Tips dan Trik

Tips: Cara Unlock Bootloader MIUI 8 di Smartphone Xiaomi

Cara Unlock Bootloader MIUI

Kamu pengguna Xiaomi Redmi Note 3, Mi 4c, Mi Note Pro, Redmi 3, Mi 5, atau Mi Max yang ingin bisa melakukan flash? Gadgetren kali ini berbagi tips mengenai cara unlock bootloader MIUI pada perangkat Xiaomi.

MIUI menjadi salah satu sistem operasi berbasis Android favorit dikarenakan kemudahan untuk dikustomisasi sesuai keinginan. Android sendiri memang sangat terbuka untuk bisa dirubah dalam segala hal mulai dari tampilan antarmuka hingga menambahkan fitur baru. Tentu untuk bisa melakukan hal tersebut tidak bisa sembarangan.

Salah satu hal yang paling umum dilakukan setelah unlock bootloader, yakni memasang custom ROM buatan fans Xiaomi lain yang dikatakan lebih optimal atau menambahkan fitur berbeda. Selain itu kamu juga dapat melakukan downgrade versi MIUI jika tidak suka dengan versi terbaru.

Xiaomi juga menyarankan agar bootloader tetap terkunci untuk menghindari perangkat tidak mudah terjangkit malware. Buat kamu yang sudah yakin untuk melakukannya, berikut cara unlock bootloader MIUI untuk sebagian besar perangkat Xiaomi.

Namun ada sedikit pengecualian untuk cara unlock bootloader MIUI 8 buat kamu para pengguna perangkat Xiaomi Redmi Note 3, Mi 4c, Mi Note Pro, Redmi 3, Mi 5, dan Mi Max dikarenakan wajib mengganti ROM menjadi versi China developer terlebih dahulu. Langkah untuk melakukan unlock sedikit rumit dikarenakan beberapa hal yang dilakukan oleh Xiaomi.

  • Ubah ROM menjadi versi China developer. Caranya download zip file sesuai dengan model perangkat kamu di halaman resmi MIUI. Pastikan zip file berada pada memori internal, lalu update menggunakan aplikasi Updater bawaan Xiaomi (Semua data pada perangkat akan terhapus).

MIUI China ROM

  • Login ke Mi Account, jika belum punya bisa membuatnya di Settings > Mi Account
  • Minta ijin unlock pada halaman ini dengan menggunakan akum Mi yang terpasang pada perangkat. Dikarenakan permintaan unlock sangat banyak, Xiaomi membutuhkan waktu sekitar 10-12 hari untuk bisa membalas.

Mi Account

  • Matikan perangkat dan masuk ke modus bootloader (tekan Volume – dan Power)
  • Download dan jalankan Mi Flash Unlock.
  • Login Mi Flash Unlock dengan menggunakan Mi Account yang sama

Mi Unlock

  • Hubungkan perangkat Xiaomi ke PC
  • Tekan “Unlock” untuk memulai proses

Cara unlock bootloader MIUI 8 memang terlihat sedikit rumit dan menyusahkan. Ditambah lagi memakan waktu hingga 10 – 12 hari untuk meminta ijin dan satu akun hanya bisa meminta unlock satu perangkat saja setiap 30 hari. Ditambah untuk perangkat Xiaomi Redmi Note 3, Mi4c, Mi Note Pro, Redmi 3, Mi 5, atau Mi Max sedikit lebih repot. Oleh karena itu sebaiknya cara unlock bootloader MIUI 8 ini dilakukan oleh orang yang sudah paham.

Tetapi jika kamu sukses melakukan cara unlock bootloader MIUI ini maka akan membuka potensi lebih jauh lagi untuk mengkustomisasi perangkat Xiaomi miliki kamu. Apakah unlock bootloader ini sepadan dengan hasilnya? Tergantung dengan alasan kenapa kamu menginginkannya.

Sekian tips tentang MIUI dari Gadgetren, tunggu tips-tips selanjutnya agar mengetahui seluk beluk smartphone kamu.


Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Fauzi Rasyad

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut yang suka memantau perkembangan teknologi

Writer di Gadgetren

  • Cipenk Yuni

    Gan..apakah stlh ubl bs lgng pasang twrp….ane pke mi4c miui 8 cina dev….rncna ane mw cb pke rom mokee..mkax ane req ubl lwt mi.unlock……thks

  • Azmino Qipankza

    gan, sy sudah coba unlock, tetapi account sy tidak cocok dengan perangkat sy.