Berita Smartphone

Sasar Handphone Kelas Atas, MediaTek Dimensity 9000+ Resmi Diumumkan

MediaTek Dimensity 9000 Plus

Gadgetren – MediaTek hadir kembali dengan mengeluarkan chipset Dimensity 9000+ untuk memberikan pengalaman yang lebih baik.

Informasi ini disampaikan oleh GSMArena yang mengatakan bahwa Dimensity 9000+ menghadirkan pembaruan dari seri sebelumnya.

Salah satunya di sisi CPU dengan peningkatan hingga 5 persen dan sisi kecepatan grafis hingga 10 persen. Lebih detail, Dimensity 9000+ mendapatkan peningkatan kecepatan inti performa yang tinggi lewat Cortex-X2 dengan 3.05GHz hingga 3.2GHz. Selain itu chipset ini masih membawa tiga inti Cortex-A710 dan empat inti Cortex-A510.

CPU tersebut juga dipadukan dengan GPU Mali-G710 MC10. Di sisi lain, Dimensity 9000+ turut mendapatkan peningkatan dari aspek pemrosesan sinyal gambar lewat Imagiq 790 yang dibuat khusus oleh MediaTek. Teknologi ini diklaim mampu merekam video berkualitas HDR 18-bit dari tiga kamera secara bersamaan.

Teknologi tersebut juga mendukung penangkapan foto hingga 320MP dan bisa memproses 9 gigapiksel per detik. Namun demikian, Imagiq 790 juga bisa merekam video dengan kualitas resolusi 4K HDR yang dilengkapi oleh fitur fotografi seperti mampu mengurangi gambar yang kabur atau berbayang dengan dukungan teknologi Artificial Inteligence (Al).

Selanjutnya, chipset MediaTek Dimensity 9000+ juga sudah dibekali modem 5G yang mendapatkan peningkatan kecepatan downlink hingga 7Gbps menggunakan agregasi operator 3CC. Berkat dukungan modem 5G, perangkat yang menggunakan chipset ini juga sekaligus mempunyai fitur konektivitas Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3.

Ditambah lagi chipset ini menyediakan fitur lainnya berupa MediaTek MiraVision 790 yang memungkinkan tampilan pada layar perangkat menghasilkan resolusi WDHD+ dengan refresh rate 144Hz atau Full HD dengan refresh rate 180Hz.

Selain itu, tersedia pula dukungan Wi-Fi Display hingga resolusi 4K pada 60fps untuk video HDR10+. Chipset Dimensity 9000+ diungkapkan oleh MediaTek bakal mulai digunakan pada produk handphone baru setelah kuartal ketiga tahun 2022.

Dr. Yenchi Lee selaku Wakil Manajer Umum Unit Bisnis Komunikasi Nirkabel MediaTek menyampaikan bahwa dibangun di atas kesuksesan chipset 5G unggulan, Dimensity 9000+ memastikan bahwa pembuat perangkat selalu memiliki akses ke fitur performa tinggi tercanggih dan teknologi seluler terbaru sehingga memungkinkan handphone kelas atas mereka menonjol.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar