ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Apa Itu USB OTG Pada HP atau Smartphone?

Huawei Mate 20 Lite Header

Gadgetren – Pada smartphone masa kini biasanya telah dibekali dengan fitur yang bernama USB On The Go atau biasa disebut USB OTG. Bisa dibilang fitur yang satu ini sangat membantu penggunanya untuk menyimpan data secara cepat.

Meskipun begitu, ternyata sebagian orang masih penasaran dengan apa itu OTG pada HP atau smartphone? Sekilas, USB OTG ini merupakan sebuah fitur yang memungkinkan smartphone maupun tablet dapat membaca penyimpanan eksternal, seperti Flashdisk.

Dengan hadirnya fitur USB OTG ini memungkinkan penggunanya dapat melakukan transfer data, baik dari smartphone atau tablet ke Flashdisk atau sebaliknya. Tentu saja hal ini sangat memudahkan penggunanya dalam memindahkan data tanpa perlu menggunakan kabel data maupun jaringan internet.

Namun untuk bisa menggunakan fitur USB OTG ini penggunanya harus menggunakan Flashdisk dengan port microUSB atau bisa juga menggunakan kabel konverter USB 2.0 ke microUSB agar Flashdisk biasa bisa dibaca oleh fitur USB OTG (On-The-Go) dari smartphone.

Apabila smartphone atau HP tidak memiliki dukungan OTG (On-The-Go) maka secara otomatis Flashdisk yang disambungkan tidak akan muncul pada tampilan layar pada HP atau smartphone yang digunakan.

Namun jika HP atau smartphone mendukung fitur USB OTG maka akan muncul notifikasi pada layar yang menandakan bahwa Flashdisk yang dihubungkan muncul sebagai penyimpanan eksternal yang baru.

Selanjutnya, Gadgeter dapat melihat data yang terdapat di Flashdisk ini pada HP atau smartphone dengan membuka aplikasi File Manager. Biasanya Gadgeter dapat mengakses ikon Flashdisk yang telah tersambung untuk membuka data maupun folder dengan mudah.

Kemudian, Gadgeter dapat menyalin atau memindahkan file dari Flashdisk dan menempelnya ke HP atau smartphone dengan mudah. Sementara itu, Gadgeter juga dapat menyalin atau memindahkan file dari HP atau smartphone ke Flashdisk.

Sementara itu, kecepatan transfer data pun tergantung dari kemampuan yang dimiliki oleh Flashdisk karena setiap merek akan berbeda-beda. Bahkan setiap jenis pun tidak akan seama sehingga Gadgeter dapat melihat informasi mengenai kecepatan transfer data pada Flashdisk yang dimilikinya, baik di dus penjualan, internet, maupun aplikasi penguji kecepatan memory.

Bisa dibilang harga dari Flashdisk yang memiliki port USB 2.0 dan microUSB ini masih mahal sehingga Gadgeter dapat mencoba alternatif lainnya dengan membeli kabel konverter USB 2.0 ke microUSB yang memungkinkan Flashdisk biasa pun dapat dihubungkan ke HP atau smartphone.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar