ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Berapa Denda IndiHome Jika Telat Bayar? Simak Penjelasannya Supaya Tidak Kaget!

Berapa Denda IndiHome Telat Bayar - Header

Gadgetren – Menyelesaikan tagihan bulanan adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh para pelanggan IndiHome supaya nanti bisa tetap menikmati layanan mereka dengan nyaman.

Seperti apa yang kita tahu bersama, jatuh tempo pembayaran tagihan biaya berlangganan IndiHome adalah tanggal 20 setiap bulannya. Setelah melewati batas waktu tersebut maka nanti akan dihitung sebagai sebuah keterlambatan.

Jika mengalami keterlambatan pembayaran, pelanggan pun akan memperoleh sejumlah sanksi dari pihak Telkom Indonesia. Ketentuan pemberiannya akan disesuaikan dengan apa yang ada di dalam kontrak berlangganan IndiHome.

Selain sambungan akan diisolasi sehingga nanti layanan internet, telepon, maupun televisi milik IndiHome tidak bisa dipakai sementara waktu, para pelanggan juga akan memperoleh sanksi berupa denda. Nominalnya akan berubah-ubah seiring waktu keterlambatan.

Berapa Denda Harus Dibayar Saat Telat Bayar Tagihan IndiHome?

Berdasarkan ketentuan dalam kontak berlangganan terbaru IndiHome, pelanggan awalnya akan memperoleh denda sebesar 5 persen dari total tagihan bulanan yang dimilikinya atau minimal Rp5.000 jika pembayaran dilakukan setelah tanggal 20.

Apabila tagihan tidak segera dilunasi sampai akhir bulan, maka nominal denda pun akan meningkat menjadi sebesar 10 persen dari total tagihan atau minimal Rp10.000 pada bulan berikutnya. Perubahan ini akan langsung berlaku sejak tanggal 1.

Sebagai contohnya, Budi yang berlangganan Paket Jitu IndiHome dengan biaya langganan Rp280.000 telat melakukan pembayaran pada Bulan Mei. Dia makanya akan memperoleh denda sebesar Rp14.000 sehingga total tagihannya berubah menjadi Rp294.000.

Kalau Budi tak kunjung melakukan pembayaran sampai Bulan Mei berakhir, maka dendanya pun akan berubah menjadi Rp28.000 pada tanggal 1 Juni. Jadi setelahnya dia pun perlu membayar dengan total biaya sebesar Rp308.000 di mana belum termasuk tagihan untuk Bulan Juni.

Penunggakan pembayaran hingga dua bulan atau pelanggan tidak kunjung membayar tagihan sampai akhir bulan kedua akan mengakibatkan penonaktifan sambungan IndiHome pada bulan ketiga. Dalam kasus Budi, sanksi tegas ini misalnya akan dilakukan pada Bulan Juli.

Perlu diingat bahwa sanksi penonaktifan sambungan yang dilakukan pihak Telkom tidak akan mengurangi atau bahkan mengganti tunggakan biaya. Mantan pelanggan, ahli waris, atau penggantinya tetap wajib melunasi seluruh tagihan di mana termasuk denda.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar