ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Review Handphone

Review ASUS ROG Phone 7 – Ponsel Gaming yang Semakin Sempurna

Review ASUS ROG Phone 7 Header

Review ASUS ROG Phone 7
  • Layar - 9/10
    9/10
  • Performa - 10/10
    10/10
  • Kamera - 9/10
    9/10
  • Baterai - 10/10
    10/10
  • Software - 9/10
    9/10
  • Desain - 8/10
    8/10
9.2/10

Kesimpulan

ASUS ROG Phone 7 tidak lagi hanya sekadar suka, tapi bakal buat jatuh cinta. Ponsel gaming ini semakin sempurna di segala segmen.

Yang Disukai

  • Kinerja tak tertandingi
  • Baterai tahan sangat lama
  • Banyak fitur gaming tambahan
  • Layar memukau 165 Hz
  • Kamera sudah memadai

Yang Tidak Disukai

  • Desain yang relatif mulai monoton

Gadgetren – ASUS tidak henti menyempurnakan ponsel flagship buatannya yang kini sudah memasuki generasi ke-7, yakni ROG Phone 7.

Tentunya ASUS ROG Phone 7 masih membawa core design yang sama dengan generasi sebelumnya, namun dengan berbagai peningkatan yang membuatnya semakin tangguh.

Untuk melihat lebih jauh seperti apa kemampuan yang ditawarkan ponsel gaming besutan ASUS kali ini, tim Gadgetren pun berkesempatan untuk mencobanya secara langsung.

ASUS ROG Phone 7 memiliki desain yang tidak jauh berbeda dari ROG Phone 6 dengan beberapa sentuhan aksen yang berbeda. Masih menyajikan gaya yang futuristik dan gaming, ROG Phone 7 tersedia dalam dua warna meliputi hitam dan putih.

Bodi belakang ponsel ini terbagi menjadi dua pola dimana bagian atas bermaterial glossy dan sedikit transparan untuk memperlihatkan isinya sementara bagian bawah bermaterial matte yang halus dengan logo ROG.

Tentunya logo ROG beserta strip di tengah memiliki lampu RGB yang dapat menyala dalam kondisi tertentu seperti saat mengaktifkan X-Mode. Modul kamera pun tampil gaya dengan potongan trapesium serta lingkaran merah mengelilingi kamera utamanya.

ASUS ROG Phone 7 (1)

Dengan bobot mencapai 239 gram, ROG Phone 7 untungnya tidak cepat membuat tangan pegal ketika digunakan dalam waktu lama untuk ponsel sebesar ini. Ponsel gaming yang sudah dapat ratifikasi IP54 ini pun memiliki lekukan bodi yang terasa nyaman untuk digenggam.

Sama seperti generasi sebelumnya, ROG Phone 7 juga memiliki AirTrigger di sisi bodinya sebagai input tambahan saat bermain game. Begitu pula port tambahan di samping kiri untuk menghubungkan aksesori seperti AeroActive Cooler maupun isi daya agar tidak mengganggu posisi tangan.

ASUS ROG Phone 7 (6)

Sebagai wajah dari ROG Phone terdapat layar Samsung AMOLED 6,78 inci beresolusi 2448 x 1080 piksel dengan Delta-E < 1 untuk memastikan kualitas visual yang disajikan menyerupai dunia nyata. Konten pun tetap jelas ketika dilihat di bawah terik matahari sekalipun.

Layar yang sudah dilindungi Gorilla Glass Victus ini juga didukung Auto SDR to HDR sehingga dapat menampilkan rentang dinamis yang sangat baik pada berbagai jenis konten. Ditambah lagi dukungan refresh rate hingga 165Hz dan touch sampling rate 720Hz membuat layarnya terasa sangat responsif sekali terhadap sentuhan jari.

ASUS ROG Phone 7 (2)

Pastinya menikmati segala konten mulai dari main game hingga nonton film terasa sangat puas pada ROG Phone 7 berkat layar yang dimilikinya. Visual yang ditampilkan benar-benar memberikan pengalaman yang imersif.

Menemani layarnya tersebut ada dua speaker yang secara simetris langsung menghadap ke pengguna. Perlu diakui suara yang dikeluarkan memang terdengar jelas dengan bass yang menggelegar. Bisa dikatakan tidak banyak ponsel yang mampu menghadirkan suara di kelas ini dan ROG Phone 7 salah satunya.

Pada inti ponsel ini terdapat Snapdragon 8 Gen 2 yang sudah tidak perlu diragukan lagi kinerjanya. Bahkan chipset tersebut sudah Ray Tracing untuk menghadirkan pencahayaan grafis yang lebih nyata pada game.

Bersamaan dengan chipset tersebut terdapat RAM LPDDR5X 8GB dan penyimpanan UFS 4.0 sebesar 256GB. Dengan begitu tidak ada komponen yang menghambat kinerja komponen lain karena masing-masing sudah sangat kencang.

ASUS ROG Phone 7 Benchmark

Kinerja tinggi yang dimiliki oleh ROG Phone 7 pun langsung terbukti lewat AnTuTu v10 yang memberikan skor mencapai 1.269.611 poin yang mana bersaing di top 1% teratas. Sementara untuk kemampuan dari Snapdragon 8 Gen 2 sendiri tercatat 2.019 poin untuk Single Core dan 5.566 poin untuk Multi Core ketika diuji menggunakan Geekbench 5.

Tentunya dengan kinerja seperti itu segala aplikasi maupun game yang terpasang pada ponsel ini dapat berjalan secara lancar tanpa adanya kendala sama sekali. Membuka banyak aplikasi sekaligus pun tidak masalah karena dapat berpindah-pindah dengan mulus.

Tentu kinerja menjadi hal yang sangat penting agar bisa mendapatkan pengalaman bermain terbaik. Pada Genshin Impact misalnya, ROG Phone 7 dapat menjalankannya pada pengaturan tertinggi dan masih terasa sangat responsif pada 60 FPS dengan syarat mengaktifkan X-Mode.

ASUS ROG Phone 7 (7)

Bodinya masih sedikit hangat ketika digunakan bermain game dengan kondisi X-Mode aktif, namun tidak mengganggu kenyamanan. Sistem pendingin GameCool 7 yang dimilikinya memang ASUS klaim mendapatkan perubahan untuk memberikan efisiensi yang lebih baik terutama saat dikombinasikan dengan AeroActive Cooler 7.

Sebagai ponsel gaming, berbagai fitur penunjang pun sudah diberikan pada ponsel besutan ASUS ini seperti AirTrigger yang kini mendukung sembilan jenis gerakan agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu tentunya juga ada Game Genie yang aktif secara otomatis ketika menjalankan game. Aplikasi ini memberikan pintasan akses untuk berbagai opsi pengaturan refresh rate, sistem, makro, hingga real-time info yang menampilkan berbagai informasi penting.

ASUS ROG Phone 7 Game Genie

Menariknya lagi, ada juga fitur seperti X Capture untuk merekam dengan lebih praktis maupun X Sense untuk membantu saat bermain game seperti memberikan notifikasi buff sudah muncul kembali. Berbagai fitur tersebut tentunya sangat membantu buat pengguna yang sering bermain game kompetitif.

Dengan segala kemampuannya tersebut, ROG Phone 7 dibekali baterai berkapasitas 6.000mAh yang mana tergolong cukup besar dibandingkan ponsel mainstream. Performa dan daya tahan baterai menjadi segmen yang tak terkalahkan dari lini ROG Phone sejak awal kemunculannya.

Hal yang sama pun kembali terjadi pada ROG Phone 7 dimana ponsel ini berhasil mendapatkan skor mencapai 22 jam 50 menit pada mode 60Hz dan 14 jam 59 menit pada mode 165Hz ketika diuji menggunakan PCMark for Android.

Angka yang terbilang fantastis. Dalam penggunaan sehari-hari, ROG Phone 7 pun dapat digunakan dengan nyaman karena masih tersisa 60% ketika malam hari tiba walaupun sempat bermain game selama sekitar 2 jam lebih.

ASUS ROG Phone 7 Baterai

Ponsel pun masih bisa digunakan hingga hari esoknya tanpa mengisi baterai selama penggunaan tidak terlalu intensif. Oleh karena itu bisa saja ROG Phone 7 dapat digunakan hingga 2 hari dalam sekali pengisian daya tanpa perlu khawatir kehabisan di tengah hari.

Sementara untuk pengisian dayanya sendiri mengandalkan HyperCharge 65W dengan adaptor yang sudah tersedia dalam paket penjualan. Baterai dapat diisi kembali hingga penuh dengan sangat cepat, hanya 1 jam saja dari yang tadinya hanya tersisa 13% saja.

Lalu bagaimana dengan kemampuan kameranya? Perlu diakui bahwa ROG Phone generasi terdahulu memang menghasilkan kualitas foto yang bisa dibilang belum memenuhi ekspektasi jika melihat harga banderolnya.

Namun ASUS terus melakukan peningkatan dan bisa dikatakan kemampuan fotografi yang dimiliki oleh ROG Phone 7 kini dapat bersaing dengan ponsel-ponsel kelas atas lainnya. Semenjak ROG Phone 6, memang hasil foto dari lini ponsel gaming ini sudah mulai diakui.

ASUS ROG Phone 7 (3)

ROG Phone 7 sendiri mengandalkan lensa utama Sony IMX766 50MP yang ditemani lensa Ultrawide 13MP dan makro 5MP pada bagian belakangnya. Sementara untuk kamera selfie terdapat lensa Quad Bayer 32MP.

Foto yang dihasilkan oleh ROG Phone 7 pun terlihat jelas dan tajam di berbagai kondisi. Termasuk malam hari yang minim noise dan warna cerah sehingga tetap bisa menangkap momen penting dengan baik pada kondisi gelap sekalipun.

Teknologi AI yang ASUS sematkan kini berhasil mengolah gambar secara optimal di segala kondisi untuk memberikan foto yang berkualitas tinggi. Selain itu ASUS pun menyematkan fitur Light Trail yang bisa digunakan untuk mengambil gambar cahaya artistik.

ASUS ROG Phone 7 Kamera Siang Bunga

ASUS ROG Phone 7 Kamera Siang Kucing

ASUS ROG Phone 7 Kamera Siang Robot Portrait

ASUS ROG Phone 7 Kamera Siang Masjid Auto

Auto

ASUS ROG Phone 7 Kamera Siang Masjid Wide

Ultrawide

ASUS ROG Phone 7 Kamera Siang Selfie Auto

Auto

ASUS ROG Phone 7 Kamera Siang Selfie Portrait

Portrait

ASUS ROG Phone 7 Kamera Malam Rumah

ASUS ROG Phone 7 Kamera Malam Resto

ASUS ROG Phone 7 Kamera Malam Jalan

ASUS ROG Phone 7 Kamera Malam Gedung Auto

Auto

ASUS ROG Phone 7 Kamera Malam Gedun Wide

Ultrawide

ASUS ROG Phone 7 Kamera Malam Selfie Auto

Auto

ASUS ROG Phone 7 Kamera Malam Seflie Portrait

Portrait

ROG Phone 7 memiliki shutter yang cukup cepat mulai dari tombol ditekan hingga foto diambil. Saat mode malam aktif, terdapat juga indikator yang memperlihatkan berapa detik harus tetap diam ketika foto diambil untuk mendapatkan hasil maksimal.

Menariknya, hasil foto auto dan Ultrawide kini tidak memiliki perbedaan yang signifikan baik itu warna maupun detail. Dengan begitu kamera ROG Phone 7 dapat jadi lebih bisa diandalkan karena hasil foto tetap konsisten apapun mode pengambilan yang digunakan.

Tentunya ROG Phone 7 memiliki fitur-fitur mutakhir lain yang membuatnya pantas disebut sebagai ponsel gaming terbaik saat ini. Salah satunya WiFi 7 untuk memastikan jaringan yang didapat selalu optimal serta X-Haptics dengan getaran linear yang terasa kuat.

Secara keseluruhan ROG Phone 7 kini menjadi ponsel gaming yang bisa dikatakan luar biasa. Jika pada ROG Phone generasi terdahulu mungkin harus kompromi dengan hasil fotografi atau bodinya yang berat, kini hal tersebut tidak lagi ditemukan pada ROG Phone 7.

Layar dengan tampilan visual memukau, kinerja bertenaga tanpa tanding, fotografi yang bisa diandalkan, hingga baterai yang tahan lama telah dimiliki seluruhnya oleh ROG Phone 7. Bahkan desainnya pun tidak membosankan dan tetap terlihat unik, walaupun memang bobotnya masih sedikit berat.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar