Tips dan Trik

Kenapa Jaringan WiFi IndiHome Kadang-kadang Tidak Ada Koneksi Internet?

Kenapa WiFi IndiHome Tidak Ada Internet - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Dengan jangkauan jaringannya yang kini semakin luas, IndiHome menjadi layanan favorit bagi sebagian orang untuk mendapatkan koneksi internet rumah yang mempunyai kecepatan tinggi.

Layanan yang ditawarkan oleh Telkom Indonesia tersebut apalagi juga terlihat mempunyai beberapa paket menarik.

Kita dalam hal ini dapat memilihnya berdasarkan bandwidth mulai dari 20Mbps hingga 390Mbps yang tentunya memiliki rentang harga berbeda-beda sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pelanggan.

Kita juga dapat memilihnya berdasarkan jenis produk yang ditawarkan karena kini IndiHome menawarkan juga layanan hiburan. Termasuk di antaranya meliputi paket dual play (2p) dan triple play (3p) yang akan memuat gabungan antara internet, telepon, atau televisi interaktif.

Meskipun begitu, IndiHome juga masih belum termasuk layanan yang bisa dikatakan sempurna walaupun bisa dikatakan umurnya sudah cukup lama. Kita yang memakai layanan tersebut soalnya bakal kerap sering disibukkan oleh berbagai macam kendala seperti koneksi internet yang tiba-tiba menghilang dari jaringannya.

Padahal saat jaringan WiFi IndiHome tidak ada internet, kita pun akan sedikit kesulitan apalagi jika sudah bergantung padanya. Kita makanya perlu mencari tahu penyebab kenapa hal itu bisa terjadi supaya bisa segera mengatasinya karena hal tersebut bisa disebabkan oleh kerusakan atau hal lainnya yang mungkin bisa kita selesaikan sendiri.

Kenapa Jaringan WiFi IndiHome Bisa Tidak Ada Koneksi Internet?

Pemeliharaan

Agar pelanggan selalu mendapatkan layanan dengan kualitas terbaik, IndiHome pun sering melakukan pemeliharaan di dalam jaringannya. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki masalah, meningkatkan sistem keamanan, hingga mengelola beban kerja.

Pemeliharaan sendiri tak hanya dilakukan pada sisi peranti keras seperti server atau jaringan fiber optik (FO) saja. Layanan berplat merah ini juga sering melakukannya di sisi peranti lunak mulai dari database hingga sistem yang digunakan.

Saat pemeliharaan dilakukan, kita mungkin biasanya tidak akan diizinkan untuk menggunakan layanan mereka untuk menghindari masalah dari sisi sumber. Termasuk sambungan internet dalam jaringan WiFi dari IndiHome pun bisa saja akan nonaktif untuk sementara waktu yang mana biasanya akan diumumkan terlebih dahulu.

Gangguan

Selain pemeliharaan, kerusakan dalam jaringan kadang-kadang juga tak dapat dihindari karena bisa saja secara tiba-tiba. Padahal hal seperti ini bisa menyebabkan gangguan koneksi pada sambungan WiFi IndiHome sehingga pelanggan tidak bisa memakai layanan internet atau mungkin jaringannya tidak bekerja secara optimal.

Baik lokal maupun masal, gangguan yang terjadi tidak dapat diatasi sendiri oleh pengguna. Kita harus bersabar menunggu pihak IndiHome menyelesaikannya sembari mencari alternatif sementara supaya tetap bisa berselancar di internet karena permasalahan benar-benar di luar kendali pengguna.

Kabar baiknya, mengecek layanan IndiHome sedang gangguan atau tidak bukan perkara sulit di masa sekarang. Telkom Indonesia soalnya menyediakan beberapa saluran yang bisa dipakai untuk melakukan hal tersebut. Kita selain itu juga bisa menyimaknya di kanal-kanal berita populer untuk mengetahui apakah gangguan masal atau tidak.

Pemblokir (Isolasi)

IndiHome juga menerapkan sanksi berupa isolasi jaringan untuk mereka yang telat melakukan pembayaran tagihan bulanan. Jadi selain akan terkena denda, kita juga akan kehilangan akses ke layanan mereka untuk sementara waktu.

Pembatasan ini nantinya juga akan dilakukan pada jaringan WiFi yang menjadi produk utama mereka. Jika sudah demikian, maka tidak akan ada akses internet sampai kita membayar tagihan maupun denda yang ditetapkan sebelum jaringan dikembalikan oleh pihak IndiHome.

Perangkat Bermasalah

Seiring usia pemakaian, perangkat-perangkat yang dipakai untuk membuat jaringan WiFi IndiHome tentu bisa mengalami penurun kinerja apalagi jika terus digunakan 24 jam sepanjang tahun. Bahkan bisa saja menyebabkan berbagai macam masalah termasuk hilangnya akses internet.

Untuk router, kita secara khusus bisa mencoba mengatasi masalahnya dengan berusaha menyegarkan perangkat. Kita dalam hal ini umumnya hanya perlu melakukan muat ulang (mematikan dan menghidupkannya kembali) dan berharap semuanya bisa langsung kembali normal.

Namun apabila masalah koneksi internet masih belum terselesaikan, maka sebaiknya melaporkannya ke pihak IndiHome melalui berbagai kanal yang disediakan. Takutnya perangkat memang benar-benar rusak karena sudah terlalu usang sehingga memerlukan penggantian yang mana biasanya akan gratis selama bukan disebabkan oleh kelalaian pengguna.

Tinggalkan Komentar