Tips dan Trik

Cara Membuat Handphone realme Jadi Powerbank Buat Mengisi Daya Perangkat Lain

Cara HP realme Jadi Powerbank - Header

Gadgetren – Kebanyakan perusahaan handphone sekarang berlomba-lomba mengembangkan perangkat berkapasitas baterai sangat besar supaya dapat memenuhi berbagai kebutuhan harian para pengguna.

Perusahaan realme yang selalu berusaha membawa teknologi-teknologi mutakhir dengan banderol harga lebih murah juga melakukan hal tersebut melalui beberapa seri seperti realme C15 dan narzo 20.

Mereka menariknya tak hanya membekali kapasitas baterai yang sangat besar dengan teknologi pengisian cepat pada sejumlah handphone buatannya melainkan juga fitur reverse charging.

Dengan fitur yang kini mulai banyak diadopsi oleh berbagai macam perangkat menengah ini, kamu pun dapat menggunakan sebagian handphone buatan realme sebagai alternatif powerbank.

Hal tersebut dikarenakan fitur reverse charging dapat membuat handphone realme mengisi daya perangkat lain yang sedang sekarat karena kehabisan baterai sebagaimana powerbank pada umumnya.

Bagaimana cara memanfaatkan fitur menarik ini pada handphone realme supaya dapat digunakan mengisi daya perangkat lain? Mari kita bahas langkah-langkahnya pada ulasan berikut.

Cara Mengubah Handphone realme Menjadi Powerbank

  1. Siapkan handphone realme, perangkat yang akan diisi, kabel data, dan kabel OTG sesuai dengan antarmuka USB-nya
  2. Hubungkan handphone realme dengan perangkat yang akan diisi menggunakan kabel data dan OTG
  3. Buka handphone realme jika dalam kondisi layar terkunci
  4. Masuk ke halaman Settings
  5. Cari dan buka Additional Settings
    Cara HP realme Jadi Powerbank Setting
  6. Nyalakan opsi OTG Connection
    Cara HP realme Jadi Powerbank OTG

Jika mendukung, perangkat akan mulai mengisi daya dengan ditandai indikator mulai menyala. Kamu selanjutnya bisa membiarkan perangkat terhubung selama beberapa waktu (sesuai kebutuhan) kemudian mencabut kabelnya setelah selesai.

Perlu diketahui bahwa fitur pengisian reverse charging ini memanfaatkan dukungan USB OTG (On-The-Go), yakni sebuah teknologi yang memungkinkan handphone atau tablet melakukan proses transfer data ke perangkat lain seperti flashdrive, mouse, dan keyboard eksternal.

Fitur bermanfaat ini sayangnya tidak secara mendasar aktif pada handphone-handphone realme yang mendukungnya meskipun kamu sudah menghubungkan perangkat lain ke soket USB. Kamu perlu mengaktifkannya terlebih dulu seperti langkah-langkah di atas.

Fitur OTG realme bahkan akan mati dengan sendirinya jika tidak digunakan selama beberapa menit (10 menit pada sejumlah perangkat), sehingga kamu perlu menghidupkan kembali saat akan menggunakannya.

Pada sistem realme UI, kamu untungnya mempunyai opsi untuk menambah jalan pintas tombol OTG Connection ke panel kontrol. Dengan begitu, kamu bisa menghidupkannya secara lebih ringkas.

Menambah Tombol OTG Connection ke Panel Kontrol realme UI

  1. Tarik bar notifikasi handphone ke bawah sampai bagian panel kontrol terlihat secara penuh
  2. Klik tombol Edit Panel pada sisi kanan atas di samping ikon Settings
    Cara HP realme Jadi Powerbank Toggle
  3. Cari opsi OTG di  ikon ekstra yang muncul di bagian bawah
  4. Kemudian tarik OTG ke panel kontrol aktif (bagian atas)
  5. Tutup panel kontrol jika sudah selesai

Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa lebih mudah mengaktifkan opsi OTG Connection karena tinggal menarik bar notifikasi ke bawah lalu mencari tombol OTG di bagian panel kontrol.

Sayangnya, tidak semua handphone realme mendukung OTG Connection dan tidak semua yang mempunyai fitur tersebut mempunyai opsi untuk menjalankan teknologi reverse charging.

Hanya ada beberapa model handphone realme yang mendukung reverse charging dan bisa dipakai sebagai powerbank sementara. Adapun beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Daftar Handphone realme yang Mendukung Jadi Powerbank

ModelKapasitas BateraiHarga
realme C115.000mAhMulai dari Rp 1.599.000
realme C126.000mAhRp 1.899.000
realme C156.000mAhMulai dari Rp 1.999.000
realme C175.000mAhRp 2.799.000
realme 5i5.000mAhRp 2.199.000
realme 7i5.000mAhRp 3.199.000
realme narzo 206.000mAhRp 2.199.000

Jika kamu memiliki salah satu handphone realme di atas, maka kamu dapat memanfaatkan fitur reverse charging sebagai pengganti powerbank sementara untuk perangkat lain seperti handphone atau wireless earbuds.

Namun perlu diketahui, harga yang kami sampaikan merupakan harga saat artikel ini diterbitkan. Selain itu, daftar perangkat yang mendukung reverse charging pun bisa bertambah dari waktu ke waktu.

Kamu yang mengetahui handphone realme berteknologi reverse charging lain pun dapat memberikan komentar supaya kami bisa memperbarui daftarnya.

Tinggalkan Komentar