Review Smartphone

Review realme C15 – Punya Baterai Tahan Lama dengan Fotografi Mumpuni

Review realme C15 Header

Gadgetren – Tidak memperlambat lajunya dalam melakukan ekspansi, realme membawa berbagai produk terbarunya ke Indonesia pada tahun pertengahan 2020 yang salah satunya merupakan realme C15.

Jika melihat dari spesifikasinya, realme C15 terlihat merupakan kulminasi dari pengalaman realme dalam membuat smartphone sangat kompetitif di segmen ini. Kenapa?

Sebagai pembuka, mari kita lihat desain yang dibawa oleh realme C15. Pada bagian depannya terdapat layar penuh berukuran 6,5 inci (HD+ 1600 x 720 piksel) dengan desain Mini-drop, dimana tedapat notch berbentuk tetesan air di bagian atas sebagai tempat tersematnya kamera depan.

Desain layar yang sudah menjadi andalan realme ini terasa familiar sekali dan bagi kamu yang sebelumnya sudah menggunakan smartphone realme pasti tidak akan asing lagi dan akan langsung terbiasa dengan layarnya.

Review realme C15 Layar Depan

Pada bagian samping kanannya terdapat tombol volume dan power sementara pada samping kiri terdapat tempat bersemayamnya dua kartu SIM dan microSD yang mendukung kapasitas hingga 256GB.

Sebagai smartphone kelas menengah, realme C15 masih membawa port 3.5mm jack untuk bisa terhubung ke berbagai perangkat audio seperti earphone dan port microUSB untuk kebutuhan pengisian daya atau memindahkan data.

Review realme C15 Port

Beralih ke bagian belakangnya, realme C15 hadir membawa desain geometris dan gradasi yang memberikan kesan trendi dan unik dengan logo realme yang tersemat di pojok kiri bawah. Untuk varian warnanya sendiri tersedia dalam pilihan warna Seagull Silver dan Marine Blue.

Desain dari realme C15 ini bisa dikatakan sebagai kombinasi dari dua desain sebelumnya, yakni Diamond Cut dengan sentuhan guratan layaknya pada Sunrise Design. Alhasil tidak hanya punya tampilan yang tidak membosankan saja, melainkan juga noda sidik jari lebih sulit untuk menempel.

Review realme C15 Belakang Atas

Pada bagian belakangnya ini juga terdapat sensor sidik jari yang posisinya telah disesuaikan dengan letak ujung jari telunjuk bersandar sehingga mudah untuk diakses. Sensornya sendiri memiliki waktu respon cepat sehingga kunci layar dapat terbuka secara instan.

Dari keseluruhan desainnya, ada satu hal sangat menarik yang sudah mulai jarang ditemukan di era sekarang ini. Modul kamera sebagai tempat tersimpannya empat kamera belakang memiliki undakan yang sangat minim sekali sehingga lebih mudah ketika dimasukkan ke dalam saku celana.

Bodinya tersebut menyembunyikan baterai berkapasitas yang cukup besar, tepatnya mencapai 6.000mAh. Dengan baterai sebesar itu, kamu dipastikan tidak perlu khawatir smartphone kehabisan baterai saat tengah beraktivitas.

Dalam uji coba PCMark For Android dengan kondisi baterai dari 100% dan kecerahan layar 50%, realme C15 meraih angka 14 jam 40 menit. Tes ini mensimulasikan penggunaan umum dengan memutar ulang berbagai aplikasi produktivitas secara terus menerus sehingga bisa dijadikan acuan yang cukup baik.

Review realme C15 Baterai

Sementara ketika digunakan untuk bermain game selama 1 jam di jaringan WiFi, baterai realme C15 hanya terkuras sebanyak 9% saja. Dengan begitu, realme C15 dipastikan sanggup untuk digunakan hingga malam hari ketika digunakan dalam keseharian termasuk digunakan bermain game saat waktu senggang.

Mendukung baterainya yang besar lebih jauh lagi, realme C15 juga dilengkapi fitur Super Power Saving Mode yang digadang dapat memberikan 107 menit penggunaan WhatsApp saat baterai tersisa hanya 5% saja.

Untuk dapat mengisi baterainya yang besar tersebut dengan lebih cepat, realme telah membenamkan teknologi 18W Quick Charge yang disertai adaptor 9V/2A. Dalam pengujian, realme C15 membutuhkan waktu 3 jam 25 menit untuk mengisi baterai dari 18% hingga penuh total.

Review realme C15 Kamera Belakang

Selain daya tahan baterai, realme C15 juga menjagokan kemampuannya dalam segmen fotografi. Hal ini terlihat dari konfigurasi empat kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 13MP, lensa Ultra Wide-angle 8MP, lensa B&W 2MP, dan lensa Retro 2MP. Sementara untuk selfie terdapat lensa 8MP.

Seperti biasanya, realme pun memberikan berbagai fitur fotografi andalannya di realme C15 seperti Chroma Boost, Super Nightscape, Portrait, hingga AI Beauty untuk menunjang kreativitas para kaula muda.

realme C15 Kamera Belakang Masjid

realme C15 Kamera Belakang Robot ChromaChroma Boost

realme C15 Kamera Belakang Kucing

realme C15 Kamera Belakang AutoAuto

realme C15 Kamera Belakang Mobil WideUltra Wide-angle

realme C15 Kamera Belakang Bunga

realme C15 Kamera Belakang Kucing BW

realme C15 Kamera Belakang Lampu

Sebagai smartphone kelas menengah, realme C15 berhasil menghadirkan kemampuan fotografi yang mumpuni. Dalam kondisi pencahayaan optimal, kamera belakang dari realme C15 dapat memproduksi foto dengan detil yang sangat baik dan warna akurat.

Kamera belakangnya pun dapat mengendalikan eksposur dan dynamic range yang cukup baik. Contohnya saja pada foto lampu hias, langit biru beserta awan masih terlihat jelas dengan tekstur pada lampu yang juga tetap detail, namun dengan pengorbanan tingkat kecerahannya yang menjadi berkurang.

Berkat hadirnya berbagai lensa tambahan, realme C15 pun lebih fleksibel ketika digunakan untuk berfoto ria baik itu pemandangan landscape berkat adanya lensa sudut lebar 119 derajat maupun foto bernuansa klasik melalui lensa retronya.

Fitur andalan realme, Chroma Boost, juga turut hadir untuk memberikan warna yang lebih menarik perhatian sehingga cocok untuk diunggah langsung ke media sosial tanpa harus melakukan edit secara manual.

realme C15 Kamera Belakang Malam Rumah

realme C15 Kamera Belakang Malam Barber MarkAuto

realme C15 Kamera Belakang Malam Barber CroppedAuto (cropped)

realme C15 Kamera Belakang Malam Barber Nightscape MarkSuper Nightscape

realme-C15-Kamera-Belakang-Malam-Barber-Nightscape-CroppedSuper Nightscape (cropped)

realme C15 Kamera Belakang Malam Pohon

Seperti smartphone realme lainnya, realme C15 dilengkapi fitur Super Nightscape yang dikhususkan untuk fotografi malam. Perlu diakui bahwa fitur ini terus berkembang menjadi lebih baik dan pada realme C15 mampu menghasilkan foto malam hari yang jelas dengan warna kuat dan mampu mengisolasi pendaran cahaya secara baik.

realme C15 Kamera Depan AutoAuto

realme C15 Kamera Depan PotraitPortrait

Kamera depan dari realme C15 bisa dikatakan tidak sebagus kamera belakangnya. Hasil foto tetap punya warna yang menawan, namun tingkat detail dari subyek terlihat menurun. Walaupun begitu foto selfie masih sangat mencukupi untuk diunggah ke media sosial dan Portrait Mode menghasilkan efek bokeh yang rapi.

Namun yang perlu menjadi catatan, terdapat jeda setelah menekan tombol shutter khususnya saat menggunakan Chroma Boost dan AI Beauty sehingga tidak bisa langsung mengambil foto selanjutnya maupun mengubah mode secara instan dikarenakan pemrosesan membutuhkan waktu beberapa detik hingga selesai sepenuhnya.

Dapur pacunya dari realme C15 sendiri mengandalkan chipset MediaTek Helio G35 Octa-Core yang menggunakan fabrikasi 12nm dan RAM LPDDR4X berkapasitas 3GB atau 4GB.

Untuk menyimpan berbagai data aplikasi maupun pribadi, realme C15 menyediakan kapasitas internal sebesar 64GB atau 128GB. Kombinasi spesifikasi tersebut untuk smartphone kelas menengah sudah bisa dikatakan mumpuni. Untuk realme C15 yang diuji ini merupakan varian RAM 4GB dan ROM 64GB

Ketika diuji menggunakan AnTuTu, smartphone ini berhasil mendapat skor 112.023 poin, setara dengan Samsung Galaxy A21s. Untuk kemampuan CPU dari chipset tersebut, Geekbench 5 memperlihatkan kinerja dari Single-Core mencapai 166 poin dan Multi-Core mencapai 960 poin.

Review realme C15 Benchmark

Helio G35 sendiri merupakan chipset yang MediaTek khususkan untuk kebutuhan bermain game dengan teknologi HyperEngine yang digadang mampu memberikan pengalaman gaming optimal.

Untuk membuktikannya, realme C15 diajakan untuk memainkan Mobile Legends sebagai perwakilan dari genre MOBA yang hingga kini masih populer. Hasilnya, realme C15 sanggup menjalankannya dengan pengaturan grafis High dan HFR Mode aktif secara lancar.

Pada game yang lebih berat seperti PUBG Mobile, realme C15 sayangnya hanya mampu menghadirkan grafis Balanced dengan Frame Rate Medium yang tedakang masih muncul lag atau stutter di beberapa bagian yang mengurangi kenyamanan bermain.

Review realme C15 Mobile Legend

Selain kinerja dari dapur pacunya, pengalaman penggunaan realme C15 secara umum terbilang nyaman berkat kehadiran realme UI. Tampilan antar muka yang bisa dikatakan sebagai turunan dari ColorOS milik OPPO ini terasa responsif ketika dinavigasikan.

Fitur-fitur yang dihadirkan pun beragam mulai dari Game Space untuk para gamer, Focus Mode ketika sedang tidak ingin diganggu, realme Dual Mode Music Share untuk berbagi musik bersama teman, dan tema dengan ikon maupun menu yang mudah digunakan.

Review realme C15 UI

Bisa dikatakan bahwa realme C15 merupakan smartphone yang oke secara menyeluruh untuk kelasnya dimana segala segmen diperhatikan secara seksama mulai dari desain, baterai, performa, kamera, hingga fitur-fitur yang dibawanya.

Walaupun begitu, masih ada beberapa hal yang bisa realme tingkatkan lagi seperti port USB Type-C dan layar Full HD untuk membuatnya menjadi lebih kekinian. Dengan segala hal yang ditawarkannya saat ini, realme C15 bisa menjadi perangkat yang diandalkan dalam keseharian.

realme C15
  • 8/10
    Layar - 8/10
  • 8/10
    Performa - 8/10
  • 8/10
    Kamera - 8/10
  • 9/10
    Baterai - 9/10
  • 8/10
    Software - 8/10
  • 8/10
    Desain - 8/10
8.2/10

Summary

realme C15 merupakan smartphone yang oke secara menyeluruh untuk kelasnya dimana segala segmen diperhatikan secara seksama mulai dari desain, baterai, performa, kamera, hingga fitur-fitur yang dibawanya.

Tinggalkan Komentar