ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 6 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 12 – Sudah Sangat Memadai

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 12 - Header

Gadgetren – Xiaomi akhirnya memboyong perangkat Redmi 12 ke pasar Indonesia. Ponsel tersebut kini sudah bisa dipesan melalui berbagai macam saluran penjualan dengan harga mulai dari Rp1.999.000.

Kita yang memerlukan ponsel baru pun dapat mempertimbangkannya sebagai salah satu pilihan. Mengacu kepada apa yang ditawarkannya, Redmi 12 apalagi tercatat mengemas paket komplit dari sebuah perangkat menengah di masa sekarang.

Perangkat menengah ke bawah tersebut mempunyai berbagai macam fitur dan dukungan unggulan. Selain itu, ada sejumlah kelebihan yang membuatnya semakin layak untuk dipertimbangkan walaupun memang masih ada kekurangan-kekurangan yang ikut hadir.

Kelebihan Redmi 12

1. Bodi Lebih Premium

Bodi yang terlihat premium menjadi salah satu keunggulan dari perangkat tersebut. Selain menawarkan bingkai berbentuk datar seperti kebanyakan ponsel masa kini, Redmi 12 juga mempunyai penutup belakang berbahan kaca dengan pilihan warna Sky Blue, Polar Silver, dan Midnight Black.

Namun tak perlu khawatir. Meskipun memakai penutup belakang berbahan kaca, Redmi 12 menariknya tidak terasa licin ketika digenggam. Tim Gadgetren sudah membuktikannya saat sesi hands-on yang berlangsung pada saat peluncuran perangkat tersebut.

Redmi 12 pun terlihat semakin premium dengan hadirnya fitur tahan percikan air dan debu yang sudah dibuktikan melalui sertifikasi IP53. Meskipun tidak bisa dipakai untuk berenang atau menyelam, kita tetap bisa lebih tenang karena perangkat dapat dipakai dalam lebih banyak kondisi.

2. Konfigurasi Memori Menjanjikan

Di balik bodinya yang terlihat premium, konfigurasi memori yang digunakan oleh Xiaomi dalam mempersenjatai Redmi 12 juga sangat menjanjikan. Perangkat tersebut minimal sudah dilengkapi dengan RAM berkapasitas 8GB dan media penyimpanan internal sebesar 128GB.

Dengan kapasitas RAM yang besar, Redmi 12 pun dapat diandalkan untuk menangani berbagai macam tugas secara bersamaan (multitasking). Jadi kita tak perlu takut kinerja perangkat akan menurun saat banyak aplikasi berjalan di belakang layar.

Selain itu, ada dukungan bernama Memory extension yang dapat digunakan ketika kita merasa masih kurang. Fitur ini memungkinkan kita mengekspansi kapasitas RAM hingga total menjadi 16GB memakai memori virtual sebagai tambahan.

Kapasitas media penyimpanan sebesar 128GB yang diusung oleh ponsel tersebut juga sudah tergolong cukup untuk pemakaian di masa sekarang. Namun jika dirasa masih kurang, kita pun bisa memasang kartu Micro SD dengan kapasitas hingga 1TB.

2. Layar Beranimasi Tinggi

Selayaknya ponsel-ponsel menengah yang dibanderol dengan harga Rp2 jutaan, Redmi 12 juga mempunyai layar yang menarik. Perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan panel IPS 6,79 inci yang mempunyai resolusi Full HD+ (2460 x 1080 piksel).

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 12 - Display

Layar yang digunakan oleh Redmi 12 pun sudah mendukung animasi tinggi karena membawa refresh rate hingga 90Hz. Gerakan karakter hingga transisi perubahan pemandangan dalam game atau video bakal lebih mengalir sehingga terlihat lebih halus.

Mendukung fitur AdaptiveSync, Redmi 12 juga memungkinkan perangkat menyesuaikan pengaturan refresh rate dengan konten yang ditayangkan mulai dari 36Hz, 48Hz, 60Hz, hingga 90Hz. Namun nantinya kita pun juga dapat menguncinya di 60Hz jika ingin lebih menghemat pemakaian daya.

3. Kamera Lengkap dan Bisa Diandalkan

Dukungan kamera yang diusung Redmi 12 juga tergolong sangat lengkap. Alih-alih hanya memakai lensa utama dan makro seperti kebanyakan ponsel di kelas Rp2 jutaan, perangkat tersebut pun sudah mempunyai sensor ultra-wide dengan resolusi 8MP.

Lensa ultra-wide sendiri bisa sangat bermanfaat bagi kita yang gemar mengambil foto dengan sudut pandang lebih luas seperti pemandangan atau foto berkelompok. Dengan sensor ini, kita soalnya dapat memasukkan seluruh obyek yang diinginkan ke dalam satu bingkai.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 12 - Camera

Kamera Redmi 12 di sisi lain juga dilengkapi dengan lensa utama beresolusi cukup tinggi. Mendukung pengambilan gambar hingga 50MP, foto-foto yang dihasilkan oleh Redmi 12 tentu dapat diperbesar beberapa kali atau bahkan dicetak dalam ukuran jumbo.

4. Dukungan Daya Mumpuni

Saat digunakan sehari-hari, kita pun tak perlu khawatir perangkat akan cepat kehabisan daya. Redmi 12 soalnya dilengkapi dengan baterai yang tergolong sangat besar. Ponsel tersebut secara teknis sudah mempunyai kapasitas hingga 5.000mAh.

Baterai 5.000mAh milik Redmi 12 sendiri menjanjikan durasi pemakaian harian ekstra lama. Xiaomi bahkan mengklaim bahwa perangkat tersebut dapat bertahan selama 16 jam untuk memutar video, 26 jam membaca konten, hingga 37 jam melakukan panggilan telepon.

Jika perlu melakukan pengisian, Redmi 12 pun mendukung teknologi 18W Fast Charge. Jadi kita tidak perlu menunggu lama agar bisa segera memakai perangkat tersebut kembali untuk melanjutkan aktivitas yang tertunda setelah kehabisan daya.

Kekurangan Redmi 12

1. Chipset Ketinggalan

Sayangnya, Redmi 12 juga tetap mempunyai sejumlah kekurangan jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel sekelasnya. Perangkat tersebut salah satunya masih mengandalkan MediaTek Helio G88 yang tergolong cukup lawas sebagai dapur pacu.

Helio G88 memang termasuk salah satu yang masih bisa diandalkan untuk pemakaian di masa sekarang. Hanya saja kemampuannya mungkin akan sedikit tertinggal jika dibandingkan dengan beberapa chipset mutakhir yang digunakan oleh ponsel-ponsel sekelas Redmi 12.

Beberapa ponsel di kelas Rp2 jutaan misalnya sudah banyak yang menggunakan MediaTek Helio G99. Chipset keluaran anyar ini tentu mempunyai beberapa peningkatan jika dibandingkan dengan Helio G88 pendahulunya.

2. Slot Kartu Hibrida

Selain sektor dapur pengolahan datanya, kekurangan Redmi 12 juga terletak pada slot kartu yang dibawanya. Perangkat tersebut memang mendukung pemakaian SIM ganda dan kartu Micro SD tetapi hanya bisa memilih salah satu karena tempatnya bersifat hibrida.

Kita dalam hal ini hanya bisa menggunakan dua nomor sekaligus atau mengganti slot SIM 2 dengan kartu Micro SD. Kita tidak dapat menggunakan ketiganya secara bersamaan. Kita harus mengorbankan salah satunya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar