ASUS TUF Gaming FX507
Rekomendasi Handphone

Ini 9 HP Snapdragon 8 Gen 2 Terbaru Untuk Kinerja Maksimal

HP Snapdragon 8 Gen 2 Terbaru - Header

Gadgetren – Pada Bulan November 2022 kemarin, Qualcomm memamerkan chipset kelas atas generasi baru mereka yang diberi nama Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 di ajang Snapdragon Summit 2022.

Snapdragon 8 Gen 2 sudah menerapkan dukungan Al Engine ke seluruh sistem alih-alih seperti Snapdragon 8 Gen 1 yang hanya pada sektor CPU. Dipadukan dengan Qualcomm Hexagon, chipset tersebut makanya bisa semakin cerdas.

Dengan berbagai macam teknologi dan peningkatan yang diusungnya, Snapdragon 8 Gen 2 pun menjanjikan pengalaman yang lebih baik pada berbagai macam aspek. Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa model ponsel yang membawa Snapdragon 8 Gen 2 sebagai dapur pacunya walaupun untuk saat ini masih belum banyak.

1. IQOO 11

HP Snapdragon 8 Gen 2 Terbaru - 1

IQOO 11 yang tersedia dengan label harga Rp10.999.000 di Tokopedia termasuk salah satu di antaranya. Perangkat ini merupakan model ponsel pertama yang mencoba membawa chipset Snapdragon 8 Gen 2 sebagai dapur pacunya ke pasar Indonesia.

Perangkat yang hadir dalam balutan desain Legend dan Alpha ini secara khusus memadukan Snapdragon 8 Gen 2 dengan RAM LPDDR5X berkapasitas 16GB dan media penyimpanan UFS 4.0 sebesar 256GB. Untuk menunjang kemampuan pengambilan foto dan video, IQOO 11 pun turut menyematkan chip V2 untuk pemrosesan.

Membahas kemampuan pengambilan foto dan videonya, IQOO 11 pun dilengkapi dengan kamera utama 50MP yang dipadukan sensor telefoto 13MP dan sudut lebar 8MP. Lensa depannya pun sudah lumayan karena mendukung resolusi hingga 16MP yang mana terbilang memadai untuk saat ini.

Sama seperti ponsel-ponsel flagship pada umumnya, IQOO juga dipersenjatai dengan E6 AMOLED berukuran 6,78 inci yang mendukung resolusi WQHD+ (3.200 x 1.440 piksel) dan refresh rate hingga 144Hz untuk memberikan pengalaman visual yang memuaskan. Terdapat juga teknologi pengisian daya 120W sebagai penunjang baterai berkapasitas 5.000mAh.

2. Samsung Galaxy S23 Ultra

HP Snapdragon 8 Gen 2 Terbaru - 2

Menyusul kemudian lini keluarga Samsung Galaxy S23 Ultra yang dijual kurang lebih mulai dari Rp19.999.000 di Tokopedia. Model ponsel kasta tertinggi Samsung ini pun mengandalkan Snapdragon 8 Gen 2 walaupun secara khusus sudah dimodifikasi dan diberi tambahan label “For Galaxy” sebagai penandanya.

Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy secara umum menawarkan basis inti, GPU, dukungan, fitur, maupun teknologi yang sama dengan versi biasa. Hanya saja sebagai peningkatan, Samsung mempercepat clock speed dari standarnya 3,2GHz menjadi 3,36GHz untuk memberikan kinerja lebih.

Untuk Galaxy S23 Ultra, Samsung mengombinasikan chipset khusus tersebut dengan RAM berkapasitas 12GB dan media penyimpanan yang bisa dipilih antara 256GB, 512GB, atau 1TB. Kita pun tak perlu khawatir perangkat bakal cepat kehabisan daya karena mendukung baterai 5.000mAh dan pengisian 45W.

Yang cukup menarik, Galaxy S23 Ultra mempunyai keunggulan di mana salah satunya termasuk sektor kamera beresolusi hingga 200MP. Ponsel ini pun mendukung S Pen tertanam untuk menggantikan lini Samsung Galaxy Note yang sudah mati.

3. Samsung Galaxy S23 dan Galaxy S23+

HP Snapdragon 8 Gen 2 Terbaru - 3

Tak hanya model Ultra, kedua adiknya baik itu Samsung Galaxy S23 dan Samsung Galaxy S23+ juga turut membawa Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy. Kita pun dapat memboyongnya dengan harga lebih terjangkau yang mana di Tokopedia dimulai dari kisaran Rp12.999.000.

Galaxy S23 dan Galaxy S23+ merupakan perangkat yang lumayan mirip. Keduanya sama-sama dibekali dengan kamera utama 50MP + sudut lebar 12MP + telefoto 10MP dan kamera depan 12MP. Terdapat juga RAM berkapasitas 8GB yang akan mendorong kemampuan chipset miliknya.

Yang menjadi pembedanya adalah ukuran layarnya. Meskipun sama-sama mengandalkan panel Dynamic AMOLED 2X yang mendukung refresh rate 120Hz dan dilindungi Corning Gorilla Glass Victus 2, Galaxy S23 hanya berukuran 6,1 inci sementara versi plus sudah 6,6 inci.

Baterai dan dukungan pengisian daya yang digunakan oleh kedua ponsel ini juga sedikit berbeda. Galaxy S23 meluncur dengan kapasitas 3.900mAh dan masih membawa teknologi 25W sementara Galaxy S23+ sudah menghadirkan kapasitas 4.700mAh dengan teknologi 45W.

4. Samsung Galaxy Z Fold5

HP dengan Snapdragon 8 Gen 2 - Samsung Galaxy Z Fold 5

Selang beberapa bulan setelah keluarga Galaxy S23, Samsung pun kembali menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy ke jajaran ponsel layar lipat generasi baru miliknya Adapun juga termasuk Samsung Galaxy Z Fold5 yang membawa konsep lipatan serupa buku.

Hadirnya Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy ke dalam Galaxy Z Fold5 tentu dapat memberikan dukungan yang lebih baik. Kinerja tinggi chipset tersebut dapat menunjang berbagai macam fungsi yang ditawarkan oleh perangkat dalam meningkatkan produktivitas.

Terlebih lagi pada Galaxy Z Fold5, chipset papan atas tersebut juga dipasangkan bersama memori yang mempunyai konfigurasi serupa dengan Galaxy S23 Ultra. Samsung dalam hal ini sudah memakai RAM 12GB dengan penyimpanan mulai dari 256GB, 512GB, hingga 1TB.

Layar lipat Galaxy Z Fold5 di sisi lain juga mengusung sejumlah peningkatan. Selain menawarkan proteksi yang semakin kuat dengan menghadirkan lapisan Corning Gorilla Glass Victus 2, perangkat ini membawa teknologi Flex Hinge baru yang dapat dilipat dengan sempurna.

Tersedia dalam beberapa varian warna di mana termasuk Ice Blue, Phantom Black, Cream, Grey, dan Blue, Galaxy Z Fold5 dapat dipinang dengan harga mulai dari kisaran Rp24.999.000 di Tokopedia. Hanya saja perlu diingat bahwa sebagian model hanya didistribusikan khusus lewat Samsung Official Store.

5. Samsung Galaxy Z Flip5

HP dengan Snapdragon 8 Gen 2 - Samsung Galaxy Z Flip 5

Membawa konsep layar lipat yang sedikit berbeda di mana dibuat lebih menyerupai cangkang kerang atau clamshell, Samsung Galaxy Z Flip5 juga tercatat mengandalkan Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy sebagai dapur pengolahan data.

Ponsel lipat buatan Samsung ini secara khusus memadukan chipset bertenaga tersebut dengan RAM berkapasitas 8GB dan media penyimpanan internal yang bisa dipilih antara 256GB atau 512GB. Memang lebih rendah ketimbang saudaranya tetapi sudah sangat mumpuni berdasarkan uji coba pemakaian yang pernah kami lakukan.

Samsung menariknya juga sudah menggunakan Teknologi Flex Hinge baru yang sama dengan Galaxy Z Fold5 pada perangkat ini sehingga engselnya bisa lebih kuat. Layarnya pun bisa terlipat sempurna tanpa celah seperti sebelum-sebelumnya.

Pada Galaxy Z Flip5, layar eksternal yang semula terasa kekecilan di generasi sebelumnya sudah dibuat semakin luas. Samsung kini menggunakan panel Super AMOLED 3,4 inci beresolusi 720 x 748 piksel untuk menemani layar utamanya yang mengemas Dynamic AMOLED 2x Full HD+ (2640 x 1080 piksel) 6,78 inci dengan refresh rate hingga 120Hz.

Kita dapat meminang Galaxy Z Flip5 salah satu di antaranya melalui Tokopedia. Perangkat ini tersedia dengan label harga mulai dari kisaran Rp15.999.000 dalam varian warna lebih beragam di mana meliputi Mint, Graphite, Lavender, dan Cream. Tersedia juga Grey, Blue, Green, dan Yellow tetapi eksklusif di Samsung Official Store.

6. ASUS ROG Phone 7

HP dengan Snapdragon 8 Gen 2 - ROG Phone 7

Versi umum dari Snapdragon 8 Gen 2 juga menjadi salah satu peningkatan yang ditawarkan oleh ASUS ROG Phone 7 dalam menghadirkan pengalaman bermain game secara lebih baik. Seperti apa yang kita tahu, terdapat teknologi Ray Tracing yang bersemayam di dalam chipset tersebut.

Ray Tracing sendiri merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan sebuah perangkat menghadirkan tampilan gambar dengan pencahayaan seperti pantulan pada permukaan air, kaca, atau metal bisa terlihat lebih nyata di layar.

Pengalaman bermain game dengan ROG Phone 7 pun bisa semakin menyenangkan karena perangkat ini tidak hanya menawarkan chipset berkinerja tinggi. Di dalamnya juga terdapat RAM LPDDR5X berkapasitas hingga 12GB dengan media penyimpanan UFS 4.0 sebesar 256GB.

Tim Gadgetren sudah pernah menjajal kemampuan dari ponsel gaming ini. ROG Phone 7 bahkan tak hanya sekadar membuat kita suka tetapi juga sampai jatuh hati. Berbagai macam game dapat dimainkan dengan baik di mana termasuk Genshin Impact yang memerlukan sumber daya tinggi.

ROG Phone 7 bisa dipinang dengan dana mulai dari kisaran Rp10.999.000 di Tokopedia. Tersedia dua pilihan warna meliputi Storm White dan Phantom Black. Sayang, paket penjualan perangkat ini belum termasuk aksesori AeroActive Cooler 7 yang dapat mendorong kinerjanya.

7. ASUS ROG Phone 7 Ultimate

HP dengan Snapdragon 8 Gen 2 - ROG Phone 7 Ultimate

Seperti halnya versi reguler, ASUS ROG Phone 7 Ultimate juga menawarkan Snapdragon 8 Gen 2 sebagai peningkatannya. Hanya saja perangkat satu ini memang hadir sebagai model yang lebih tinggi sehingga membawa spesifikasi lebih mumpuni.

Salah satu di antaranya, perangkat khusus bermain game dari ASUS ini dilengkapi dengan dukungan memori yang lebih besar. ROG Phone 7 Ultimate sudah menggunakan LPDDR5X berkapasitas 16GB dengan penyimpanan UFS 4.0 sebesar 512GB.

Selain itu, perangkat ini juga mempunyai AeroActive Portal sebagai dukungan tambahan. Fitur berbentuk lubang kecil yang bisa terbuka saat kita memasang aksesori AeroActive Cooler 7 tersebut memungkinkan penanganan suhu di dalam ponsel bekerja secara lebih efisien.

Bahkan berdasarkan klaim ASUS, hadirnya fitur AeroActive Portal dapat membuat penanganan suhu tiga kali lebih efisien. Jadi kita bisa tetap bermain dengan nyaman dalam durasi waktu lama tanpa khawatir kinerja perangkat menurun akibat panas.

Di layanan Tokopedia, ponsel gaming ini tersedia dengan kisaran harga Rp18.999.000. Paket penjualannya secara umum sudah mencakup aksesoris pendingin perangkat berupa Aeroactive Cooler 7 yang dijual terpisah untuk versi reguler.

8. ASUS Zenfone 10

HP dengan Snapdragon 8 Gen 2 - ASUS Zenfone 10

Meskipun dibalut dengan bodi yang berukuran kecil dibandingkan ponsel-ponsel di masa sekarang, ASUS Zenfone 10 tidak mengorbankan kinerjanya. Perangkat ini bahkan bisa dikatakan sebagai monster karena juga sudah diperkuat oleh chipset Snapdragon 8 Gen 2.

ASUS di sisi lain apalagi juga masih mendorong kemampuan chipset tersebut dengan menyematkan RAM LPDDR5X berkapasitas hingga 16GB. Penyimpanan internalnya pun menggunakan UFS 4.0 dengan opsi tertinggi hingga 512GB.

Kinerja dari Zenfone 10 juga sangat gegas untuk menangani berbagai macam aplikasi sehari-hari berdasarkan uji coba pemakaian kami. Hanya saja memang bisa sedikit kewalahan ketika digunakan untuk bermain game dengan setelan grafis tinggi dalam durasi lama karena sebetulnya tidak dirancang untuk itu.

Bentuknya yang ringkas dapat menjadi alternatif pas jika kita memerlukan perangkat yang mudah untuk dioperasi dengan menggunakan satu tangan. Jadi bisa dipakai sembari beraktivitas lain semisal bergelayutan di dalam kereta komuter.

Banderol harga dari Zenfone 10 juga tergolong ramah di kantong. Perangkat yang tersedia dalam opsi warna Midnight Black, Starry Blue, Comet White, Eclipse Red, dan Aurora Green ini bisa dipinang mulai dari kisaran Rp8.999.000 di Tokopedia.

9. OPPO Find N3

HP dengan Snapdragon 8 Gen 2 - OPPO Find N3

Pilihan ponsel dengan Snapdragon 8 Gen 2 semakin lengkap dengan dirilisnya OPPO Find N3. Perangkat yang mengusung konsep layar lipat seperti Galaxy Z Fold5 ini juga dikembangkan dengan chipset Qualcomm tersebut sebagai basis pengolahan datanya.

Dikombinasikan bersama RAM LPDDR5X berkapasitas 16GB serta media penyimpanan UFS 4.0 sebesar 512GB, kinerja OPPO Find N3 dapat diandalkan untuk menangani berbagai aktivitas mulai dari sekadar berjejaring sosial hingga bermain game.

Konfigurasi memorinya yang sangat besar juga memungkinkan kita melakukan multitasking dengan lebih baik. Belum lagi layar utamanya yang luas pun mampu menampilkan tiga jendela aplikasi sekaligus menggunakan fitur Split View.

Bagi kamu yang belum tahu, layar utama dari OPPO Find N3 secara khusus sudah menggunakan panel LTPO AMOLED berukuran 7,8 inci dengan resolusi gambar 2440 × 2268 piksel dan refresh rate hingga 120Hz.

Sayangnya untuk meminang perangkat ini, kita memang memerlukan dana yang sangat besar. OPPO Find N3 tercatat dibanderol dengan kisaran harga Rp29.999.000 di Tokopedia yang mana itu pun belum mencakup aksesori stylus tambahan bernama OPPO Pen.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar