Smartphone

realme C25Y Vs realme C25s – Pilih Baterai Badak Atau Lensa Besar?

realme C25Y Vs realme C25s

Gadgetren – Sama-sama lahir pada tahun 2021, realme C25y dan realme C25s merupakan handphone kelas pemula yang membawa spesifikasi terbilang menggoda.

Hal ini dikarenakan keduanya sama-sama menghadirkan fitur-fitur baru yang jarang dimiliki oleh pasaran handphone kelas bawah pada umumnya.

Dibanderol di kisaran harga Rp 2 jutaan, realme C25Y memiliki harga lebih murah dibandingkan realme C25s dengan selisih hanya terpaut Rp 300.000 saja untuk varian terkecilnya.

Dengan demikian, realme C25Y menjadi handphone yang lebih terjangkau untuk dibeli daripada realme C25s. Namun keduanya tetap memiliki fitur yang sangat berbeda sehingga kamu yang berencana meminang salah satu handphone tersebut bisa sedikit mendapatkan gambaran mana di antara keduanya yang pas buat kamu lewat tulisan ini.

Fitur pertama yang paling mencolok berbeda terletak pada aspek performanya. Bagian dalam jeroan realme C25Y hanya mengandalkan chipset Unisoc T610 (12nm) Octa-Core dengan kecepatan maksimal 1,8 GHz dan ditemani GPU Mali-G52.

Sementara realme C25s ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G85 (12nm) Octa-Core yang berisi komponen CPU meliputi dua Cortex-A75 2GHz dan enam Cortex-A55 1,8GHz. Begitu juga dengan kapasitas memori yang menyertai masing-masing prosesornya.

realme C25Y menyediakan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB, sedangkan realme C25s menawarkan RAM yang sama namun dengan penyimpanan internal lebih besar mencapai 128 GB. Hal lain yang menjadikan realme C25s patut diperhitungkan merupakan baterainya yang mencapai 6.000mAh.

realme-C25s-Water-Blue.

Ditambah lagi realme C25s telah dilengkapi oleh fitur pengisian cepat 18W walau bisa dibilang belum dapat memenuhi kebutuhan kapasitas baterainya yang besar karena bisa dipastikan tetap tidak terlalu cepat terisi. Sama halnya dengan realme C25Y yang juga didukung fitur pengisian cepat 18W namun memiliki kapasitas baterai 5.000mAh.

Di sisi lain, realme C25s sudah menawarkan lensa utama dengan resolusi mencapai 50 MP saat realme C25Y sedikit di bawahnya dengan resolusi 48 MP.

Selebihnya, kedua handphone menggunakan lensa makro 2 MP dan lensa monokrom 2 MP. Lensa makronya tentu tidak akan menghasilkan gambar yang cukup bagus seperti resolusi 5 MP. Sementara untuk menangkap foto selfie terdapat lensa depan beresolusi 8 MP.

Pada sektor tampilan, layar realme C25Y dan realme C25s sama-sama mengusung bentang 6,5 inci dengan panel IPS LCD dan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Kemudian fitur-fitur penunjang lainnya seperti sensor sidik jari sudah tersemat di  bagian belakang.

Baik realme C25Y dan realme C25s memiliki keunggulan masing-masing. Sedikit lemah dalam hal performa, realme C25Y sudah menyuguhkan lensa utama 50 MP. Berbeda dengan itu, realme C25s mempunyai performa yang lebih kencang di kelasnya dan juga baterai jumbo.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar