Review

Review D-Link DIR-X5460 AX5400 WiFi 6 Router – Jaringan Jadi Ngebut dan Stabil

Review -Link DIR-X5460 AX5400 WiFi 6 Router

Gadgetren – D-Link DIR-X5460 AX5400 WiFi 6 merupakan sebuah router yang dibekali ragam fitur agar dapat memberikan jaringan optimal ke seluruh perangkat.

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan data untuk melakukan berbagai hal khususnya streaming, kehadiran D-Link DIR-X5460 bisa menjadi solusi bagi kamu yang membutuhkan jaringan nirkabel sangat cepat.

Sesuai namanya, router ini pun sudah dibekali teknologi WiFi 6 serta memiliki ratifikasi AX5400 yang berarti mendukung jaringan nirkabel dengan kecepatan tinggi. Jika kamu masih menggunakan router lawas, apa perlu upgrade ke router terbaru dari D-Link ini?

Review D-Link DIR-X5460 AX5400
  • Desain - 9/10
    9/10
  • Performa - 10/10
    10/10
  • Fitur - 9/10
    9/10
9.3/10

Kesimpulan

D-Link DIR-X5460 AX5400 merupakan router yang sudah mendukung teknologi WiFi 6 untuk memberikan jaringan nirkabel berkecepatan tinggi dan stabil.

Pros

  • WiFi 6 berkecepatan tinggi
  • Jangkauan sinyal oke
  • Dibekali banyak fitur
  • Konfigurasi dari aplikasi atau web
  • Ada port USB untuk berbagi data

Cons

  • Belum ada dukungan Mesh
  • Hanya dua antena bisa dilepas

Untuk melihat lebih jauh seperti apa kemampuan serta fitur yang ditawarkan oleh D-Link DIR-X5460, berikut ulasan dari tim Gadgetren.

Sama halnya seperti router kelas atas lainnya, D-Link DIR-X5460 mempunyai ukuran yang terbilang besar dengan dimensi mencapai 318,69 x 241,35 x 61,5 mm untuk mengakomodasi kinerja maupun fitur yang dimilikinya. Selain itu bobotnya pun cukup berat untuk sebuah router mencapai 732 gram.

Tentu dimensinya yang besar bukan tanpa alasan. Selain komponen yang semakin banyak di dalamnya, sirkulasi udara juga menjadi faktor penting dikarenakan semakin tinggi kinerja maka semakin besar juga panas yang dikeluarkan, sama seperti barang elektronik lainnya.

D-Link DIR-X5460 (2)

Oleh karena itu, D-Link DIR-X5460 juga hadir dengan lubang ventilasi yang sangat banyak mulai dari bagian atas, samping, hingga bawah. Secara keseluruhan, desainnya tidak seperti router gaming namun masih memberikan kesan futuristik dengan lekukan-lekukan simetris.

D-Link DIR-X5460 total memiliki enam antena yang mana dua di antaranya dapat dilepas dengan indikator warna abu dan kuning agar tidak tertukar serta empat antena terpasang langsung yang dapat digerakkan secara terbatas.

Pada bagian depan terdapat lampu indikator mulai dari power, WiFi, Internet, hingga USB. Sementara pada bagian belakang bodinya terdapat ragam port disediakan mulai dari sebuah port Ethernet WAN, empat port Ethernet LAN, sebuah port USB 3.0 SuperSpeed, serta sebuah port USB 2.0 di samping adanya tombol power dan DC-In.

D-Link DIR-X5460 (3)

Seluruh port Ethernet tersebut sudah Gigabit yang berarti mampu mendukung kecepatan akses hingga mencapai 1.000 Mbps sehingga transfer data dapat berlangsung semakin singkat dan minim latensi untuk pengalaman yang lebih optimal saat bermain game online atau lainnya.

Sementara untuk nirkabel, D-Link DIR-X5460 didukung Dual-band WiFi yang terdiri dari 2,4GHz dan 5GHz. Membawa label AX5400, router ini secara teori dapat mendukung kecepatan akses hingga 4.800 Mbps pada band 5GHz dan 600 Mbps pada band 2,4GHz.

D-Link DIR-X5460 pun sudah didukung teknologi WiFi 6 (802.11ax) yang menjanjikan akses lebih cepat, kapasitas lebih besar, dan jaringan yang lebih lega. WiFi 6 sebagai teknologi terbaru pastinya akan dapat menunjang kebutuhan jaringan nirkabel masa kini dan yang akan datang, khususnya dalam hal Smart Home.

D-Link DIR-X5460 (4)

Bahkan router ini diklaim dapat menunjang hingga enam perangkat melakukan streaming 4K sekaligus. D-Link DIR-X5460 pun tak ketinggalan telah dibekali kombinasi teknologi OFDMA and MU-MIMO untuk menjamin lalu lintas data lebih teratur sehingga setiap perangkat bisa mendapatkan jaringan lebih baik.

Soal kecepatan nirkabelnya sendiri, saya pun coba untuk memindahkan video dalam jumlah banyak dari handphone ke laptop. Alhasil saya pun bisa merasakan kecepatan maksimal hingga 108 MB/s, jauh lebih cepat dibandingkan router tipe N300 yang biasanya hanya sekitar 5-10 MB/s saja.

Angka tersebut pun masih jauh di bawah kecepatan maksimal dari D-Link DIR-X5460 dikarenakan keterbatasan dukungan WiFi dari perangkat yang saya gunakan. Namun itu berarti perangkat saya dapat menggunakan secara penuh kemampuannya saat terhubung ke router ini.

D-Link DIR-X5460 Transfer

Maka dari itu, saya rasa tidak akan masalah sekali jika banyak perangkat terhubung sekaligus ke D-Link DIR-X5460 karena mampu mendukung kecepatan data tinggi berkat teknologi mutakhir yang dibawanya.

Dengan begitu, pastinya jaringan nirkabel yang diberikan dapat menunjang streaming video dalam resolusi 4K sekalipun secara lancar, baik lokal maupun lewat internet selama kecepatan downstream dari ISP mendukung.

Menariknya, fitur Smart Connect yang aktif secara bawaan di D-Link DIR-X5460 akan menyesuaikan band yang dibutuhkan oleh perangkat terhubung sehingga tidak perlu berpindah SSID secara manual jika ingin menikmati band 5G. Namun tentunya terdapat konfigurasi untuk memisahkan SSID antara 2,4GHz dan 5GHz secara manual jika diinginkan.

D-Link DIR-X5460 (6)

Untuk kemampuan port Ethernet Gigabit, sayangnya saya tidak bisa mengujinya secara langsung karena hanya ada satu PC Desktop saya saja yang mendukungnya sedangkan laptop saya tidak menyediakan port Ethernet sama sekali. Setiap port Gigabit tersebut seharusnya mendukung kecepatan mencapai 1.000 Mbps sehingga seharusnya sudah cukup untuk sebagian besar orang.

Namun ini menjadi menarik karena D-Link DIR-X5460 berarti mampu memberikan dukungan nirkabel yang jauh lebih cepat dibandingkan kabel. Sayang memang belum ada 2,5 atau 5 Gigabit Ethernet, namun saya rasa bukan masalah besar karena sebagian orang saat ini lebih menggunakan jaringan nirkabel pada berbagai perangkat seperti handphone atau TV pintar.

Jangkauan jaringan WiFi dari D-Link DIR-X5460 sendiri sangat baik dengan latensi sangat rendah jika berada di dalam satu ruangan. Sementara saat berpindah ruangan, jangkauannya masih terbilang cukup baik termasuk untuk band 5GHz berkat adanya teknologi WiFi 6.

D-Link DIR-X5460 Sinyal

D-Link DIR-X5460 juga sudah mendukung WPA3 untuk proteksi keamanan yang lebih tinggi serta tes kecepatan internet bawaan yang bekerja sama dengan Ookla. Seluruhnya bisa diakses melalui browser dengan mengakses http://dlinkrouter.local/ maupun menggunakan aplikasi D-Link WiFi.

Keduanya mempunyai tampilan antar muka sederhana, namun saya lebih menyukai versi aplikasi jika ingin mengubah pengaturan secara singkat. Aplikasi D-Link WiFi sudah memiliki menu pengaturan yang saya rasa sudah sangat mencukupi untuk sebagian besar orang. Tampilannya yang sederhana pun membuat aplikasi mudah untuk dinavigasikan.

D-Link DIR-X5460 Aplikasi

Router ini memiliki fitur Target Wake Time (TMT) yang diklaim dapat mengurangi konsumsi baterai dari perangkat terhubung. Namun saya tidak bisa memastikan secara akurat kebenarannya, apakah ada perbedaan signifikan karena handphone yang saya gunakan tetap rutin diisi daya setiap pagi dan malam.

Fitur canggih dari D-Link DIR-X5460 dibandingkan router umum lainnya tidak hanya itu saja. Selain akan memastikan Firmware diperbarui secara otomatis, router dari D-Link ini juga dapat menerima perintah dari asisten virtual seperti Google Assistant dan Alexa melalui perangkat yang mendukungnya dengan syarat harus sudah dihubungkan ke D-Link Cloud Service.

D-Link DIR-X5460 (7)

Sayangnya saya tidak menemukan pengaturan mesh layaknya D-Link DIR-1253 yang sebelumnya telah diulas yang mana akan memudahkan penghubungan beberapa router dalam satu jaringan untuk memberikan jangkauan sinyal yang lebih baik ke seluruh penjuru rumah.

Secara keseluruhan D-Link DIR-X5460 dijamin bakal mampu mendukung kebutuhan jaringan nirkabel masa kini tanpa adanya kendala sama sekali. Memiliki banyak fitur modern, dukungan kecepatan tinggi, serta pengoperasian yang mudah menjadi daya tarik utama dari router ini.

D-Link DIR-X5460 juga pastinya akan membuat jaringan rumah maupun kantor menjadi lebih siap untuk menghadapi kebutuhan perangkat di masa depan sehingga cocok bagi kamu yang memang berniat untuk upgrade atau merasakan jaringan lebih baik.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar