Review Handphone

Review OPPO A77s – Hadirkan Beragam Fitur Menarik

OPPO A77s - Feature

Gadgetren – Dibandingkan handphone OPPO A7 Series generasi sebelumnya, OPPO A77s ini hadir dengan beragam peningkatan fitur dan spesifikasi hardware.

Hal ini terlihat dari hadirnya fitur RAM Expansion pada OPPO A77s yang mampu menyediakan RAM Virtual hingga 8 GB. Penyimpanan internal yang dibawa oleh handphone ini sudah menggunakan teknologi UFS 2.2 yang lebih cepat dibandingkan UFS 2.1 milik OPPO A76.

Untuk menghadirkan kinerja yang lancar, OPPO A77s ini pun sudah dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 680 dan RAM 8 GB. Perangkat ini juga dibekali dengan fitur Bokeh Flare Portrait untuk membuat foto yang dihasilkan terlihat lebih menarik.

OPPO A77s
  • Layar - 8/10
    8/10
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Kamera - 8/10
    8/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 8/10
    8/10
8.2/10

Kesimpulan

OPPO A77s ini hadir dengan desain Sunset Orange yang menarik. Handphone yang satu ini ini dapat digunakan untuk menunjang aktivita sehari-hari karena memiliki performa lancar dan daya tahan baterai lama.

Pros

  • Daya tahan lama
  • Performa lancar
  • 33W SUPERVOOC
  • Layar 90Hz
  • Terdapat charging port protection
  • Warna Sunset Orange Menarik

Cons

  • Tidak ada kamera ultrawide
  • Tidak menyediakan NFC

Desain

OPPO A77s - HandsonCenter

Mengikuti tren saat ini, OPPO A77s menggunakan frame pinggir berbentuk datar yang berbahan polikarbonat dengan cat yang menyerupai logam sehingga membuatnya terlihat menarik.

Sementara itu, saya sendiri kebetulan mendapatkan OPPO A77s yang berwarna Sunset Orange. Memiliki DNA dari Reno7, Sunset Orange yang hadir pada handphone ini menggunakan Fiberglass-Leather Design yang mampu menghasilkan tekstur kulit yang halus pada permukaan bagian belakangnya.

Menurut saya, warna Sunset Orange ini menawarkan desain premium pada OPPO A77s. Namun jika kamu tidak menyukai warna tersebut, maka dapat memilih varian warna Starry Black dengan teknik OPPO Glow yang menampilkan efek kilauan hitam halus seperti efek langit berkilau di malam hari.

Menuju bagian samping kirinya, terdapat SIM Tray dan tombol Volume yang disusun secara vertikal. Sedangkan bagikan samping kanannya menjadi tempat untuk menyimpan tombol Power.

OPPO A77s - All Side

Perlu diketahui dalam SIM Tray tersebut terdapat dua slot kartu SIM dan satu slot microSD. Sementara sensor fingerprint pun telah disematkan tepat di atas permukaan tombol Power sehingga memudahkan untuk diakses.

Sensor fingerprint dapat mendeteksi sidik jari saya dengan responsif sehingga mempercepat pembukaan kunci layar. Apalagi saya dapat membuat tombol Power tidak perlu terlalu sering dipencet karena hanya dengan sentuhan sidik jari saja dapat membuat layar OPPO A77s yang sedang beristirahat menjadi aktif dan langsung membuka kunci.

Beralih ke bagian bawahnya terdapat, port jack audio 3,5mm, port USB Type-C, dan lubang speaker. Sementara tepat di atas poni handphone ini terdapat satu lagi speaker sehingga membuat OPPO A77s memiliki dua speaker.

Dengan hadirnya dua speaker, membuat OPPO A77s ini memiliki fitur Stereo Ultra Linear yang mampu menghadirkan suara stereo yang keras dan berkualitas baik. Dengan tingkat volume 50% saja, perangkat ini dapat menghadirkan suara dari video, game, maupun musik dengan sangat jelas.

Apalagi terdapat fitur Ultra Volume pada perangkat ini yang memungkinkan suara dapat ditingkatkan hingga 200% yang cocok digunakan ketika kita sedang berada di suatu area atau ruangan yang terdapat banyak noise suara.

OPPO A77s Ultra Volume Feature

Selain untuk suara media (video, lagu, dan game), fitur Ultra Volume juga dapat dimanfaatkan untuk audio pada Ringtone, Alarm, dan Notifikasi. Namun perlu dicatat bahwa terjadi sedikit penurunan kualitas suara dibandingkan pada saat Volume Suara disetel hingga 100%.

Hadirnya sertifikasi IP5X membuktikan bahwa perangkat ini tahan terhadap debu. Sementara sertifikasi IPX4 membuktikan bahwa OPPO A77s ini telah tahan terhadap cipratan air.

Terdapat fitur Charging Port Protection yang membuat pengecasan dinonaktifkan secara otomatis ketika port USB Type-C pada OPPO A77s atau kabelnya kotor atau terkena cairan agar tidak terjadi korsleting listrik.

Layar

OPPO A77s - LayoffDiagonal

OPPO A77s ini dilengkapi layar 6,56 inci yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni berbentuk tetesan air. Hal ini membuat layarnya terlihat mampu menampilkan konten dengan luas.

Meskipun menggunakan teknologi IPS LCD dan resolusi HD+ (2412 x 1080 piksel), namun OPPO A77s ini dapat menampilkan gambar, video, maupun game dengan baik. Berkat hadirnya refresh rate 90Hz, mampu membuat gerakan navigasi, scrolling, dan animasi pada game terlihat lebih halus dibandingkan refresh rate 60Hz.

Namun perlu diketahui bahwa kecepatan refresh ini mengkonsumsi daya baterai yang lebih besar dibandingkan refresh rate 60Hz. Tanpa hadirnya fitur Auto Switch Refresh Rate, sistem pada OPPO A77s ini menyediakan fitur untuk mengunci kecepatan refresh rate di 90Hz atau 60Hz tergantung dari pilihan kita.

Software

OPPO A77s - Screen Handson

OPPO A77s sudah menggunakan ColorOS 12.1 yang berbasiskan Android 12. Sistem operasi ini hadir dengan tampilan antarmuka yang sederhana dan desain ikon yang nyaman sehingga memudahkan saya menavigasikan menu maupun aplikasi yang muncul di layar.

Beberapa fitur dari ColorOS 12.1 yang sering saya gunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari terdiri dari Split Screen, App Clone, Dark Mode, Screenshot dengan gesture tiga jari, dan Quick Settings.

Adapun fitur Private Safe yang hadir pada ColorOS 12.1 mengizinkan saya untuk menyembunyikan foto, video, dokumen, lagu, PDF, dan file jenis lainnya agar tidak sembarangan orang dapat mengaksesnya.

OPPO A77s - ColorOS 12

Namun saya juga memanfaatkan fitur App Lock yang dapat mengunci aplikasi penting yang tidak ingin orang lain dapat membukanya. Hadirnya fitur Games, membuat performa handphone meningkat ketika game sedang dijalankan.

Terdapat juga panel melayang Game Assistant yang tersembunyi di bagian kiri atau kanan layar ketika game sedang berjalan. Fitur ini mengizinkan saya dapat mengatur performa handphone, melihat informasi status sistem (fps, CPU, dan GPU yang digunakan), meningkatkan responsivitas, menonaktifkan notifikasi, gesture, sentuha terhadap layar, dan panggilan telepon agar saya dapat fokus dalam memainkan game.

Kamera

OPPO A77s - Camera

Dari sisi fotografi, OPPO A77 ini hadir dengan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP dan depth 2 MP. Hampir mirip dengan handphone masa kini lainnya, kamera utama handphone ini dilengkapi dengan fitur 4-in-1 pixel binning sehingga membuatnya secara bawaan menghasilkan foto 12,5 MP.

Lebih jelasnya, 4-in-1 pixel binning ini menyatukan 4 piksel kecil menjadi 1 piksel besar sehingga tentunya mampu menyerap cahaya lebih banyak yang membuat hasil foto menjadi lebih terang, berkualitas bagus, dan memiliki warna yang dinamis.

Sementara saya pun masih dapat membuat kamera utamanya menghasilkan foto dengan resolusi yang lebih besar ketika mengaktifkan fitur 50 MP pada aplikasi kamera bawaannya. Keduanya hasil foto ini memiliki perbedaan, dimana foto 50 MP memiliki detail yang lebih tinggi dibandingkan 12,5 MP.

Namun apabila dilihat sekilas pada media berukuran kecil, seperti layar, maka perbedaan detail dari foto 50 MP dan 12,5 MP tidak terlalu kentara. Untuk itulah, saya langsung melakukan crop atau pemotongan area tertentu pada masing-masing foto agar bisa dilihat perbedaannya.

OPPO A77s - Auto Target

Auto

OPPO A77s - 50 MP Target

50 MP

OPPO A77s - Auto Crop

Auto – Crop

OPPO A77s - 50 MP Crop

50 MP – Crop

OPPO A77s - KeretaSudirman - Auto

Auto

OPPO A77s - Jembatan MRT ASEAN - Auto

Auto

OPPO A77s - Jembatan - Auto

Auto

OPPO A77s - JalanMRTAsean

Auto

OPPO A77s - Bunga- Auto

Auto

OPPO A77s - Eskalator Auto

Auto

OPPO A77s - BungaKuning-Auto

Auto

OPPO A77s - Sarinah - Auto

Auto

Apabila perbandingan hasil crop foto di atas diperhatikan secara seksama, maka terlihat bahwa foto 50 MP mempunyai detail yang lebih tinggi dibandingkan foto 12,5 MP. Dengan begitu, foto 50 MP ini dapat dicetak pada media berukuran besar, seperti baliho, spanduk, billboard, dan lainnya.

OPPO A77s ini tidak dilengkapi dengan kamera ultrawide sehingga saya harus menggunakan mode Panorama agar bisa menghasilkan foto dengan area luas yang menggunakan metode menyambung foto dengan menggeser kamera handphone dari bagian kiri ke kanan atau sebaliknya tergantung kebutuhan.

OPPO A77s - Panorama

Panorama

Perangkat ini juga hadir dengan dukungan Bokeh Flare Portrait pada kamera utamanya yang memungkinkan saya dapat menghasilkan foto dengan subyek yang fokus, namun latar belakangnya memiliki efek bokeh berpola bulat layaknya menggunakan kamera profesional.

OPPO A77s - Subyek - Auto

Auto

OPPO A77s - Subyek - Bokeh Flare Portrait

Bokeh Flare Portrait

Baik kamera depan dan belakangnya telah dilengkapi dengan fitur Night Mode yang memungkinkan hasil foto malam harinya menjadi lebih terang dan minim noise dibandingkan menggunakan Auto Mode.

OPPO A77s - JalanRumah-Auto

Auto

OPPO A77s - JalanRumah-NightMode

Night Mode

OPPO A77s - Selfie - Auto

Selfie – Auto

OPPO A77s - Selfie - Portrait

Selfie – Portrait

OPPO A77s - SelfieMalam-Auto

Selfie – Auto

OPPO A77s - SelfieMalam-NightMode

Selfie – Night Mode

Performa

OPPO A77s - HandsondiagonalBack

Dapur pacu dari OPPO A77s dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 680 (6nm) Octa-Core 2,4 Ghz yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Terdapat fitur RAM Expansion yang mampu meminjam ruang kosong dari penyimpanan internal untuk menjadi RAM Virtual hingga 8 GB.

Dengan begitu, OPPO A77s ini memiliki RAM dengan kapasitas total 16 GB yang merupakan kombinasi dari RAM Utama 8 GB dan RAM Virtual 8 GB. Hal ini tentunya membuat aktivitas multitasking pada handphone ini mampu berjalan dengan mulus.

Di atas kertas, kombinasi hardware ini mampu membuat OPPO A77s dapat menghadirkan performa yang mulus ketika menjalankan beragam aplikasi dan game. Sementara untuk mengetahui kemampuan sebenarnya dari handphone ini, saya pun melakukan beberapa benchmark.

Pada pengujian menjalankan aktivitas sehari-hari, seperti menjalankan aplikasi media sosial, pemutar lagu streaming, media sosial, chat, pemutar video streaming, dan telepon, OPPO A77s ini mampu menjalankan semua aplikasi tersebut secara multitasking bergantian dengan lancar.

Untuk melihat performa lebih lanjutnya, saya pun melakukan benchmark dengan memainkan beberapa game populer, seperti Call of Duty Mobile, Mobile Legends, Arena of Valor, dan Mobile Legends.

OPPO A77s - COD Mobile Attack

OPPO A77s mengizinkan saya untuk mengatur game Call of Duty Mobile ke setelan grafis dan frame tinggi. Kualitas gambar yang disajikan oleh game ini nyaman dilihat oleh mata. Adapun pergerakan karakter maupun lingkungan dari game ini terasa mulus dan stabil antara 58 hingga 60 fps (frame per second).

Sementara kontrol virtual untuk arah, bidikan, dan tembakan dapat merespon jari saya dengan baik sehingga membuat pertarungan dengan musuh menjadi terasa lancar.

Untuk game bertema MOBA (Mobile Online Battle Arena), seperti Pokemon Unite, Mobile Legends, dan Arena of Valor ini dapat dimainkan juga dengan lancar ketika menggunakan grafis dan frame rate tinggi.

OPPO A77s - Performance Benchmark ok

Beragam game MOBA ini bisa saya dijalankan dengan frame yang stabil berkisar antara 59 hingga 60 fps. Pada saat 10 karakter berkumpul dalam satu area untuk pertempuran, semua game ini masih mampu berjalan dengan baik. Namun tetap saja, kita harus memastikan bahwa koneksi internet yang digunakan dalam kondisi stabil.

Tak lupa, saya pun melakukan pengujian OPPO A77s dengan menggunakan aplikasi seperti AnTuTu Benchmark V9.4.6 yang berhasil mendapatkan skor 278.004 poin. Pada benchmark menggunakan aplikasi Geekbench 5.4.4, perangkat ini mendapatkan skor 379 poin untuk Single-Core dan 1.649 poin untuk Untuk Multi-Core.

Baterai

OPPO A77s - Waterdrop

Dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, OPPO mengklaim bahwa OPPO A77s ini dapat bertahan dalam waktu yang lama untuk menjalankan aplikasi yang mendukung aktivitas sehari-hari.

Tidak berlama-lama, saya pun langsung melakukan benchmark baterai perangkat ini dengan menggunakan aplikasi PCMark for Android yang dapat diunduh secara langsung dari Google Play Store.

Mengikuti standar yang ditetapkan oleh Gadgetren, saya pun menggunakan parameter kondisi baterai dari 100%, tingkat kecerahan dikunci di 50%, dan mode Work 3.0 Battery Life.

OPPO A77s ini berhasil mendapatkan skor PCMark for Android mencapai 18 jam 28 menit untuk pengujian dengan refresh rate layar 60Hz. Sedangkan pada refresh rate 90Hz, handphone ini berhasil mendapatkan skor 16 jam 17 menit.

OPPO A77s - Battery Benchmark

Sementara untuk penggunaan aplikasi sehari-hari, Screen on Time dari OPPO A77s tercatat di AccuBattery mencapai 8 jam 30 menit dari kondisi 100% ke 4% untuk refresh rate 60Hz. Sedangkan pada refresh rate 90Hz, OPPO A77s mendapatkan Screen On Time 7 jam 57 menit dari 100% ke 3%.

Dibekali fitur 33W SUPERVOOC, pengisian daya baterai dari OPPO A77s hanya memakan waktu 1 jam 12 menit atau 72 menit dari kondisi 4% ke 100%. Dengan catatan waktu tersebut, pengecasan baterai pada perangkat ini bisa dibilang termasuk cepat.

Kesimpulan

OPPO A77s - Screen with Box

Berdasarkan pemakaian selama beberapa minggu, saya merasa bahwa OPPO A77s ini mampu menunjang rutinitas harian, terutama dengan daya tahan baterai yang lama, performa yang lancar, dan layar 90Hz yang nyaman.

Kamera depan dan belakang dari OPPO A77s ini sudah dapat memenuhi kebutuhan fotografi saya. Akan tetapi tidak hadirnya kamera ultrawide membuat saya harus sedikit repot dalam menggunakan Panorama Mode agar bisa menghasilkan foto dengan area yang luas.

Dengan harga yang ditawarkan, OPPO A77s ini belum dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication). Padahal handphone kompetitor di kisaran harga yang sama sudah banyak mulai menggunakannya karena memudahkan kita untuk mengecek atau mengisi saldo kartu emoney.

Namun apabila dilihat secara keseluruhan, kelebihan yang dibawa oleh OPPO A77s masih lebih banyak dibandingkan kelebihannya sehingga membuat perangkat ini masih bisa menjadi pilihan di harga Rp3.499.000.

Harga dan Spesifikasi OPPO A77s

Dimensi & Berat163,74mm x 75,4mm x 8,04mm
190 gram
WarnaSunset Orange, Starry Black
Layar6,56 inci, IPS LCD, HD+ (1612 x 720 piksel), refresh rate 90Hz
Sistem OperasiColorOS 12.1 (Android 12)
MemoriRAM 8 GB / ROM 128 GB
ChipsetQualcomm Snapdragon 680 (6nm) Octa-Core 2,4 GHz
Kamera BelakangUtama 50 MP (apertur f/1.8)
Mono 2 MP (apertur f/2.4)
Kamera Depan8 MP (apertur f/2.0)
Baterai5.000mAh, 33W SUPERVOOC
SensorAkselerometer, pemindai sidik jari, kompas, virtual giroskop, proximity, cahaya, orientasi, magnetik, gravitasi
GPSGPS, GLONASS, Galileo, BDS
SpeakerSpeaker Stereo
FiturFace Unlock, Bokeh Flare Portrait, RAM Expansion hingga 8 GB, Ultra Volume, Charging Port Protection
Konektivitas4G-LTE, Wi-Fi, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.0
KonektorUSB Type-C
HargaRp 3.499.000

Tinggalkan Komentar