Review Unik

Review D-Link DIR-878 – Router Mumpuni dengan Cangkupan Sinyal Luas

Review D-Link DIR-878 Header

Gadgetren – Router menjadi salah satu perangkat penting bagi pengguna yang ingin menghubungkan banyak perangkat seperti smartphone maupun laptop ke jaringan internet secara bersamaan.

Sebagai salah satu produsen populer untuk perangkat router, D-Link telah menghadirkan DIR-878 AC1900 MU-MIMO Dual-Band WI-FI Gigabit untuk memenuhi kebutuhan tersebut, khususnya untuk para pengguna yang ingin tetap mendapatkan kecepatan stabil di setiap perangkatnya.

D-Link DIR-878 ini jika dilihat secara sekilas seperti peningkatan dari model DIR-845 yang pernah diulas sebelumnya. Hanya saja desain yang dihadirkan kali ini terlihat lebih modern dan tergolong tidak membosankan untuk sebuah perangkat router.

Bodinya secara keseluruhan terbuat dari bahan plastik yang terasa sedikit ringkih, namun untungnya tidak ada lapisan glossy. Ukurannya terbilang besar jika dibandingkan router standar pada umumnya sehingga harus menyediakan tempat yang cukup, apalagi dengan adanya empat buah antena.

D-Link DIR-878 Antena

Antena-antena tersebut tidak dapat dilepas dengan mudah sehingga perlu berhati-hati agar tidak rusak. Untungnya dengan jumlah antena yang lebih banyak dari biasanya tersebut memiliki beberapa keuntungan khususnya soal kualitas sinyal dan dukungan band.

Pada bagian depan dari DIR-878 ini dapat terlihat beberapa indikator lampu seperti power, status internet, sinyal 2,4 GHz dan sinyal 5 GHz. Lampu indikatornya sendiri terbilag kurang terang sehingga sulit melihat mana saja yang menyala jika dilihat dari jauh, khususnya pada siang hari.

D-Link DIR-878 Indikator

Beralih ke bagian belakang, ada lima buah Gigabit Ethernet Port yang salah satunya untuk sumber koneksi internet dari modem. Selain itu juga ada tombol WiFi, WPS, Reset, dan power layaknya router pada umumnya.

Dengan begitu, DIR-878 memiliki dukungan yang sudah lebih dari cukup untuk pengguna pada umumnya karena dapat mendukung kebutuhan perangkat masa kini maupun mendatang dengan hadirnya teknologi Gigabit serta sinyal 5GHz.

D-Link DIR-878 Bagian Belakang

Kecanggihan dari router buatan D-Link satu ini tidak berhenti di situ saja. Teknologi MU-MIMO turut hadir untuk memberikan bandwidth yang lebih stabil dan tetap tinggi saat banyak perangkat terhubung secara bersamaan. Teknologi ini dapat meminimalisir adanya lag maupun waktu respon lambat saat streaming video maupun bermain game.

Tidak ketinggalan juga fitur QoS atau Quality of Service yang dapat digunakan untuk memberikan tingkatan prioritas pada perangkat terhubung. Fitur ini akan sangat berguna jika kamu memiliki perangkat dengan koneksi yang tidak boleh diganggu oleh perangkat lain seperti kamera pengawas atau sejenisnya.

D-Link DIR-878 QoS Engine

Seluruh fitur yang dimiliki oleh router DIR-878 tersebut dapat diakses melalui 192.168.0.1 atau dlinkrouter.local. Seperti pada router D-Link pada umumnya, tampilan halaman pengaturan yang dihadirkan terbilang sangat bersih, mudah dipahami, dan mudah untuk menemukan fitur yang diinginkan.

Proses konfigurasi awal pun singkat dan mudah untuk dilakukan. Cukup mengikuti beberapa langkah yang ditampilkan, router sudah siap digunakan. Tidak mengherankan karena setiap perangkat D-Link yang saya coba sejauh ini memang punya proses konfigurasi awal yang sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa pun.

Setelah semua proses awal selesai, maka saya bisa menggunakan DIR-878 seperti biasa layaknya router rumah yang sering saya gunakan.

Sinyal yang saya dapatkan saat menggunakan router ini terbilang sangat baik walaupun router dan perangkat berada di lantai yang berbeda, saya masih mendapatkan sinyal bar penuh saat tengah terhubung menggunakan laptop.

Hal ini berkat digunakannya teknologi SmartBeam Forming yang meningkatkan jangkauan sinyal. Dengan begitu saya tidak khawatir mendapatkan sinyal yang buruk saat berpindah-pindah ruangan.

 

D-Link DIR-878 Statistics

Band 2.4 GHz dari D-Link DIR-878 ini di atas kertas memiliki kecepatan maksimal hingga 600 Mbps saja. Sinyal pada frekuensi ini merupakan yang paling umum digunakan oleh berbagai perangkat elektronik saat ini dan kecepatannya sudah terbilang mencukupi untuk sebagian besar pengguna.

Namun bagi yang butuh koneksi yang lebih cepat baik itu untuk streaming video resolusi besar maupun layanan streaming game, pengguna bisa memanfaatkan dukungan frekuensi 5 GHz yang telah didukung oleh DIR-878. Secara teori, frekuensi ini mempunyai kecepatan transfer hingga 1300 Mbps.

Dukunganan tersebut memungkinkan saya untuk memanfaatkan secara maksimal koneksi WiFi komputer saya yang hanya memiliki kemampuan 300 Mbps untuk 2.4GHz dan 847 Mbps untuk 5GHz seperti pada perangkat rumahan umumnya.

Kemampuan transfer WiFi dari D-Link DIR-878 seharusnya masih bisa lebih cepat lagi, namun terkendala akan dukungan dari perangkat yang saya punya. Walaupun begitu, hal ini menunjukkan kalau router ini mampu memaksimalkan kebutuhan koneksi yang saya miliki dan masih ada ruang yang bisa dimanfaatkan di masa depan saat saya memperbarui perangkat saat ini.

Tentu saja pengguna bisa memanfaatkan dua band frekuensi tersebut secara bersamaan agar kualitas jaringan tetap baik, efisien, dan stabil. Secara bawaannya, router ini pun akan secara otomatis menentukan perangkat mana saja yang lebih baik menggunakan setiap frekuensi tersebut melalui fitur Smart Connect.

D-Link DIR-878 Guest Zone

Satu hal yang menarik, DIR-878 memiliki sebuah fitur bernama Guest Zone yang bisa digunakan untuk memberikan akses jaringan WiFi ke tamu tanpa harus bergabung ke jaringan WiFi utama. Dengan begitu, perangkat yang terhubung bisa diatur untuk hanya mendapatkan koneksi internet atau lainnya.

Secara keseluruhan, saya merasa sangat puas akan D-Link DIR-878 ini. Berbagai fitur dan dukungan yang dihadirkan sudah lebih dari cukup untuk sebagian orang dan memberikan ruang di masa depan untuk perangkat yang lebih baru.

Apa yang dihadirkan oleh D-Link pada router ini sudah mampu memenuhi kebutuhan segala pengguna masa kini pada umumnya tanpa memberikan fitur berlebihan seperti pada D-Link DIR-885 yang belum tentu digunakan.

Kelebihan

  • Cakupan sinyal yang luas
  • Penuh fitur bermanfaat
  • Desain yang modern
  • Kecepatan transfer data yang oke

Kekurangan

  • Bodi yang terasa ringkih
  • Dimensi cukup besar
Review D-Link DIR-878
  • Editor Rating
  • Rated 4 stars
  • 80%

  • Review D-Link DIR-878
  • Diulas oleh:
  • Dirilis pada:
  • Terakhir diperbarui: Juni 14, 2019
  • Performa
    Editor: 90%
  • Fitur
    Editor: 90%
  • Desain
    Editor: 90%

Tinggalkan Komentar

Tambahkan komentar