Berita Tekno

Chipset MediaTek Helio G99 Tawarkan Performa Gaming yang Kencang di Kelasnya

MediaTek Helio G99 Setara Dengan Snapdragon Berapa - Header

Gadgetren – Handphone kelas menengah belakangan ini banyak yang ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G99. Pasalnya chipset tersebut diklaim memiliki performa baik dari segi CPU dan GPU tercepat di kelasnya bahkan dibandingkan kompetitor lainnya.

Melalui diskusi bersama awak media, pihak MediaTek pun membagikan apa saja keunggulan dari chipset tersebut. Adapun spesifikasi andalan chipset ini antara lain telah melalui proses fabrikasi 6nm dan memiliki kecepatan maksimal 2,2GHz.

Dalam presentasinya, ChuChuan Yen selaku Program Manager, Customer di MediaTek menyampaikan bahwa Helio G99 memiliki skor AnTuTu versi 9 dengan persentase 35 persen lebih baik dibandingkan kompetitor chipset dengan TMSC 6nm. Pada sektor performa CPU Helio G99 pun menghadirkan 40 persen lebih baik dibandingkan kompetitor lainnya.

Sementara pada aspek performa GPU diklaim 75 persen lebih baik dibandingkan kompetitor lainnya. Sedangkan untuk membuka aplikasi, Helio G99 50 persen lebih cepat dibandingkan kompetitor lainnya di kelasnya. Di sisi lain kinerja gaming chipset ini diungkapkan ChuChuan Yen menawarkan performa mumpuni untuk game berat.

Hal ini dibuktikan pada pengaturan game populer seperti Call of Duty bisa mencapai 60fps dengan kualitas grafis medium dan Honor of Kings mencapai 60fps dengan kualitas grafis tinggi dan HD. Kemudian untuk game berat seperti PUBG menampilkan kualitas gambar mencapai 40fps pada grafis seimbang atau balanced dan 30fps pada grafis halus atau smooth.

Tak hanya itu bahkan chipset Helio G99 digadang bisa melahap game Genshin Impact meskipun pada 30fps saja dengan kualitas grafis medium. Dibandingkan kompetitor lain di kelasnya, pihak MediaTek menilai game berat dengan frame rate dan grafis tinggi belum tentu bisa dijalankan.

g99-7

Disamping menawarkan performa gaming mumpuni, Helio G99 juga sekaligus memberikan efisiensi daya sebesar 20 persen lebih baik dibandingkan kompetitor di kelasnya. Lalu juga menyajikan efisiensi sistem sebesar 10 persen lebih baik dibandingkan kompetitor di kelasnya.

Salah satu handphone yang dirilis di tahun 2022 menggunakan chipset Helio G99 ialah POCO M5. Jeksen selaku Product Marketing Manager POCO Indonesia mengatakan bahwa handphone POCO M5 kapasitas RAM 4GB dan ROM 64GB menurut pengujiannya bisa menjalankan game Genshin Impact untuk pengaturan paling rendah.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar