ASUS TUF Gaming FX507
Review Handphone

Review OPPO Reno8 T 5G – Andalkan Kamera Utama 108 MP dan Layar Curve 3D AMOLED

OPPO-Reno8-T-5G-BackHandsOn

OPPO Reno8 T 5G
  • Layar - 9/10
    9/10
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Kamera - 8/10
    8/10
  • Baterai - 10/10
    10/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 8/10
    8/10
8.5/10

Kesimpulan

OPPO Reno8 T 5G ini dapat menunjang aktivitas sehari-hari, terutama mempunyai daya tahan baterai lama dan kinerja yang lancar untuk menjalankan aplikasi. Adapun kamera utama 108 MP mampu menghasilkan foto yang bagus, terutama untuk dicetak pada media berukuran besar.

Yang Disukai

  • Daya Tahan Lama
  • Layar Curved 3D AMOLED
  • Performa Lancar
  • RAM dan ROM berkapasitas Besar
  • Hasil Foto Bagus

Yang Tidak Disukai

  • Tidak Ada Kamera Ultrawide
  • Tidak Port Jack Audio 3,5mm

Gadgetren – OPPO Reno8 T 5G sebagai handphone kelas menengah terbaru OPPO di Indonesia memiliki spesifikasi hardware dan fitur yang mampu menunjang aktivitas sehari-hari penggunanya dengan lancar.

Kamera utama beresolusi 108 MP menjadi salah satu fitur andalan yang dibawa oleh OPPO Reno8 T 5G karena menawarkan hasil foto dengan detail jelas dapat dicetak pada media berukuran besar.

Desain pada perangkat ini terlihat cantik karena menggunakan layar Curved 3D yang melengkung dan OPPO Glow pada bagian belakangnya. Untuk memberikan pilihan pada penggunanya, OPPO Reno8 T 5G hadir dengan dua pilihan warna yang terdiri dari Sunrise Gold dan Midnight Black.

Desain

OPPO-Reno8-T-5G-BackHalfTop

OPPO Reno8 T 5G telah menggunakan desain OPPO Glow dengan proses manufaktur eksklusif OPPO yang menciptakan jutaan kristal berbentuk piramida pada cover belakang yang memberikan permukaan matte dengan tampilan yang halus, tahan terhadap goresan, dan sulit ditempeli noda sidik jari

Kebetulan saya sendiri menggunakan OPPO Reno8 T 5G yang memiliki warna Midnight Black di mana mampu menampilkan warna hitam yang pekat berpadu dengan hitam kebiruan di langit ketika terkena pantulan cahaya. Sementara pola kristalnya seperti membentuk taburan bintang di malam hari.

Permukaan dari bagian belakang handphone ini tidak licin dan bagian pinggirnya dibuat melengkung sehingga dapat dengan nyaman ketika digenggam dengan satu tangan. Dengan ketebalan 7,7mm, handphone ini terasa ramping ketika dipegang dengan tangan.

Masih pada bagian belakangnya, terdapat dua lingkaran besar yang besar berisikan kamera dan LED  Flash di dalam kotak melengkung. Pada lingkaran besar di bagian atas, terdapat kamera utama. Sementara lingkaran besar di bagian bawahnya tersemat kamera depth, microlens, dan LED Flash.

OPPO-Reno8-T-5G-Side

Beralih ke bagian bawah perangkat ini terdapat slot kartu SIM serta microSD, port USB Type – C,  dan lubang speaker. Speaker satunya lagi terdapat pada bagian earpiece di bagian atas sehingga membuat handphone ini mampu menghadirkan suara stereo.

Adapun tombol Power berada tepat di bagian kanan sedangkan tombol Volume berada di bagian kirinya. Meskipun tombol Power dan Volume dibuat berpisah, namun saya masih dapat menggunakannya untuk kombinasi Screenshot maupun menampilkan menu Power Off.

Layar

OPPO-Reno8-T-5G-DisplayHandsOn

OPPO Reno8 T 5G ini sudah menggunakan desain layar Curved 3D dengan lebar 6,7 inci yang melengkung pada kedua sisinya sehingga terlihat menawan ketika dilihat secara kasat mata. Apalagi terlihat seolah-olah bahwa bezel dari layar handphone ini sangat tipis.

OPPO menggunakan pengemasan COP (Chip on Plastic) dengan membengkokkan bagian layar secara langsung untuk mengurangi bingkai demi mencapai efek borderless (tanpa bezel) pada layarnya Reno8 T 5G yang mampu menghadirkan rasio layar ke bodi sebesar 93%.

Dengan area yang luas dan bezel yang tipis ini, tentunya membuat video, game, maupun gambar yang ditampilkan pada layar OPPO Reno8 T 5G menjadi leluasa ketika dilihat oleh mata saya.

Reno8 T 5G menggunakan layar berjenis fleksibel OLED yang dikombinasikan resolusi Full HD+ (2412 x 1080 piksel) sehingga mampu menampilkan konten dengan terang dan jernih.

Konten pada layar ini pun masih dapat dilihat dengan jelas walaupun saya sedang berada di bawah terik matahari. Adapun sentuhan jari saya terhadap layar terasa responsif sehingga membuat navigasi mampu berjalan dengan mulus.

Secara bawaan, layar OPPO Reno8 T 5G akan diatur dengan kecepatan refresh rate 120Hz sehingga mampu menampilkan gerakan transisi dan animasi pada game dengan halus, terutama pada saat menjalankan game dengan frame rate tinggi.

Untuk lebih menghemat daya baterai, saya pun diizinkan untuk mengatur dan mengunci refresh rate ke 60Hz. Menurut saya sendiri, layar handphone dengan kecepatan refresh rate standar tersebut masih bisa menampilkan gerakan transisi yang lancar.

Layar pada handphone ini juga sudah mendapatkan sertifikasi Widevine L1 yang membuatnya dapat menampilkan konten video dari Netflix, Amazon Prime Video, Disney+ Hotstar, dan YouTube berkualitas HD.

OPPO juga telah menyematkan Asahi Glass AGC DT-Star 2 pada bagian atas OPPO Reno8 T 5G yang berfungsi untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layarnya.

Sensor fingerprint yang hadir di dalam layar perangkat ini pun mampu merespon sidik jari saya dengan baik sehingga membuat kunci layar dibuka lebih cepat tanpa perlu memasukkan Pattern, Password, maupun PIN terlebih dulu.

Software

OPPO-Reno8-T-5G-DisplayFrontDiagonal

Pada saat diaktifkan, OPPO Reno8 T 5G sudah dilengkapi dengan ColorOS 13 berbasiskan Android 13 yang memiliki tampilan antarmuka simpel sehingga memudahkan saya untuk melakukan navigasi antar menu maupun mengakses aplikasi.

Pada ColorOS 13 ini juga sudah dihadirkan fitur Split Screen yang memudahkan saya untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar, misalnya menonton video YouTube sambil melakukan chat di WhatsApp.

Fitur Dark Mode juga memudahkan saya untuk menikmati konten pada layar handphone di malam hari maupun kondisi redup karena latar belakang dari sistem, pengaturan, maupun aplikasi akan diubah menjadi berwarna hitam atau gelap.

Untuk membuat orang lain tidak sembarangan membuka dokumen penting, saya pun memanfaatkan fitur Private Safe yang memiliki fungsi untuk menyembunyikan foto, video, dokumen, lagu, atau file jenis lainnya.

OPPO-Reno8-T-5G-ColorOS

Untuk bisa melihat file pada Private Safe membutuhkan PIN, Password, maupun Pattern tertentu sehingga orang lain harus meminta izin dulu kepada saya apabila ingin mengakses file tersebut.

Supaya bisa menyematkan lebih dari satu akun media sosial, saya juga memanfaatkan fitur App Cloner yang dapat digunakan untuk menggandakan aplikasi, seperti Facebook, WhatsApp, LINE, dan lainnya.

Terkadang saya juga mengaktifkan fitur Quick Launch untuk mengakses aplikasi tertentu secara cepat. Fitur ini dapat aktif setelah saya mengakses sensor fingerprint pada layar OPPO Reno8 T 5G dan menahannya sedikit agar memunculkan ikon aplikasi yang sering diakses.

Kamera

OPPO-Reno8-T-5G-BackCamOPPO-Reno8-T-5G-BackCam

Sektor fotografi menjadi andalan dari handphone OPPO Reno8 T 5G yang terlihat dengan penggunaan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 108 MP (apertur f/1.7), depth 2 MP (apertur f/2.4), dan microlens 2 MP (aperture f/3.3).

Secara bawaan, kamera utama OPPO Reno8 T 5G akan menghasilkan foto dengan resolusi 12 MP karena menggunakan teknologi 9-in-1 pixel binning yang menyatukan 9 piksel kecil menjadi 1 piksel besar sehingga mampu menyerap banyak cahaya dan kaya warna yang berimbas pada hasil fotonya yang bagus.

Namun saya juga dapat membuat kamera utamanya menghasilkan foto dengan resolusi yang lebih besar lagi mencapai 108 MP dengan cara mengaktifkan fitur Hi-Res (High Resolution) pada aplikasi kamera bawaan dari perangkat ini.

Bisa dibilang hasil foto 108 MP ini mempunyai detail yang lebih tinggi dibandingkan foto 12 MP. Namun pada media berukuran kecil seperti layar handphone, perbedaan dari kedua hasil foto ini tidak terlalu signifikan.

Akan tetapi apabila diperlihatkan pada media berukuran besar maka perbedaan detailnya akan terlihat. Untuk membuktikannya, saya pun melakukan crop pada bagian tertentu dari masing-masing foto agar bisa melihat perbedaan detailnya.

OPPO-Reno8-T-5G-StasiunBNICity-AutoTarget

Auto

OPPO-Reno8-T-5G-StasiunBNICity-108MPTarget

108 MP

OPPO-Reno8-T-5G-StasiunBNICity-AutoCrop

Auto-Crop

OPPO-Reno8-T-5G-StasiunBNICity-108MPCrop

108 MP – Crop

OPPO-Reno8-T-5G-StasiunBogorTua

Auto

OPPO-Reno8-T-5G-GedungAlun2-Auto

Auto

OPPO-Reno8-T-5G-Mural-Auto

Auto

Dari foto di atas, terlihat bahwa foto 108 MP memiliki detail yang lebih tinggi dibandingkan dengan foto 12 MP. Hal inilah yang membuat foto 108 MP dari OPPO Reno8 T 5G dapat dicetak pada media berukuran besar, seperti Baliho, Spanduk, maupun Billboard.

Kamera microlens pada handphone ini dapat digunakan membidik objek yang sangat kecil dengan pembesaran 20:1 ke atas seperti menggunakan mikroskop. Hasilnya foto mikro ini mengabadikan bagian dari suatu objek yang tidak dapat dilihat secara kasat mata.

OPPO Reno8 T 5G - DaunHijau- Auto

Auto

OPPO Reno8 T 5G - DaunHijau- 20x

Microlens – 20x

OPPO Reno8 T 5G - DaunHijau- 40x

Microlens – 40x

Sayangnya handphone ini tidak dilengkapi dengan kamera ultrawide sehingga tidak dapat secara instan untuk menghasilkan foto dengan area luas. Mau tidak mau saya terpaksa harus menggunakan mode Panorama untuk bisa mendapatkan foto dengan area yang luas.

OPPO-Reno8-T-5G-Stasiun-Panorama

Kamera depan beresolusi 32 MP (apertur f/2.4) yang dihadirkan pada handphone ini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan foto selfie atau wefie dengan kualitas yang bagus.

Hadirnya fitur Bokeh Flare Portrait pada handphone ini memungkinkan saya dapat memanfaatkan kamera depan dan belakang untuk menghasilkan foto dengan subjek yang terlihat fokus dan mulus, namun mempunyai latar belakang berefek bokeh yang mempunyai pola bulat layaknya menggunakan kamera profesional.

OPPO-Reno8-T-5G-Auto

Auto

OPPO-Reno8-T-5G-BokehFlarePortrait

Bokeh Flare Portrait

Pada kamera depannya juga dihadirkan fitur AI Color Portrait yang membuat saya dapat menghasilkan foto unik, dimana subjek tetap mempertahankan warna asli dan latar belakang menggunakan hitam putih saja.

OPPO-Reno8-T-5G-Selfie-Auto

Selfie – Auto

OPPO-Reno8-T-5G-Selfie-BokehFlarePortrait

Selfie – Bokeh Flare Portrait

OPPO-Reno8-T-5G-Selfie-AIColorPortrait

Selfie – AI Color Portrait

Terdapat fitur Night Mode pada kamera depan dan belakangnya sehingga mampu menghasilkan foto yang lebih terang dan jelas pada malam hari dibandingkan menggunakan Auto Mode.

OPPO-Reno8-T-5G-ParkirSepeda-Auto

Auto

OPPO-Reno8-T-5G-ParkirSepeda-NightMode

Night Mode

OPPO-Reno8-T-5G-NightMode-KopiNakoSpark

Night Mode

OPPO-Reno8-T-5G-NightMode-SenayanPark

Night Mode

OPPO-Reno8-T-5G-Malam-Auto

Auto

OPPO-Reno8-T-5G-Malam-BokehFlarePortrait

Bokeh Flare Portrait

OPPO-Reno8-T-5G-SelfieMalam-Auto

Auto

OPPO-Reno8-T-5G-SelfieMalam-BokehFlarePortrait

Selfie-Bokeh Flare Portrait

OPPO-Reno8-T-5G-SelfieMalam-AIColorPortrait

Selfie – AI Color Portrait

Performa

OPPO-Reno8-T-5G-BackHalfBottom

OPPO Reno8 T 5G diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 695 (6nm) Octa-Core 2,2 GHz dan RAM 8 GB yang diklaim OPPO mampu menjalankan aplikasi maupun game dengan mulus.

Terdapat fitur RAM Expansion yang dapat meminjam kapasitas kosong dari penyimpanan internal untuk menjadi RAM Virtual dengan pilihan dari 4 GB, 6 GB, hingga 8 GB. Dengan hadirnya penambahan RAM Virtual ini dapat memperlancar aktivitas multitasking yang berjalan di handphone ini.

Sementara handphone yang saya gunakan untuk penyimpanan internal dengan kapasitas 128 GB sehingga dapat menampung banyak aplikasi, game, maupun file sekaligus. Terdapat juga slot microSD yang dapat dimanfaatkan untuk mengekspansi kapasitas penyimpanannya.

Pada saat saya gunakan, OPPO Reno8 T 5G ini dapat menjalankan aplikasi untuk aktivitas sehari-hari, seperti media sosial, chat, email, musik streaming, editor dokumen, dan catatan, secara multitasking dengan lancar.

Tentunya hal ini bisa terjadi berkat RAM fisik yang memiliki kapasitas besar. Apalagi pada saat RAM kehabisan kapasitas, maka sistem pada OPPO Reno8 T 5G akan langsung menggunakan RAM Virtual yang tentunya membuat aplikasi yang berjalan secara multitasking tetap menjadi lancar.

OPPO-Reno8-T-5G-CODMobile-Settings

Untuk pengujian tingkat lanjutnya, saya pun menjalankan beberapa game populer, seperti Call of Duty Mobile, Pokemon Unite, Mobile Legends, Pokemon Unite, dan Pokemon GO.

Berbekal Snapdragon 695, sistem pada game Call of Duty Mobile mampu mengizinkan saya untuk melakukan penyetelan grafis Very High + frame rate High atau grafis High + frame rate Very High.

Pada saat grafis diatur ke High atau Very High, maka layar pada handphone ini akan menampilkan gambar karakter, lingkungan, senjata, peta, peluru, menu, dan lainnya dengan bagus sehingga dapat memanjakan mata saya.

OPPO-Reno8-T-5G-CODMobile-Battle

OPPO Reno8 T 5G ini juga mampu mengakomodasi frame rate High dan Very High sehingga mampu menampilkan animasi karakter dan visual efek yang halus. Pada saat menggunakan kombinasi grafis dan frame rate dengan dua pilihan di atas, gerakan pada saat pertarungan berlangsung terasa halus walaupun banyak karakter bertemu di dalam area yang sama.

Saya juga merasa bahwa tombol virtual arah, perpindahan senjata, tembakan, target, dan pemilihan menu pada game Call of Duty Mobile dapat merespon sentuhan jari dengan baik. Dengan begitu, saya dapat bergerak bebas untuk melawan musuh.

OPPO-Reno8-T-5G-PokemonUnite-Game

Namun perlu dicatat bahwa kita harus tetap menggunakan jaringan internet yang stabil dan cepat untuk bisa tetap menjaga kelancaran pertarungan banyak karakter pada area yang sama di dalam game.

Selanjutnya game bergenre MOBA (Mobile Online Battle Arena) seperti Pokemon Unite, Mobile Legends, dan Arena of Valor mampu berjalan dengan lancar menggunakan setelan grafis dan frame rate High.

Berkat pengaturan High, membuat grafis yang ditampilkan ketiga game ini terlihat nyaman di mata saya. Adapun pergerakan karakter dan visual efek terlihat dengan mulus. Sentuh jari terhadap tombol virtual arah dan skill terasa responsif sehingga pertarungan pada game dapat berjalan dengan baik.

OPPO-Reno8-T-5G-PerformanceBenchmark

Dari pengujian dengan menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark v9.5.7, OPPO Reno8 T 5G mendapatkan skor yang mencapai 403.374 poin. Untuk pengujian dengan Geekbench 6.0.0, perangkat ini mendapatkan skor 899 poin untuk Single-Core dan 1.986 poin untuk Multi-Core.

Baterai

OPPO-Reno8-T-5G-DisplaySideStand

Sumber energi kehidupan dari OPPO Reno8 T 5G ini dipercayakan pada baterai berkapasitas 4.800mAh yang diklaim oleh OPPO mampu bertahan lama dalam pemakaian normal.

Untuk membuktikan klaim tersebut, saya pun langsung melakukan pengujian dengan aplikasi PCMark for Android dengan tambahan parameter Work 3.0 battery Life, tingkat kecerahan 50%, dan kondisi baterai dari 100%.

Pada pengujian dengan layar yang menggunakan refresh rate 120Hz, OPPO Reno8 T 5G berhasil mendapatkan skor 14 jam 45 menit. Sementara pada refresh rate 60Hz, perangkat ini memperoleh skor 15 jam 54 menit.

Sementara pada saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari, AccuBattery mencatatkan Screen on Time hingga 7 jam 42 menit dari kondisi 100% ke 12% ketika layar memakai refresh rate 120Hz.

OPPO-Reno8-T-5G-BatteryBenchmark

Untuk penggunaan sehari-hari pada layar dengan refresh rate 60Hz, OPPO Reno8 T 5G ini mendapatkan Screen on Time hingga 8 jam 32 menit dari kondisi 100% ke 12%. Berdasarkan pengujian dan penggunaan sehari-hari, terlihat bahwa handphone ini mampu bertahan lama mengingat baterainya yang hanya mencapai 4.800mAh saja.

Perangkat yang satu ini dilengkapi dengan fitur 67W SUPERVOOC yang diklaim OPPO mampu mengisi daya dari 0% ke 100% cuma 44 menit. Berdasarkan catatan AccuBattery, pengisian daya OPPO Reno8 T 5G dari kondisi 12% ke 100% memakan waktu 50 menit saja.

Kesimpulan

OPPO-Reno8-T-5G-DisplaySide

Setelah menggunakan OPPO Reno8 T 5G selama beberapa minggu, saya merasa bahwa perangkat ini dapat diandalkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari, terutama dengan daya baterainya tahan lama, performanya pada saat menjalankan aplikasi maupun game, dan layar Curved 3D 6,7 inci AMOLED yang dapat menampilkan konten dengan luas.

Dukungan kamera belakang dan depannya dapat menghasilkan foto yang bagus di berbagai kondisi, siang hari maupun malam hari. Sayangnya perangkat ini tidak dilengkapi dengan dukungan kamera ultrawide sehingga saya harus menggunakan fitur Panorama untuk mengambil foto dengan area yang luas.

Perangkat ini juga tidak dilengkapi dengan port jack audio 3,5mm sehingga saya terpaksa menggunakan converter jack audio 3,5mm ke USB Type-C agar bisa menghubungkan earphone kabel saya dengan Reno8 T 5G. Penggunaan converter ini pun mengurangi kualitas suara yang dihasilkan. Untuk itulah, alternatifnya saya langsung menggunakan earphone TWS dengan koneksi Bluetooth.

Sensor NFC (Near Field Communication) yang hadir pada produk ini memudahkan saya mengecek atau mengisi saldo kartu emoney. Dengan harga yang dimulai dari Rp5.999.000, OPPO Reno8 T 5G bisa menjadi salah satu handphone pilihan di kelas menengah.

Harga dan Spesifikasi OPPO Reno8 T 5G

Dimensi & Berat162,3mm x 74,3mm x 7,7mm
WarnaMidnight Black, Sunrise Gold
Layar6,7 inci, AMOLED, Curved 3D, Full HD+ (2412 x 1080 piksel), Refresh Rate 120Hz, Asahi Glass AGC DT-Star2
Sistem OperasiColorOS 13 (Android 13)
MemoriRAM 8 GB / ROM 128 GB
RAM 8 GB / ROM 256 GB
ChipsetQualcomm Snapdragon 695 (6nm) Octa-Core 2,2 GHz
Kamera BelakangUtama 108 MP (apertur f/1.8)
Microlens 2 MP (apertur f/3.3)
Depth 2 MP (apertur f/2.4)
Kamera Depan32 MP (apertur f/2.4)
Baterai4.800mAh, 67W SUPERVOOC
SensorAkselerometer, pemindai sidik jari di dalam layar, kompas, giroskop, proximity, cahaya, orientasi, magnetik, gravitasi
GPSGPS, GLONASS, Galileo, BDS
SpeakerSpeaker Stereo
FiturFace Unlock, Bokeh Flare Portrait, AI Color Portrait, RAM Expansion hingga 8 GB
Konektivitas5G, 4G-LTE, Wi-Fi, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.1
KonektorUSB Type-C
HargaRp 5.999.000 (RAM 8 GB / ROM 128 GB)
Rp6.499.000 (RAM 8 GB / ROM 256 GB)

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar