ASUS Zenbook DUO UX8406
Tips dan Trik

Yakin Mau Pasang TWRP di Ponsel Xiaomi? Apa Sih Itu Sebenarnya?

Apa Itu TWRP Xiaomi Header

Gadgetren – TWRP merupakan salah satu custom recovery yang dapat menjadi alternatif bagi pengguna Android yang suka mengoprek perangkatnya.

Sistem operasi Android memberikan banyak keleluasaan bagi para pengguna dalam mengelola perangkat secara penuh di bawah lisensi terbuka Apache. Dengan keleluasaan tersebut, pengguna Android dapat mengoprek lebih dalam perangkatnya agar dapat bekerja lebih optimal dan memiliki tampilan yang lebih menarik.

Terdapat banyak hal yang sering dilakukan oleh pengguna untuk memperoleh kinerja dan tampilan yang lebih baik, namun salah satu yang cukup populer digunakan dalam meningkatkan kinerja dan tampilan adalah memasang custom recovery.

Xiaomi, perusahaan yang bermula dari pengembangan custom ROM, pun turut serta memberikan keleluasaan dalam mengelola sistem Android pada semua perangkatnya, tentu saja setelah melakukan unlock bootloader, rooting, dan lain sebagainya.

Nah, ada yang cukup spesial di perangkat Xiaomi. Jika manufaktur lain didominasi oleh penggunaan custom recovery CWM (ClockworkMod), di perangkat Xiaomi dominasi tersebut dapat diambil alih custom recovery TWRP.

Baca Juga: Sudah tahu perbedaan dari MIUI 8 dengan MIUI 9 terbaru?

Apa Itu Recovery Mode?

Apa Itu TWRP Xiaomi - Stock Recovery

Recovery di sistem Android mengacu kepada partisi bootable khusus yang di dalamnya telah terinstal konsol pemulihan. Mode ini akan menyediakan banyak perlengkapan untuk membantu pengguna memperbaiki instalasi sistem sekaligus menginstal pembaruan resmi Sistem Operasi.

Secara default, semua perangkat Android dilengkapi dengan recovery bawaan atau yang biasa disebut dengan stock recovery. Namun sayangnya, recovery bawaan ini memiliki fungsi utama yang sangat terbatas, yaitu untuk menghapus data pengguna dan juga untuk memberikan update sistem secara manual dengan paket pembaruan terverifikasi.

Untuk masuk ke dalam mode ini, setiap perangkat Android memiliki cara yang berbeda-beda. Khusus perangkat buatan Xiaomi pun cara yang dapat digunakan berbeda, ada yang menggunakan kombinasi tombol power + tombol volume up, ada juga yang menggunakan kombinasi tombol power + tombol volume down, tergantung seri perangkat yang digunakan.

Baca Juga: Ini dia kelebihan dari MIUI 9 yang wajib kamu ketahui

Apa Itu TWRP?

TWRP adalah kependekan kata dari Team Win Recovery Project. Seperti yang disebutkan sebelumnya, TWRP merupakan alternatif custom recovery untuk para pengguna perangkat Android yang tersedia dalam lisensi terbuka.

Berbeda dengan stock recovery, custom recovery dikembangkan oleh pihak ketiga dengan menawarkan kemampuan yang lebih lengkap. Tidak hanya terbatas menghapus data dan memperbarui sistem, custom recovery biasanya diprogram agar memiliki fungsi pencadangan dan pemulihan sistem, pilihan dalam menghapus data supaya tidak menghapus seluruh data, dan menginstal paket pembaruan sistem yang berasal dari pihak ketiga.

Dan secara khusus, custom recovery TWRP menawarkan dukungan penggunaan layar sentuh dalam pengoprasiannya, yang mana di stock recovery dan kebanyakan custom recovery lain masih menggunakan tombol fisik dalam pengoprasiannya.

Di perangkat Xiaomi, MiFans dapat memasang recovery TWRP jika perangkat yang digunakan dalam kondisi unlock bootloader. Dan setelah terpasang, pengguna dapat masuk ke mode tersebut dengan menggunakan cara yang sama untuk masuk ke stock recovery.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar

  • Apakah hanya di perangkat xiaomi semua layanan itu tidak ada?? Kalau di perangkat lain, apakah masih ada layanannya??
    Mohon jawabannya, terima kasih.