Tips dan Trik

Cara Mudah Menggunakan OK Google Biar Semua Aktivitasmu Makin Terbantu

Cara Menggunakan OK Google Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Google memiliki sebuah asisten virtual yang bisa membantu para penggunanya dalam melakukan berbagai macam hal, di mana untuk mengaktifkannya pengguna hanya perlu bilang OK Google.

Asisten virtual ini disebut dengan Google Assistant. Meskipun sebelumnya Google memiliki Google Now, tetapi Google Assistant lebih pintar karena dilengkapi dengan sistem kecerdasan buatan yang membuatnya dapat terlibat dalam percakapan dua arah.

Menariknya, sistem asisten virtual ini tidak hanya bisa digunakan di perangkat buatan Google saja, melainkan pada perangkat lain bahkan sistem lain seperti pada sistem operasi iOS, yang notabene buatan Apple.

Nah, bagi kamu yang belum tahu cara menggunakan OK Google (frase yang digunakan untuk mengaktifkan Google Assistant), berikut di bawah ini ulasan lengkap mengenai cara menggunakannya.

Cara Menggunakan OK Google

Di perangkat Android, untuk menggunakan “OK Google”, kamu hanya perlu menekan tombol home beberapa saat. Selanjutnya, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu jika kamu baru menggunakannya untuk pertama kali.

Untuk mengaktifkannya, pada halaman yang ditampilkan kemudian gulir ke bawah dan pilih TURN ON. Jika sudah, ikuti langkah-langkahnya dengan menekan tombol CONTINUE dan NEXT pada halaman-halaman berikutnya.

Nantinya, di akhir langkah, kamu bisa mencoba menggunakan Google Assistant untuk melakukan beberapa hal, seperti mengirim pesan SMS, mengatur alarm, dan lain sebagainya, hanya dengan mengucapkan OK Google diikuti oleh perintahnya.

Untuk mengubah pengaturan bahasa, kamu bisa masuk ke aplikasi Google, kemudian pilih More (Ikon hamburger), pilih Settings, pilih Settings di bagian Google Assistant, masuk ke tab Assistant, dan pilih Languages.

Jika diperlukan, kamu juga bisa mengaktifkan pengenalan suara melalui Voice Match yang biasanya ditawarkan setelah beberapa kali kamu mencoba fitur ini. Jika tidak, kamu bisa masuk ke pengaturan aplikasi Google, kemudian memilih Voice.

Cara Menggunakan OK Google - Voice Match

Selain itu, kamu pun bisa mengaktifkan perintah suara tanpa OK Google dengan mengetuk tombol mikrofon. Kamu juga bisa mengakses perintah suara ini melalui aplikasi Google yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

Sedangkan, bagi kamu pengguna perangkat iOS, kamu bisa menggunakan asisten virtual ini dengan mengunduh aplikasinya melalui halaman berikut ini. Dan untuk menggunakannya, kamu bisa membuka aplikasi tersebut.

Atau, kamu juga bisa mengaktifkan OK Google melalui asisten virtual bawaan iOS, yakni Siri, dengan mengucapkan “Hey Siri. OK Google.” diikuti dengan perintah yang ingin kamu berikan.

Tinggalkan Komentar