Tips dan Trik

Kenapa Jaringan IndiHome Bisa Terisolir dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

IndiHome Terisolir Header[Ilustrasi Oleh Flickr]

Gadgetren – Sebagian pengguna IndiHome pastinya pernah mengalami beberapa hal yang cukup tidak mengenakan, di mana jaringannya terisolir alias tidak bisa digunakan untuk sementara waktu.

IndiHome atau yang memiliki kepanjangan “Indonesia Digital HOME” merupakan salah satu layanan andalan dari PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom), yang menawarkan berbagai macam solusi berbasis jaringan Fiber, termasuk di antaranya adalah telepon rumah, jaringan internet, dan layanan televisi interaktif.

Yang menjadi poin menarik dari layanan ini, layanan IndiHome menyediakan jaringan internet yang diklaim super cepat karena menggunakan jaringan kabel FO (Fiber Optic), yang menawarkan kestabilan, kecepatan, keandalan dan kecanggihan.

Layanan dari Telkom ini telah menjadi layanan yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan, di mana berdasarkan data yang diungkapkan oleh Telkom, layanan tersebut telah digunakan oleh empat juta pelanggan pada kuartal pertama tahun 2018 saja.

Namun sayangnya, meskipun demikian populer dan memiliki kualitas yang tidak bisa diragukan, layanan dari Telkom ini sering mendapatkan keluhan dari banyak penggunanya. Tidak bisa dipungkiri memang, jaringan yang ditawarkan dari IndiHome sering mengalami permasalahan yang menyebabkan pelayanannya menjadi tidak optimal.

Salah satu dari banyak permasalahan yang sering dikeluhkan oleh pengguna terhadap layanan IndiHome adalah jaringannya yang kadang harus terisolir, sehingga para pengguna tidak bisa menggunakan layanannya sementara waktu.

Penyebab Jaringan IndiHome Terisolir

Secara teknis, jaringan terisolir di layanan IndiHome biasanya terjadi akibat para pengguna belum atau tidak membayar tagihan bulannya pada tanggal jatuh tempo yang diberikan. Meskipun menerapkan sistem denda, Telkom juga memberlakukan sistem isolasi (blokir) untuk pengguna yang melakukan penunggakan pembayaran tagihan.

Untuk itu, agar tidak mengalami permasalahan jaringan terisolasi, ada baiknya para pengguna melakukan pengecekan tagihan pembayaran, yang kini bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi MyIndiHome.

Selain itu, sebagai solusi lanjutan agar jaringan IndiHome tidak segera terblokir, pengguna IndiHome pun dapat melakukan pembayaran tagihan pada layanan tersebut sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran.

Cara Mengatasi IndiHome Terisolir

Jika terlanjur mengalami jaringan IndiHome terisolasi, pengguna dapat mengecek dulu tagihan pembayaran dari layanan yang digunakannya. Jika belum terbayar, maka sebaiknya segera melakukan pembayaran karena jika terlalu lama, pihak Telkom juga bisa saja mencabut layanan tersebut.

Namun jika sudah membayar dan jaringan IndiHome masih terisolasi, maka pengguna dapat memuat ulang modem yang terpasang di rumahnya terlebih dulu. Dan jika belum teratasi, pengguna dapat menghubungi layanan konsumennya melalui Contact Center 147 atau akun media sosial dari Telkom Care di Twitter atau Facebook.

Tinggalkan Komentar