplikasi Super Speaker Cleaner sempat memberikan rating tinggi dan mengungkapkan bahwa suara yang dihasilkan oleh speaker ponsel dapat kembali normal setelah melalui proses pembersihan menggunakan aplikasi ini.

Perlu dicatat bahwa mode 1 akan membuat suaranya tidak akan terdengar selama proses pembersihan dilakukan. Sedangkan pada mode 2 akan mengeluarkan suara yang dapat terdengar. Kamu pun disarankan untuk menggunakan dua mode secara bergantian agar dapat memastikan bahwa speaker menjadi lebih bersih.

Selain kedua cara di atas, kamu juga dapat membersihkan lubang speaker di bagian bawah menggunakan cotton bud tipis atau bisa juga menggunakan selotip yang digulung agar debu-debu dapat terangkat.

Namun apabila speaker benar-benar tidak bisa mengeluarkan setelah proses pembersihan, maka kamu dapat mengunjungi Service Center resmi vivo terdekat agar bisa diperbaiki oleh staf profesional.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar