Berita

Inilah Kelebihan MIUI 9 di HP Xiaomi, Apa Yang Baru?

Kelebihan MIUI 9 Fitur Baru Header

Gadgetren – Baru-baru ini Xiaomi telah mengumumkan waktu peluncuran resmi ROM MIUI 9 yang jatuh pada tanggal 26 Juli 2017 mendatang.

Menariknya, MIUI 9 ini menggunakan basis dari sistem operasi Android Nougat yang masih bisa dibilang baru, meskipun Android O akan hadir pada bulan September 2017 mendatang. Perusahaan asal Tiongkok ini akan menambahkan berbagai fitur canggih yang dapat dinikmati para MiFans (sebutan penggemar Xiaomi).

Kira-kira fitur apa saja yang baru terlah dipasangkan pada OS versi anyar ini? Pasti kini kamu akan menikmati segala jenis keunggulan yang telah ditawarkan oleh Android Nougat dengan beberapa tambahan yang telah menjadi ciri khas dari MIUI.

Penasaran? Berikut ini fitur dan kelebihan MIUI 9 baru yang bisa kamu coba saat sudah mendapatkannya.

Kelebihan MIUI 9 dan Fitur Baru

  1. Multi Windows atau Split Screen
  2. Efisiensi Konsumsi daya meningkat
  3. Smart Gesture
  4. Emoticon Baru
  5. Screen Zoom

Penasaran apa maksud dari fitur – fitur tersebut dan apa fungsinya untuk kita? Berikut penjelasan secara singkat dari setiap fitur baru yang bisa kamu gunakan di MIUI 9.

Baca Juga: Kumpulan tema-tema keren untuk pengguna MIUI 8

Multi-Windows atau Split-Screen

Fitur yang satu ini bisa dibilang paling menarik yang ada di dalam MIUI 9 karena memungkinkan dua aplikasi dapat dijalankan dalam satu layar sekaligus secara bersamaan. Contohnya kamu bisa menonton Youtube sambil chattingan di WhatsApp.

Sebenarnya fitur ini telah hadir di Samsung Galaxy Note, namun itu hanya merupakan hasil kustomasi dari Samsung terhadap smartphone miliknya. Sedangkan fitur Multi-Windows sendiri baru diterapkan pada Android Nougat untuk smartphone secara umum, termasuk MIUI 9.

Efisiensi Konsumsi Daya Meningkat

Dalam MIUI 9 berbasiskan Android Nougat ini akan terjadi peningkatan efisiensi konsumsi daya baterai yang lebih baik dibandingkan MIUI generasi sebelumnya. Salah satunya ketika layar sedang istirahat, maka semua proses yang berjalan di background akan dihentikan agar tidak memakan daya baterai yang banyak.

Seperti yang diketahui, baterai merupakan salah satu hal yang sangat penting pada sebuah smartphone. Maka dari itu Xiaomi terus melakukan optimalisasi agar kamu dapat menggunakan perangkat Xiaomi lebih lama setiap hari.

Baca Juga: MIUI 9 kini punya Smart Assistant, sudah tahu cara pakainya?

Smart Gesture

Fitur yang hadir dalam MIUI 9 ini akan memberikan akses fitur dengan gerakan khusus dibandingkan MIUI generasi sebelumnya sehingga akan mempermudah penggunanya untuk dapat mengakses fungsi, fitur, maupun aplikasi dengan mudah. Bahkan pada smartphone layar lengkung seperti Mi Note 2 pun akan muncul Smart Gesture khusus.

Era pencet sana dan sini makin lama makin menghilang, sekarang kamu cukup melakukan swip atau gerakan lainnya untuk melakukan berbagai perintah pada smartphone.

Emoticon Baru

Berkat MIUI 9 yang menggunakan basis Android Nougat sehingga pengguna smartphone Xiaomi akan mendapatkan emoticon atau emoji baru yang lebih menarkik. Bahkan lebih dari 70 emoji baru akan dihadirkan. Jadi kamu akan lebih asik lagi dalam berpesan ria.

Screen Zoom

Screen Zoom ini dapat membuat penggunanya dapat mengatur ukuran layar, mulai dari memperbesar atau mengecilkan semua icon, tulisan, dan elemen lainnya pada layar smartphone Xiaomi. Nah dengan adanya fitur ini kamu bisa membuat tampilan smartphone menjadi lebih cantik.

Tentu saja ini juga akan sangat membatu para orang tua yang kesulitan untuk melihat tulisan pada layar. Tidak heran memang karena MIUI terkenal akan kemampuan kustomisasinya yang tinggi untuk memuaskan para penggunanya.

Seperti itulah beberapa kelebihan MIUI 9 berbasis Android Nougat yang harus kamu ketahui agar bisa langsung mencoba fitur canggih tersebut. Kalau mau merasa kurang suka dengan versi terbaru dari MIUI ini, kamu tetap bisa downgrade ke versi sebelumnya dengan menggunakan cara yang ada di halaman ini.

Leave a Comment

1 Comment