Review Unik

Review D-Link DIR-822 AC1200 Dual-Band – Router Harga Terjangkau yang Memadai Kebutuhan Masa Kini

Review D-Link DIR-822 Header

Gadgetren – Router merupakan salah satu faktor yang tidak boleh dilupakan jika ingin streaming konten multimedia tetap lancar dan stabil.

Walaupun jaringan internet dari operator sudah sangat cepat, namun jika router tidak mendukung atau kualitasnya kurang baik maka akan membuat pengalaman berinternetan kamu menjadi tidak maksimal karena terkendala perangkat kerasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, D-Link menawarkan router DIR-822 AC1200 Dual-Band Router yang memiliki empat buah antena. Menariknya, DIR-822 ini masih bisa dikatakan mungil untuk sebuah router yang memiliki antena sebanyak itu.

Memang dimensinya sedikit lebih besar dibandingkan router yang hanya mempunyai satu antena saja, tetapi sangat bisa dimaklumi melihat keuntungan yang didapatkan. Sayangnya antena tersebut sulit untuk dilepas sehingga perlu berhati-hati jika ingin memindahkannya.

D-Link DIR-822 Lampu Indikator

Bodi dari router ini sendiri memiliki dimensi 190 x 133 x 38 mm. Desainnya mengingatkan saya dengan D-Link DIR-880L yang pernah diulas sebelumnya, lengkap dengan permukaan glossy serta deretan lampu LED untuk indikator perangkat seperti power maupun keadaan jaringan.

Sedangkan pada bagian belakangnya terdapat empat buah Ethernet LAN port, sebuah Ethernet WAN port, colokan AC, tombol power dan tombol WPS. Sayangnya tombol WiFi absen pada router ini sehingga pengguna hanya bisa mematikan WiFi melalui pengaturan saja.

D-Link DIR-822 Port Belakang

Tidak ada yang terlalu istimewa dari segi desain, tetapi sudah sangat mencukupi untuk sebagian besar pengguna rumahan pada umumnya. Desain dari DIR-822 ini tidak jauh berbeda dengan router lainnya, hanya saja saya berharap D-Link dapat menawarkan router yang lebih ramping lagi.

Apalagi D-Link kini sudah merombak tampilan antarmuka halaman pengaturannya menjadi lebih minimalis sehingga akan lebih serasi. Pengalaman pemasangan awal router ini terasa tidak menyulitkan sama sekali karena sebagian besar sudah dilakukan secara otomatis.

D-Link DIR-822 Halaman Utama

Setelah proses pengaturan awal selesai, saya langsung bisa menggunakan router ini dengan normal. Maka dari itu, pengguna dari segala kalangan saya kira tidak akan kesulitan saat memasangkan D-Link DIR-822 ke jaringan yang sudah ada.

Selama menggunakan router besutan D-Link DIR-822, performa yang diberikan terasa memuaskan untuk kebutuhan sehari-hari. Apa alasannya?

D-Link DIR-822 memiliki empat buah antena yang mampu memberikan jangkauan sinyal menjadi lebih luas. Hal ini membuat perangkat yang saya miliki masih mendapatkan akses internet dengan saat baik saat digunakan pada ruangan yang ada di lantai berbeda.

D-Link DIR-822 Kekuatan SinyalBand 5GHz – Band 2.4GHz

Dibandingkan router rumah yang saya gunakan, DIR-822 mempunyai kekuatan sinyal yang lebih baik di berbagai ruangan. Sinyal yang diterima pun terbilang sangat stabil. Saya tidak mengalami kendala maupun lag saat mencoba bermain game mobile secara online.

Ditambah lagi DIR-822 ini telah menggunakan teknologi MIMO (Multiple Input Multiple Output) untuk menjamin jaringan dapat tetap handal saat tengah banyak perangkat lain yang juga aktif menggunakan internet.

Router ini memiliki dua jenis band yang dapat digunakan oleh perangkat yang terhubung. DIR-822 mendukung band 2.4 GHz dengan kecepatan hingga 300 Mbps dan band 5 GHz yang mendukung kecepatan hingga 867 Mbps.

D-Link DIR-822 Dual Band

Adanya band 2,4 GHz sebagai frekuensi yang umum digunakan oleh perangkat nirkabel serta band 5 GHz yang mempunyai kecepatan transfer tinggi, membuat DIR-822 dapat memberikan pengalaman yang lebih baik.

Ini tentunya sangat sesuai dengan kebutuhan saya saat ini yang baik smartphone, laptop maupun komputer desktop yang saya miliki mendukung jenis WiFi yang sama. Dengan begitu saya bisa memanfaatkan secara maksimal kemampuan yang dimiliki oleh perangkat-perangkat saya.

Hadirnya dua band berbeda juga memungkinkan saya untuk membagi-bagi perangkat mana saja yang harus terhubung ke setiap band tersebut sehingga untuk meminimalisir kepadatan trafik saat banyak tengah perangkat terhubung secara bersamaan agar kualitas koneksi tetap terjaga dan lancar.

D-Link DIR-822 2.4GHz TransferTes transfer di 2.4GHz

Saat mencoba untuk memindahkan data berukuran 1,7 GB melalui jaringan WiFi, saya perlu menunggu sekitar 8 menit dengan kecepatan rata-rata 3,8 MB/s pada band 2.4 GHz. Sedangkan pada band 5 GHz yang lebih cepat, saya hanya perlu menunggu sekitar 4 menit 30 detik saja dengan kecepatan rata-rata 11 MB/s.

D-Link DIR-822 5GHz TransferTes transfer di 5GHz

Angka performa yang sesuai dengan harapan saya. Dari hasil tersebut juga dapat membuktikan kalau band 5 GHz yang dimiliki oleh DIR-822 mampu memberikan kecepatan transfer hingga 2,5x lebih cepat sehingga lebih cocok digunakan saat ingin memindahkan data atau terhubung pada perangkat streaming.

Sayangnya saja, untuk Ethernet Port yang dihadirkan masih 10/100, jadi belum Gigabit. Maka dari itu bagi yang membutuhkan jaringan kabel super cepat perlu mempertimbangkannya. Walaupun begitu 10/100 Ethernet Port seharusnya sudah mencukupi untuk sebagian besar pengguna saat ini.

Untungnya D-Link DIR 822 dilengkapi berbagai fitur menarik yang dapat meningkatkan kualitas dan kenyamanan jaringan. Salah satunya merupakan Guest Network seperti pada DIR-878 yang sebelumnya pernah tim Gadgetren ulas.

D-Link DIR-822 Guest Zone

Fitur ini memungkinkan admin untuk mengaktifkan jaringan terpisah untuk orang lain atau tamu yang ingin terhubung ke jaringan rumah tanpa harus mendapatkan akses jaringan secara menyeluruh seperti hanya memberikan akses internet saja. Dengan begitu jaringan utama akan tetap aman dan terjaga.

Selain itu juga ada QoS (Quality of Service) yang bisa dimanfaatkan untuk menetapkan perangkat mana saja yang diprioritaskan untuk mendapatkan koneksi internet terlebih dahulu. Fitur ini akan sangat berguna jika ada perangkat yang harus terhubung ke internet tanpa boleh ada gangguan sama sekali.

Yang terakhir, D-Link juga menyematkan fitur Parental Control yang dapat mengatur situs mana saja yang boleh diakses. Fitur yang semakin lazim ditemui ini dapat membantu para orang tua agar anaknya tidak dapat mengakses situs-situs yang tidak baik.

Secara keseluruhan, saya sangat puas akan apa yang D-Link hadirkan melalui router DIR-822 ini. Segala yang ditawarkan terasa pas sekali dengan kebutuhan saya tanpa adanya fitur yang berlebihan atau yang belum tentu digunakan. Performanya pun sangat sesuai dengan jaringan yang didukung oleh perangkat saya saat ini.

D-Link DIR-822 AC1200 Dual-Band ini bisa menjadi pilihan upgrade yang cocok bagi kamu yang masih menggunakan router N300 agar dapat memanfaatkan secara maksimal perangkat yang dimiliki saat ini.

Namun, bagi yang berencana ingin meningkatkan jaringan rumah secara menyeluruh menjadi lebih cepat di masa mendatang, maka saya lebih merekomendasikan DIR-878 karena dukungan yang lebih tinggi.

Kelebihan

  • Cakupan sinyal luas dan kuat
  • Punya fitur yang bermanfaat
  • Performa transfer yang memadai
  • Pemasangan awal sangat mudah

Kekurangan

  • Desain yang sedikit membosankan
  • Ethernet belum Gigabit
Review D-Link DIR-822
  • Editor Rating
  • Rated 4 stars
  • 80%

  • Review D-Link DIR-822
  • Diulas oleh:
  • Dirilis pada:
  • Terakhir diperbarui: Juni 25, 2019
  • Performa
    Editor: 80%
  • Fitur
    Editor: 80%
  • Desain
    Editor: 80%

Tinggalkan Komentar