ASUS Zenbook DUO UX8406
Review Handphone

Review OPPO Find N2 Flip – Handphone Lipat Minim Lipatan

OPPO Find N2 Flip

OPPO Find N2 Flip
  • Layar - 10/10
    10/10
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Kamera - 9/10
    9/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Software - 10/10
    10/10
  • Desain - 10/10
    10/10
9.3/10

Ringkasan

OPPO Find N2 Flip bisa dibilang adalah handphone foldable yang sangat memuaskan digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Lipatan layarnya hampir tak terlihat, layar eksternal yang besar, dan kamera yang mumpuni adalah beberapa keunggulan utamanya.

Yang Disukai

  • Lipatan layar hampir tak terlihat
  • Layar eksternal yang besar
  • Tidak ada celah ketika ditutup
  • Baterai tahan lama di kelasnya
  • Kamera utama yang mumpuni

Yang Tidak Disukai

  • Tidak ada pengisian daya nirkabel
  • Tidak ada IP rating

Gadgetren – Setelah sekian lama akhirnya penikmat gadget di Indonesia punya pilihan lain untuk handphone lipat atau foldable yakni OPPO Find N2 Flip dan saya berkesempatan untuk mereview produk ini.

Find N2 Flip canggihnya menawarkan layar eksternal berukuran besar dan juga engsel unik yang membuatnya dapat menyembunyikan lipatan layar dengan baik.

Walaupun OPPO bukan yang pertama di dunia foldable, namun saya sangat terkesan dengan apa yang ditawarkan oleh Find N2 Flip ini selama digunakan.



Desain

OPPO Find N2 Flip

Saya biasanya jarang komentar soal boks handphone, tapi untuk kasus ini saya perlu bilang bahwa OPPO berhasil mengemas boks penjualannya dengan mewah baik di luar maupun dalam boksnya.

Pengalaman membuka boksnya pun tidak kalah menawan dan OPPO menyediakan aksesoris yang lengkap termasuk charger dan casing pelindung bawaan. Saya senang OPPO masih menaruh atensi besar pada boks penjualan di mana sekarang sedang naik daun boks berukuran tipis dan sangat sederhana karena semakin dihilangkannya aksesoris bawaan.

Desain handphone ini sendiri juga tidak kalah menarik dengan pilihan warna Astral Black dan Moonlit Purple. Varian warna Moonlit Purple tampil dengan warna ungu muda dan lapisan yang agak mengkilap sedangkan Astral Black mengusung tampilan warna hitam matte bertekstur yang memberikan kesan unik ketika disentuh

OPPO Find N2 Flip

Layaknya handphone foldable, Find N2 Flip bisa diubah dimensinya menjadi ringkas dengan dilipat sehingga lebih mudah disimpan dalam kantong atau tas. Ditambah lagi handphone ini memiliki ukuran lebar dan bobot yang terasa pas di tangan serta terasa kokoh.

Satu hal yang saya suka selama menggunakan Find N2 Flip adalah ketika sedang tidak menggunakan handphone ini tapi masih ingin saya pegang, saya tinggal melipatnya dengan satu tangan. Saya merasa memegang handphone dalam mode dilipat terasa jauh lebih nyaman dibanding memegang handphone biasa yang memanjang.

Berkat engsel yang digunakan di Find N2 Flip, membuka atau menutup handphone ini dapat dilakukan secara mudah dengan satu tangan sehingga tidak perlu repot-repot menggunakan kedua tangan.

Di bagian sisi kanan handphone terdapat tombol pengatur volume dan tombol power yang merangkap sebagai pemindai sidik jari yang responsif dalam mendeteksi sidik jari saya. Dan di bagian sisi bawah terdapat lubang speaker stereo, slot USB Type-C, serta slot kartu SIM ganda.

Layar

OPPO Find N2 Flip

Find N2 Flip mengusung layar utama LTPO AMOLED berukuran 6,8″ dengan resolusi 2520×1080 piksel, refresh rate 120Hz yang bisa menyesuaikan secara dinamis hingga 1Hz, dan kecerahan puncak 1600 nit.

Ukuran layar utamanya terasa pas, tidak terlalu ramping dan tidak terlalu besar juga. Kualitas tampilan layarnya pun sangat memuaskan apalagi dikombinasikan dengan speaker stereo yang mumpuni sehingga handphone ini terasa mengasikkan untuk aktivitas sehari-hari terutama mengonsumsi konten multimedia.

OPPO Find N2 Flip

Sebagai handphone lipat, salah satu yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana dengan lipatan layarnya? Saya bisa bilang bahwa OPPO berhasil meminimalisir lipatan layar di handphone ini sehingga membuatnya hampir tidak terlihat.

Selama saya menggunakan Find N2 Flip, hampir selalu saya tidak menyadari adanya lipatan layar baik itu secara visual maupun ketika saya sentuh layarnya. Saya hanya baru melihatnya ketika melihat layar dari sudut tertentu dan ketika ada cahaya yang menyinari lipatannya.

OPPO Find N2 Flip

Ini berkat digunakannya teknologi Flexion Hinge yang mengusung engsel berbentuk tetesan air sehingga mengurangi visibilitas dari lipatan layar dibandingkan engsel berbentuk U yang digunakan di foldable lain. Selain itu juga membuat Find N2 Flip dapat ditutup sempurna tanpa adanya celah di area lipatan.

Secara teknis Find N2 Flip bisa mempertahankan posisi layar ketika setengah dibuka dengan sudut antara 45-110°. Ini membuat handphonenya dapat digunakan dengan posisi-posisi yang unik seperti didudukkan sembari setengah layar menjulang ke atas atau merekam video dengan mode layaknya digital camcorder.

OPPO Find N2 Flip - Cover Screen Quick Toggle

Beralih ke layar bagian penutupnya, layar ini berukuran 3,26″ dengan resolusi 720×382 piksel, refresh rate 60hz, dan high brightness mode 800 nit. Yang saya suka dari layar eksternal ini adalah ukurannya yang pas sehingga terasa bermanfaat dan cocok digunakan untuk preview foto secara penuh ketika selfie menggunakan kamera utama.

Baik layar utama maupun layar penutup Find N2 Flip tampilannya tetap dapat dengan baik saya lihat ketika di bawah terik matahari. Tapi tentu saja kualitas tampilan layar utama terlihat lebih baik.

Fitur

OPPO Find N2 Flip

Untuk sistem operasinya, Find N2 Flip menggunakan ColorOS 13.0 berbasis Android 13. OPPO menjanjikan pembaruan sistem operasi besar hingga 3 generasi dan 4 tahun update keamanan yang mana patut diacungi jempol.

Terdapat beberapa fitur menarik di ColorOS yang memanfaatkan keunikan dari Find N2 Flip dan salah satunya adalah live wallpaper yang dapat berubah bentuk menyesuaikan dengan sudut lipatan handphone.

Tersedia juga fitur widget yang dapat digunakan di layar eksternal untuk dengan cepat mengakses fungsi atau informasi tertentu seperti kamera, menampilkan cuaca, timer, hingga mengakses Whatsapp.

Menariknya ketika saya misal sedang mengakses kamera atau whatsapp melalui layar eksternal lalu saya buka layarnya, Find N2 Flip akan otomatis menampilkan aplikasi tersebut di layar utama sehingga saya dapat dengan cepat melanjutkan apa yang ingin saya lakukan.

Layar eksternal di Find N2 Flip juga dapat menampilkan informasi waktu secara terus menurut melalui always on display dan menampilkan wallpaper hewan interaktif yang dapat merespon sentuhan jari saya.

Baterai

OPPO Find N2 Flip

Find N2 Flip mengusung baterai berkapasitas 4.300 mAh sebagai sumber dayanya. Biasanya saya mendapatkan Screen on Time selama sekitar 4 jam sebelum baterai mencapai level 10% yang mana sudah cukup baik untuk sebuah foldable.

Ketika saya tes baterainya menggunakan aplikasi PCMark di setelan kecerahan layar 50%, refresh rate dinamis 120Hz, dan baterai dari 100% mendapatkan skor 12 jam 15 menit. Tes yang sama namun di refresh rate 60Hz menghasilkan skor 13 jam 38 menit.

Untuk pengisian daya baterainya mendukung teknologi 44W SUPERVOOC dan untungnya OPPO masih menyediakan charger yang dapat memaksimalkan teknologi tersebut dalam boks penjualan handphone.

Mengisi daya baterai Find N2 Flip dari level 10% ke 100% menggunakan charger bawaan tersebut membutuhkan waktu sekitar 1 jam 2 menit.

Performa

OPPO Find N2 Flip

MediaTek Dimensity 9000+ dipercayakan OPPO sebagai dapur pacu dari Find N2 Flip. Ini dikombinasikan dengan RAM LPDDR5 8GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 256GB. Jika diperlukan, RAM-nya bisa diperluas secara virtual hingga menjadi total 16GB.

Chipset ini memang bukan yang tercepat untuk jaman sekarang, namun performa Find N2 Flip untuk penggunaan sehari-hari saya terasa sangat lancar baik itu ketika bekerja, browsing, hingga berjejaring sosial.

Performa mentahnya ketika dites menggunakan aplikasi benchmark menghasilkan skor yang agak lebih rendah dibanding semestinya. Ini mungkin dikarenakan chipsetnya disesuaikan agar cocok untuk model foldable.

Hasil Benchmark

  • AnTuTu: 642.968
  • Geekbench 6: 944 (single-core), 3.064 (multi-core)

Walau begitu Find N2 Flip mampu memainkan game sekelas Genshin Impact di setelan grafis tertinggi dengan lancar. Setelah 1 jam lebih saya mainkan, bagian atas handphone terasa agak panas walau masih dalam batas normal.

Untuk game lain seperti Mobile Legends bisa saya mainkan di setelan grafis hingga Ultra dan refresh rate High. Sedangkan di game PUBG Mobile bisa saya mainkan di setelan grafis HDR dan frame rate Ultra.

Kamera

OPPO Find N2 Flip

Di sektor kamera, Find N2 Flip menyajikan dua kamera belakang yang terdiri dari lensa utama Sony IMX890 50MP dan lensa ultra-wide Sony IMX 355 8MP. Untuk kamera depannya mengusung lensa Sony IMX709 32MP.

Menariknya kamera di handphone ini ditenagai oleh chip MariSilicon X yang didesain untuk meningkatkan pemrosesan gambar terutama ketika merekam video. Selain itu juga OPPO berkolaborasi dengan Hasselblad dalam mengembangkan kamera di handphone ini.

Hasilnya memang jepretan foto dari kamera Find N2 Flip terlihat mengesankan baik itu di siang maupun malam hari. Detail dan warna pada foto pun terekam dengan baik. Dan karena sifatnya yang foldable, kamera Find N2 Flip ini bisa dapat dengan mudah digunakan untuk selfie dengan kualitas yang tentu lebih baik dibanding kamera depan.

OPPO Find N2 Flip - Hasil Foto

OPPO Find N2 Flip - Hasil Foto

OPPO Find N2 Flip - Hasil Foto

OPPO Find N2 Flip - Hasil Foto

OPPO Find N2 Flip - Hasil Foto

OPPO Find N2 Flip - Hasil Foto

Untuk kamera ultrawidenya membuat saya dapat menangkap foto dengan bidang pandang 112° sehingga cocok untuk memfoto pemandangan. Hasil jepretannya sebetulnya sudah lumayan bagus namun saya berekspektasi lebih untuk di kelas harga handphone ini.

OPPO Find N2 Flip - Hasil Foto

Ultrawide

OPPO Find N2 Flip - Hasil Foto

Ultrawide

OPPO Find N2 Flip - Hasil Foto

Ultrawide

Uniknya Find N2 Flip menyediakan mode foto XPAN yang terinspirasi dari kamera Hasselblad XPAN di mana foto memiliki dimensi memanjang seperti film.

OPPO Find N2 Flip - XPAN

XPAN

OPPO masih menyematkan kamera depan di Find N2 Flip mana di mana hasil jepretannya memuaskan. Namun karena sifat yang handphone yang foldable,  saya sendiri lebih senang menggunakan kamera utama Find N2 Flip untuk foto selfie. Kamera depan ini lebih sering saya gunakan untuk melakukan panggilan video.

Kamera depan

OPPO Find N2 Flip - Selfie

Kamera depan

OPPO Find N2 Flip - Selfie

Kamera depan

Soal perekaman video, kamera utama Find N2 Flip mampu merekam dengan resolusi hingga 4K di frame rate 30FPS. Hasil rekamannya pun terlihat stabil bahkan ketika saya merekam sambil berjalan kaki. Untuk kamera depannya hanya dapat merekam hingga resolusi 1080 piksel.



Kesimpulan

OPPO Find N2 Flip

Setelah sebulan saya gunakan OPPO Find N2 Flip untuk aktivitas sehari-hari, saya bisa dengan yakin bilang bahwa ini adalah handphone lipat jenis flip terbaik yang pernah saya gunakan. Lipatan layarnya hampir tak terlihat dan layar eksternalnya besar.

Handphone ini juga mudah ditutup dan dibuka dengan satu tangan yang mana membuatnya sangat praktis. Ditambah lagi kameranya dapat menghasilkan foto yang memuaskan, kapasitas baterainya cukup besar, dan pengisian daya yang cepat untuk sebuah handphone foldable.

Jika dikulik apa kekurangan dari handphone ini, menurut saya adalah tidak adanya sertifikasi IP rating dan juga tidak adanya dukungan pengisian daya nirkabel. Kedua kekurangan ini sebetulnya bukan sesuatu yang signifikan namun akan lebih baik jika ada.

Soal harga, OPPO masih belum mengumumkannya. Namun begitu Find N2 Flip sendiri akan segera rilis di Indonesia pada tanggal 10 Mei pukul 19:00 WIB dan bisa disimak secara online di kanal YouTube OPPO Indonesia.

Harga dan Spesifikasi OPPO Find N2 Flip

Dimensi & BeratTerbuka: 166,2 x 75,2 x 7,45mm; 201,5g
Tertutup: 85,5 x 75,2 x 16,02mm; 201,5g
WarnaAstral Black, Moonlit Purple
LayarUtama: LTPO AMOLED 6,8″ 2520 x 1080 piksel, refresh rate dinamis 1-120Hz, HDR10+, high brightness mode 1200nit
Eksternal: AMOLED 3,26″ 720 x 382 piksel, high brightness mode 800nit
Sistem OperasiColorOS 13 (Android 13)
Memori RAM LPDDR5 8GB
Penyimpanan Internal UFS 3.1 256GB
ChipsetMediaTek Dimensity 9000+
Kamera Belakang50MP Sony IMX890, f1.8, FOV 86°
Ultrawide 8MP Sony IMX355, f/2.2, FOV 112°
Kamera Depan32MP Sony IMX709, f/2.4, FOV 90°
Baterai4.300mAh, 44W SUPERVOOC
Konektivitas5G, LTE, Wi-Fi 6, NFC, Bluetooth 5.3
KonektorUSB Type-C
SensorAkselerometer, pemindai sidik jari, sensor cahaya, sensor temperatur warna, sensor geomagnetik, sensor jarak ganda, hall sensor, giroskop ganda
GPSGPS, GLONASS, Galileo, Beidou, QZSS, NavIC
SpeakerSpeaker stereo
FiturFoldable
HargaRp14.999.000

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

Tinggalkan Komentar