ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Hands-On Xiaomi Redmi 12 – Harga Murah, Bawa Beragam Fitur

Hands-On Xiaomi Redmi 12 – Harga Murah, Bawa Beragam Fitur

Gadgetren – Pada tanggal 1 Agustus 2023 kemarin, Xiaomi secara resmi meluncurkan handphone entry-level terbarunya yang bernama Redmi 12 di Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, tim Gadgetren juga melakukan hands-on terhadap Redmi 12 secara langsung.

Secara kasat mata, Redmi 12 ini hadir dengan frame datar yang memungkin tren handphone kekinian. Bodi belakang handphone ini dilapisi kaca yang membuatnya terasa premium ketika dilihat secara langsung. Apalagi dibalut dengan tiga pilihan warna yang terdiri dari Sky Blue, Polar Silver, dan Midnight Black.

Kebetulan saya melakukan hands-on terhadap Redmi 12 dengan varian Sky Blue yang memperlihatkan warna biru angkasa yang terlihat sejuk di mata. Dilapisi kaca, membuat bagian belakang mudah memperlihatkan pantulan.

Xiaomi Redmi 12 All Color

Meskipun menggunakan bahan kaca, namun permukaan belakang Redmi 12 tidak terasa licin ketika digenggam dengan satu tangan. Masih pada bagian belakangnya, terdapat tiga lingkaran menonjol yang seperti menyatu dengan bodi sehingga membuat handphone memiliki desain yang terasa simple.

Penempatan tiga lingkaran di Redmi 12 ini mirip seperti handphone POCO F5 yang memiliki harga lebih mahal. Untuk tiga lingkaran ini berisikan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 2 MP.

Dengan harga yang dimulai dari Rp1.999.000, cukup menarik Redmi 12 ini mempunyai kamera utama beresolusi besar mencapai 50 MP. Bahkan telah mempunyai kamera ultrawide yang dapat memudahkan pengambilan foto area luas secara instan.

Xiaomi Redmi 12 Camera

Pada bagian samping kanan terdapat tombol Volume dan Power yang disusun secara vertikal. Adapun sensor fingerprint berada tepat di tombol Power sehingga memudahkan pemindaian sidik jari agar kunci layar dapat dibuka dengan cepat.

Sementara pada bagian samping kiri terdapat Tray berisikan slot Hybrid antara slot kartu SIM dan microSD. Dengan begitu, saya hanya bisa menyematkan dua kartu SIM tanpa microSD atau satu kartu SIM serta satu microSD pada saat yang bersamaan.

Beralih ke bagian bawahnya terdapat port USB Type-C dan lubang speaker. Sementara port jack audio 3,5mm dan IR Blaster tepat disematkan pada bagian atasnya. Pihak Xiaomi sendiri mengklaim bahwa sertifikasi IP53 yang hadir pada Redmi 12 membuktikannya bahwa telah tahan terhadap debu dan cipratan air.

Xiaomi Redmi 12 Side

Dapur pacu handphone ini dipercayakan pada chipset MediaTek Helio G88 (12nm) Octa-Core 2 GHz yang sudah didukung fitur MediaTek HyperEngine untuk mengoptimalkan performa game yang sedang berjalan.

Hadir dengan dua varian di Indonesia, Redmi 12 dibanderol dengan harga yang mencapai Rp1.999.000 untuk varian RAM 8 GB + penyimpanan internal 128 GB dan Rp2.199.000 untuk RAM 8 GB + penyimpanan internal 256 GB.

Untuk meningkatkan performa multitasking, Xiaomi juga turut menghadirkan fitur RAM Extension yang dapat meminjam ruang kosong penyimpanan internal menjadi RAM Virtual hingga 8 GB.

Dilengkapi baterai 5.000mAh, Redmi 12 diklaim Xiaomi mampu bertahan selama 16 jam untuk memutar video, 26 jam untuk membaca komik, 5 hari untuk memutar musik, atau 23 hari dalam kondisi siaga. Terdapat juga fitur 18W Fast Charging yang dapat mengisi daya baterai dengan cepat.

Xiaomi Redmi 12 Display Half Bottom

Pada bagian depan perangkat ini terdapat layar penuh 6,79 inci dengan teknologi IPS LCD dan resolusi Full HD+ (2460 x 1080 piksel) yang dapat menampilkan konten dengan jelas serta nyaman di mata.

Dengan refresh rate hingga 90Hz, membuat layarnya dapat menampilkan gerakan transisi dan animasi game secara halus. Sementara terdapat fitur Adaptive Refresh Rate yang dapat mengubah kecepatan refresh rate secara otomatis tergantung dari konten yang ditampilkan di layar.

Namun apabila ingin handphone mengkonsumsi daya yang lebih hemat lagi, maka kita dapat memilih menu Custom Refresh rate di aplikasi Settigs bawaan Redmi 12. Selanjutnya, mengunci kecepatannya ke 60Hz.

Xiaomi Redmi 12 Display Half Top

Sentuhan jari saya pun dapat direspon dengan baik oleh layar Redmi 12 ketika melakukan navigasi, memilih menu, maupun membuka aplikasi. Sementara punch hole yang berada di bagian atas layar digunakan untuk menjadi rumah bagi kamera depan 8 MP.

Sejak pertama kali diaktifkan, Redmi 12 sudah menggunakan MIUI 14.0.2 berbasiskan Android 13 yang memiliki tampilan sederhana ditambah dukungan beragam fitur. Pihak Xiaomi menjanjikan dukungan 2 kali update versi Android dan 3 tahun Security Patch.

Xiaomi juga menjanjikan bahwa Redmi 12 ini mempunyai garansi hingga 15 bulan dengan dukungan lebih dari 500 Service Point yang siap membetulkan ketika terjadi kerusakan pada perangkat.

Dengan harga yang ditawarkan, bisa dibilang Redmi 12 ini dapat menghadirkan beragam spesifikasi hardware dan fitur yang menarik. Sayangnya sensor NFC belum disematkan pada produk ini.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar