Berita

realme UI 2.0 Resmi Diperkenalkan, Fitur Apa Saja Yang Baru?

realme-UI-2.0-Resmi-Diperkenalkan-Ada-Apa-Saja-Yang-Baru.

Gadgetren – Pada acara peluncuran realme 7 Pro dan realme C17 yang telah diselenggarakan, realme juga mengumumkan tampilan antarmuka terbarunya yang diberi nama realme UI 2.0 berbasiskan Android 11.

Krisva Angnieszca selaku Public Relation Manager realme Indonesia mengungkapkan bahwa hasil riset terhadap pengguna handphone realme dari Gen Z sangat menyukai unsur yang mendukung kreativitas, sosial, dan produktivitas mereka.

Oleh karenanya, realme UI 2.0 pun disesuaikan dengan keinginan mereka yang mempunyai banyak fungsi. Pengguna dapat memilih sendiri tema warna yang disukai pada tampilan utama, notifikasi, ikon, hingga 23 interface yang telah disediakan. Terdapat juga 5 pola warna dan 10 warna solid lainnya untuk digunakan.

Fitur Always on Display (AOD) yang hadir memiliki 5 tema yang terdiri dari jam digital, jam analog, tulisan dan gambar, tulisan saja, serta pola custom untuk membuat pola AOD sesuai keinginan.

Selain itu realme UI 2.0 juga memiliki tiga jenis Dark Mode yang dapat dipilih sesuai preferensi pengguna masing-masing yang meliputi hitam pekat, hitam medium, dan hitam yang lebih lembut.

Untuk ikon kini tidak hanya bentuk saja yang bisa disesuaikan, tapi juga ukurannya. Bahkan bisa digunakan untuk ikon dari pihak ketiga, sehingga memungkinkan jenis tulisan font yang lebih dinamis dengan mengatur ukuran font sendiri.

5-Pola-Warna-realme-UI-2.0-Android-11

Menyesuaikan dengan Android 11, notifikasi bar juga dibuat menjadi lebih mudah diatur dan notifikasi output dalam bentuk bubble agar lebih mudah digunakan. “Dari sisi sosial yang dinginkan oleh Gen Z, fitur subtitle menyesuaikan dengan film original. Ada juga Dual Mode Music Share dan berbagi dengan teman menggunakan realme Share,” ujar Krisva.

Agar memastikan data dan informasi personal lebih aman terjaga, realme UI 2.0 juga menawarkan dua sistem keamanan untuk menjaga data-data penting penggunanya.

Sistem pertama adalah Akses Tersembunyi dan Ruang Pribadi dengan kata sandi sehingga tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Sistem kedua adalah Perlindungan Keamanan dimana pengguna tidak perlu khawatir akan penyalahgunaan data atau informasi pribadi.

Akses-Tersembunyi-realme-UI-2.0-Android-11

“Fitur akses tersembunyi berfungsi disaat ada aplikasi yang membaca data informasi pribadi, maka secara otomatis akan memberikan data kosong. Pengguna juga dapat mendapatkan aplikasi rahasia dengan kata sandi, perlindungan keamanan pembayaran, perizinan aplikasi, blokir situs palsu, hingga blokir panggilan yang mengganggu,” jelasnya.

Tak ketinggalan realme UI 2.0 juga mempunyai fitur tambahan lainnya berupa Floating Window dimana pengguna bisa membalas pesan, tapi ingin tetap menonton video atau film. Menariknya, realme UI 2.0 dibekali dengan monitor kesehatan dan Sleep Capsule untuk mencatat kondisi tubuh pengguna sehingga tak perlu lagi perangkat tambahan.

Monitor-Kesehatan-realme-UI-2.0-Android-11
Sebagai tambahan informasi, saat ini produk baru realme 7 Pro dan realme C17 sudah kebagian realme UI 2.0. Namun untuk Android 11, menurut pihak realme beberapa perangkat masih dilakukan tahap uji coba.

Kabar baiknya, Android 11 pada realme X50 Pro 5G dalam waktu dekat di bulan Nevember 2020 ini akan dapat dicicipi oleh penggunanya. Setelah realme X50 Pro, baru produk lainnya akan segera menyusul.

Tinggalkan Komentar