Gadget Smartphone

Apa Sih Perbedaan MIUI 8 dan MIUI 9?

Perbedaan MIUI 8 dan MIUI 9 Featured

Gadgetren – Seperti sistem lain pada umumnya, sistem MIUI 9 membawa segenap fitur baru atau peningkatan fitur baru dari versi sebelumnya yang akan menjadi nilai lebih jika kedua sistem dibandingkan.

Xiaomi merupakan salah satu produsen perangkat elektronik yang berpijak dari pengembangan perangkat lunak. Pada awalnya, perusahaan asal Tiongkok ini adalah salah satu pengembang Custom ROM untuk sistem operasi Android yang banyak diminati pengguna.

Bagi orang yang gemar mengoprek Android, nama MIUI tentu bukan nama asing. MIUI merupakan Custom ROM yang dikembangkan oleh Xiaomi dengan beberapa fitur tambahan untuk melengkapi fungsionalitas Android dan membuat tampilan Android menjadi lebih sederhana.

Custom ROM milik Xiaomi ini menjadi salah satu Custom ROM yang populer di kalangan pengguna Android, karena mudah digunakan, memiliki layanan menarik, dan memili toko sendiri.

Namun, sekarang nama MIUI lebih populer lagi, tak hanya pada kalangan pengoprek Android, namun di kalangan pengguna biasa. Hal ini dikarenakan Xiaomi kini juga mengembangkan perangkat keras yang produknya juga laris di pasaran.

Dengan harga miring dan spesifikasi tinggi, ponsel besutan Xiaomi pun kini mampu bersaing dengan vendor lainnya. Kepopuleran Xiaomi di kelas menengah ini membawa nama MIUI terkenal di kalangan penggunanya.

Saat ini, MIUI telah dikembangkan hingga ke versi 9. Peningkatan level ini memiliki arti bahwa beberapa fitur baru dan perbaikan sistem telah dikerjakan. Lalu apa bedanya dengan sistem sebelumnya?

Menggunakan basis Android Nougat

Berbeda dengan MIUI 8 atau sebelumnya, MIUI 9 sudah menggunakan Android Nougat sebagai dasarnya. Dengan menggunakan dasar Android Nougat, beberapa fitur baru yang dimiliki Nougat pun ikut menjadi salah satu kelebihan dari MIUI 9.

Termasuk ke dalamnya adalah fitur split screen. Dengan rilisnya sistem MIUI 9 ini, kini MiFans dapat membuka beberapa layar aplikasi secara bersamaan. Jadi, kini MiFans tidak perlu beralih dari satu layar aplikasi ke layar aplikasi lain dengan menggunakan fitur ini.

Selain itu, peningkatan fitur Doze di Android N memberikan efisiensi penggunaan daya yang lebih baik. Sama seperti basis Android yang digunakannya, MIUI 9 pun kini memiliki efisiensi daya yang lebih baik.

Peningkatan Smart Gestures

Pada MIUI 9, fitur smart gesture dapat menjadi andalan ketika MiFans akan membuka aplikasi, mengakses fungsi atau fitur, dan lain sebagainya.  Dengan fitur ini, MiFans dapat melakukan beberapa hal tersebut di atas dengan membuat gerakan khusus, tanpa harus masuk ke daftar aplikasi, atau masuk ke lokasi dari fungsi dan fitur berada.

Mi Assistant

Fitur lain yang muncul di MIUI 9 ini adalah Xiaomi kini telah menanam asisten khusus miliknya ke dalam sistem tersebut. Seperti Siri ataupun Google Assistant, kini MiFans dapat memperoleh bantuan dari Mi Assistant untuk mempermudah pekerjaannya.

Smart App Launcher

Seperti tujuan awalnya, MIUI memang dikembangkan untuk memberikan tampilan sederhana yang mudah untuk digunakan. Bersamaan perilisan MIUI 9, Xiaomi mengenalkan aplikasi launcher pintar, yang dapat digunakan seperti menggunakan Google Now on Tap, dimana MiFans dapat menulis sebuah text dan akan muncul pilihan pencarian untuk mendapatkan informasi secara instan.

Peningkatan Performa

MIUI 9 juga memiliki peningkatan performa yang lebih baik dibandingkan MIUI 8 atau sebelumnya. MIUI 9 dapat menjalankan aplikasi lebih cepat, dengan pengurangan lag pada tampilannya. Selain itu, MIUI 9 menawarkan multitasking yang lebih baik dibandingkan versi MIUI sebelumnya.

Leave a Comment