Berita Smartphone

Main Game Akan Semakin Realistik, Qualcomm Rilis Snapdragon 8 Gen 2

Qualcomm-Snapdragon-8-Gen-2

Gadgetren – Dalam ajang tahunan Snapdragon Summit 2022 yang digelar di Maui Hawaii, Qualcomm kembali memamerkan chipset generasi terbaru untuk handphone kelas atas yang bernama Snapdragon 8 Gen 2. 

Meneruskan Snapdragon 8 Gen 1, chipset Snapdragon 8 Gen 2 hadir dengan membawa terobosan teknologi yang lebih mutakhir dari seri sebelumnya. Melalui fitur-fitur terbarunya ini, Snapdragon 8 Gen 2 akan menawarkan performa semakin kencang dengan berbekal kecerdasan buatan yang menyeluruh.

Kemudian juga turut memberikan pengalaman lebih baik dari generasi sebelumnya seperti dalam aspek kamera, konektivitas, game, audio, hingga sektor keamanan untuk memastikan data privasi pengguna bisa tersimpan dengan aman.

Sama seperti generasi sebelumnya, Snapdragon 8 Gen 2 masih didukung oleh Al Engine pada bagian CPU. Akan tetapi kali ini Qualcomm memberikan peningkatan dukungan Al Engine untuk seluruh sistemnya.

Al Engine pada CPU Snapdragon 8 Gen 2 juga dipadukan oleh prosesor Qualcomm Hexagon untuk memberikan pengalaman pemrosesan baik dari segi sistem dan kamera yang lebih cepat. Chipset Octa-Core baru ini menggunakan fabrikasi 4nm dengan kecepatan clock hingga 3,2GHz.

Menurut keterangan tertulis Qualcomm, prosesor Hexagon yang dibenamkan menyediakan akselerator tensor yang lebih besar dengan peningkatan 4,35X pada kinerja AI. Snapdragon 8 Gen 2 juga didukung INT, sebuah format presisi AI dengan peningkatan kinerja/watt hingga 60 persen.

Tenaganya ini juga dibekali oleh Sensing Hub yang kini mengemas prosesor AI ganda untuk mendukung pengalaman intuitif. Terdapat fitur dan alat tambahan dari AI Stack termasuk AI Studio untuk membantu produsen handphone menghasilkan lebih banyak lagi aplikasi AI generasi berikutnya.

Pada aspek fotografi, Snapdragon 8 Gen 2 menggunakan Cognitive ISP yang secara otomatis bisa menyempurnakan foto dan video secara langsung dengan segmentasi semantik. Kemudian juga menggunakan jaringan neural network AI agar kamera bisa mengenali wajah, melalui fitur wajah, rambut, pakaian, langit, dan lainnya.

Snapdragon-8-Gen-2-Connect.

Selain itu, Snapdragon 8 Gen 2 menggunakan sensor gambar seperti dari Sony Semiconductor Solutions  yang mampu menghadirkan teknologi quad digital overlap HDR. Didukung juga Samsung ISOCELL HP3 yang mampu memberikan resolusi gambar hingga 200MP.

Terkait perekaman video Snapdragon 8 Gen 2 menyertakan AV1 codec dengan dukungan pemutaran video hingga 8K HDR pada 60 frame per detik.

Chipset ini juga akan memberikan pengalaman gaming pengguna lebih memuaskan lagi berkat teknologi ray tracing yang dipercepat dengan perangkat keras secara real-time sehingga menghadirkan cahaya, pantulan, dan iluminasi yang nyata ke dalam game seluler.

GPU chipset Snapdragon 8 Gen 2 diklaim memberikan kinerja hingga 25 persen lebih cepat dan CPU Kryo memungkinkan efisiensi daya hingga 40 persen. Bahkan pengguna kabarnya juga akan bisa merasakan karakter manusia fotorealistik dalam permainan mereka dengan dukungan optimal seluler pertama di dunia untuk Unreal Engine 5 Metahumans Framework pada Snapdragon.

Sementara dari segi konektivitas, Snapdragon 8 Gen 2 menyediakan jangkauan 5G dengan modem Snapdragon X70 5G Modem-RF System yang ditemani Qualcomm 5G AI Processor yang bertugas untuk memberikan kecepatan unggah dan unduh 5G, jangkauan, latensi, dan efisiensi daya.

Snapdragon-8-Gen-2-Unreal-Engine-Meta-Human

Soal audio, Snapdragon 8 Gen 2 masih menggunakan Snapdragon Sound agar pengguna bisa merasakan pengalaman penuh suara surround dan streaming musik lossless 48kHz.

Chipset baru ini akan digunakan pada handphone kelas atas terbaru yang akan dirilis mulai akhir tahun 2022. Adapun sejumlah produsen handphone global yang akan menggunakan chipset tersebut adalah ASUS ROG, HONOR, iQOO, Motorola, nubia, OnePlus, OPPO, REDMAGIC, Redmi, SHARP, Sony Corporation, vivo, Xiaomi, XINGJI/MEIZU, dan ZTE.

Chris Patrick selaku Senior Vice President and General Manager of Mobile Handsets, Qualcomm Technologies, Inc menyampaikan bahwa pihaknya Snapdragon 8 Gen 2 menghadirkan terobosan AI, konektivitas yang tak tertandingi, dan gameplay tingkat juara memungkinkan OEM untuk meningkatkan setiap pengalaman di perangkat mereka yang paling terpercaya.

Tinggalkan Komentar