ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Berita Smartphone

Apa yang Membedakan Chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy di Seri Galaxy S23 dengan yang Biasa? Ini Jawabannya

Samsung-Galaxy-S23-5G-Series-1.

Gadgetren – Selain aspek desain dan teknologi kamera, penamaan chipset yang digunakan oleh seri Samsung Galaxy S23 5G menjadi satu poin menarik karena mengusung Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Lalu apa yang membedakannya dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 versi standar? Pada dasarnya chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy adalah peningkatan atau upgrade dari Snapdragon 8 Gen 2 sebelumnya yang hadir pertama kali pada bulan November 2022 silam.

Sesuai dengan dengan namanya, Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy adalah chipset yang dihadirkan khusus untuk seri Galaxy S23 atas kolaborasi antara Qualcomm dan Samsung.

Pihak Qualcomm pun memberikan penjelasan singkat terkait perbedaan antara chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy dengan yang standar dimana yang paling utama terletak pada clock speed atau kecepatannya.

Selebihnya, chipset untuk seri Galaxy S23 ini menawarkan fitur-fitur yang sama seperti yang standar dengan dukungan Artificial Intelligence (AI), FastConnect 7800 for Wi-Fi 7, dan ray-tracing untuk mengoptimalkan grafis game.

Lebih jauh, Qualcomm membuat chipset untuk seri Galaxy S23 ini dengan CPU Kryo Cortex-X3 yang memiliki kecepatan mencapai 3,36GHz. Sementara chipset Snapdragon 8 Gen 2 standar hanya menawarkan kecepatan mencapai 3,2GHz.

Selain pada performa CPU, peningkatan juga turut tersedia pada GPU-nya. Walaupun mengusung GPU Adreno 740 yang sama seperti versi standar, namun pada seri Galaxy S23 kecepatan GPU-nya mencapai 719MHz yang mana lebih tinggi dibandingkan kecepatan 680MHz pada chipset standar.

Samsung-Galaxy-S23-Ultra-5G-Tetra-2-Pixel.

Dilansir dari ZDNET, CPU pada chipset seri Galaxy S23 ini menghadirkan kinerja performa yang meningkat hingga 30 persen. Dalam laporan ZDNET juga Samsung mengungkapkan bahwa GPU dan NPU pada seri Galaxy S23 telah dioptimalkan lebih dari 40 persen untuk menyeimbangkan kinerja performa dan efisiensi daya.

Selain kecepatan yang sedikit lebih kencang, chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy juga menghadirkan fitur untuk kamera yakni Cognitive ISP yang bisa melakukan segmentasi semantik secara real time untuk menyempurnakan hasil foto dan video dari kamera seri Galaxy S23.

Dengan demikian kamera seri Galaxy S23 akan mampu mendeteksi subjek dengan cepat seperti ketika subjek mengenakan kacamata dan secara otomatis bisa menghilangkan pantulan cahaya pada kacamata tersebut sehingga gambar subjek akan enak dilihat.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar