ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Mengajukan Pemutusan IndiHome Untuk Berhenti Langganan

Cara Pemutusan IndiHome Header

Gadgetren – Meskipun kadang-kadang membutuhkan prosedur yang lumayan panjang, memutus sambungan internet, televisi, maupun telepon di layanan IndiHome tentu bukan hal yang sulit untuk dilakukan.

Kita bahkan dapat melakukannya dengan beberapa cara yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Termasuk di antaranya melalui layanan IndiHome Care yang tersedia di media sosial dan sambungan telepon mirip seperti saat membuat aduan gangguan.

Hanya saja sebelum menempuh berbagai macam proses pemutusan sambungan dari layanan milik IndiHome tersebut, kita perlu memahami beberapa ketentuan yang berlaku sesuai pasal-pasal dalam kontrak berlangganan.

Salah satu di antaranya, saat pemutusan atau setelahnya kita harus mengembalikan perangkat-perangkat milik Telkom yang dipasang di rumah seperti STB (Set Top Box) atau ONT (Optical Network Termination). Selain itu, kita harus melunasi berbagai macam transaksi pembayaran baik itu tunggakan, tagihan, maupun denda yang belum terselesaikan selama berlangganan layanan dari IndiHome.

Untuk melakukan pemutusan sambungan layanan IndiHome, kita pun perlu menyiapkan beberapa data penting. Termasuk di antaranya nomor ID berlangganan, nama pelanggan, alamat lengkap, nama pemohon, hubungan dengan pelanggan, kartu identitas pemohon, serta nomor telepon dan alternatifnya.

Setelah menyiapkan beberapa data tersebut, kita bisa langsung menghubungi pihak Telkom melalui layanan IndiHome Care (media sosial atau telepon) maupun langsung mengunjungi kantor Plasa Telkom.

Cara Mengajukan Pemutusan Layanan IndiHome

Melalui Media Sosial

  1. Kunjungi akun @IndiHomeCare melalui Facebook, Twitter, maupun Instagram
  2. Ikuti akun jika diperlukan
  3. Buat chat lewat menu Direct Message (DM) atau Messenger
  4. Sampaikan maksud untuk melakukan pemutusan sambungan IndiHome
  5. Berikan alasan kenapa ingin melakukan proses tersebut
  6. Lampirkan data-data penting yang sudah saya sebutkan sebelumnya atau sesuai permintaan IndiHome Care

Pemutusan sambungan melalui layanan IndiHome Care di media sosial merupakan salah satu metode yang cukup efektif. Meskipun biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi berbagai macam aduan tetap akan ditanggapi.

Kalaupun tidak, kita bisa membuat permintaan secara terbuka melalui komentar, unggahan, atau tweet tapi ingat jangan sampai menyebarkan data pribadi. Alternatif lainnya, kita bisa menghubungi layanan IndiHome Care langsung melalui telepon.

Melalui Telepon

  1. Buka panel panggilan telepon
  2. Masukan nomor 147
  3. Tekan tombol Panggil
  4. Pilih bahasa dengan menekan nomor yang sesuai
  5. Pilih layanan IndiHome dengan metode yang sama
  6. Tunggu sampai mendapatkan respons dari pihak Telkom
  7. Setelah terhubung, utarakan maksud pemutusan sambungan
  8. Sampaikan lengkap dengan alasan dan data-data yang diminta
  9. Ikuti petunjuk dari Telkom

Di masa pandemi seperti sekarang, kedua metode di atas sebenarnya sudah cukup untuk meminta pemutusan sambungan IndiHome. Namun apabila masih mengalami masalah atau kebuntuan, maka ada baiknya untuk menyelesaikannya dengan mengunjungi Plasa Telkom.

Melalui Plasa Telkom

  1. Temukan alamat Plasa Telkom terdekat
  2. Kunjungi lokasinya sesuai alamat
  3. Ambil nomor antrean jika diperlukan
  4. Datangi petugas yang sesuai setelah dipanggil
  5. Sampaikan maksud dan ikuti arahan dari petugas Telkom

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, jangan lupa menyiapkan data-data penting yang diperlukan. Ada baiknya juga untuk membawa sekaligus perlengkapan IndiHome yang terpasang di rumah supaya tidak bolak-balik ke Plasa Telkom.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar